Kenapa sih Rambut Beruban Saat Tua?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 29 Juni 2021 17:20
Kenapa sih Rambut Beruban Saat Tua?
Seiring bertambahnya usia, rambut akan semakin beruban. Kenapa, ya?

Rambut beruban merupakan salah satu tanda manusia sudah memasuki usia tua. Biasanya, uban akan mulai muncul di usia menginjak 40 tahun ke atas.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan rambut beruban saat usia mulai menua? Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah jawabannya!

1 dari 3 halaman

Kenapa Rambut Beruban?

Ilustrasi Orang Tua © Diadona

Rambut putih sejatinya merupakan hal yang cukup lumrah ditemui oleh kaum lansia. Melansir dari Sehatq, kulit kepala ini memiliki filikel rambut atau kantong kecil tempat sel kulit berada.

Di dalamnya ada pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit dan juga rambut. Semakin gelap rambut seseorang, semakin banyak pigmen melanin yang dimiliki.

Nah, namun, seiring bertambahnya usia, pigmen melanin yang ada dalam folikel rambut ini semakin berkurang. Perlahan-lahan juga akan mati.

Berkurangnya pigmen melanin ini yang jadi penyebab rambut menjadi memutih. Saat terdapat sedikit pigmen dalam filikel rambut, maka, rambut secara perlahan akan kehilangan warnanya dan jadi transparan atau putih.

Pada akhirnya, kamu akan memiliki rambut yang sepenuhnya berwarna putih.

2 dari 3 halaman

Usia Seseorang Mengalami Rambut Beruban

Ilustrasi Orang Tua © Diadona

Umumnya, rambut putih muncul pada usia 30 sampai 40 tahun, tergantung dari genetiknya. Bahkan, ada pula yang sudah memiliki uban saat usianya masih baru 20-an.

Umumnya, dibutuhkan waktu 10 tahun untuk semua rambut di kulit kepala menjadi putih atau abu-abu.

Sayangnya, penyebab rambut putih karena faktor usia atau genetik tak bisa dicegah atau dihambat. Kecuali kalau pemilik rambut putih mengalami kondisi medis tertentu.

Beri Komentar