Kenapa ya, Suara Bisa Berubah Seiring Bertambahnya Usia?

Reporter : Mila
Senin, 10 Januari 2022 07:57
Kenapa ya, Suara Bisa Berubah Seiring Bertambahnya Usia?
Suara orang yang sudah tua biasanya beda dengan suara anak muda.

Sadar tidak, suara kita akan terus berubah seiring dengan bertambahnya usia?

Perubahan suara ini akan paling jelas begitu seseorang mulai memasuki usia lanjut. Fenomena suara berubah di usia tua disebut juga sebagai presbyphonia. Dalam kondisi ini, suara cenderung mudah bergetar dan volumenya terdengar lebih lemah sehingga sulit didengar orang lain.

Lantas, apa sih penyebabnya?

1 dari 6 halaman

Kenapa Semakin Tua Suara Berubah?

Kenapa ya, Suara Bisa Berubah Seiring Bertambahnya Usia? © Diadona

Biasanya suara berubah setelah seseorang memasuki usia 60 tahun ke atas. Hal ini biasanya terjadi karena perubahan fisik pada lipatan vokal dalam kotak suara, yang mungkin terjadi akibat berbagai masalah kesehatan tertentu, seperti Parkinson atau refluks asam lambung.

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh secara alami kehilangan massa ototnya, selaput lendir akan menipis dan kering, serta menurunnya kemampuan koordinasi tubuh. Penuaan ini juga terjadi pada laring, yang akhirnya jadi penyebab utama perubahan suara di usia lanjut.

Pita suara atau lipatan punya banyak lapisan otot yang bisa melemah dan menipis karena penuaan. Pita suara jadi kurang lentur tidak lagi bisa bergetar secara efektif untuk menghasilkan suara. Alhasil, suara sesorang yang sudah tua pun akan terdengar lebih melengking.

2 dari 6 halaman

Gangguan Sistem Pernapasan

Suara yang terdengar melemah juga bisa terjadi karena gangguan pada sistem pernapasan yang membuat seseorang cenderung sulit untuk bernapas normal dan dan mempertahankan volume suara untuk bisa tetap kencang.

3 dari 6 halaman

Kebiasaan Merokok

ilustrasi merokok © Diadona

Kalau suara justru berubah jadi lebih kasar dan berat atau terdengar lebih serak daripada sebelumnya, kemungkinan ini disebabkan oleh pita suara yang kaku akibat kebiasaan merokok sejak muda. Pita suara yang kaku tidak bisa bergetar untuk menghasilkan suara sebaik sebelumnya. Padahal, laring membutuhkan getaran maksimal untuk menghasilkan suara yang jernih.

4 dari 6 halaman

Terjadi Karena Hormonal

Selain itu, Clark Ronsen, profesor Otolaryngology di University of Pittsburgh, juga mengatakan bahwa perubahan suara pada wanita yang semakin menurun bisa disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pasca-menopause.

5 dari 6 halaman

Mengatasi Perubahan Suara

Kenapa ya, Suara Bisa Berubah Seiring Bertambahnya Usia?Kenapa ya, Suara Bisa Berubah Seiring Bertambahnya Usia? © Diadona

Terapi suara terbilang cukup efektif untuk membantu meningkatkan kesehatan pita suara. Kamu bisa mencari terapis yang cocok dan ahli dibidangnya untuk mengatasi ketidaknyamanan ini.

Tapi, sebenarnya perubahan suara saat tua adalah hal yang wajar dan tidak membutuhkan perawatan serius. Kecuali, kalau perubahan ini diakibatkan oleh kondisi kesehatan tertentu yang perlu segera ditangani.

Untuk itu, kamu juga perlu membiasakan beberapa hal, seperti minum cukup air, tidak berteriak jika berbicara, dan tidak merokok. Selain itu, usahakan untuk tidak menyiksa pita suara yang meradang, seperti saat flu dengan banyak bicara dan berteriak.

Beri Komentar