Kenapa sih Badan Terasa Sakit Semua saat Haid? Begini Penjelasannya!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 14 November 2022 06:57
Kenapa sih Badan Terasa Sakit Semua saat Haid? Begini Penjelasannya!
Rasanya badan mau copot semua.

Banyak perempuan yang mengeluhkan dan bertanya-tanya kenapa badan mereka terasa sakit semua saat sedang haid. Bahkan, rasa sakit yang tak tertahankan itu terkadang membuat tubuh lemas sehingga mudah terserang penyakit.

Untuk kamu yang mengalami hal serupa, temukan jawabannya di bawah ini ya!

1 dari 4 halaman

Kenapa Badan Terasa Sakit Semua saat Haid?

Saat menstruasi, biasanya badan jadi terasa sakit semua atau mengalami kondisi sakit kepala, badan meriang, demam, dan batuk saat sedang menstruasi. Jangan panik dulu! Pasalnya, sering kali kondisi tubuh yang melemah hingga mengakibatkan sakit saat haid dilatarbelakangi oleh adanya perubahan hormon dalam tubuh.

Memasuki periode menstruasi maka kadar hormon estrogen di dalam tubuh mengalami penurunan. Padahal, estrogen berperan dalam membantu mengaktifkan bagian otak yang mengatur rasa sakit. Itulah sebabnya, semakin rendah kadar estrogen dalam tubuh, maka semakin lemah pula kemampuan otak dalam meredakan rasa sakit.

2 dari 4 halaman

Selain itu, badan terasa sakit semua saat haid bisa disebabkan karena adanya pelepasan prostaglandin. Prostaglandin merupakan zat kimia yang mengakibatkan kontraksi pada uterus guna mengeluarkan darah selama menstruasi.

Melansir Mayo Clinic Health System, peningkatan prostaglandin yang terjadi saat menstruasi bisa memicu kram perut, diare, mual, muntah, dan rasa tidak nyaman lainnya.

3 dari 4 halaman

Mencegah Badan Sakit Semua saat Haid

Sebenarnya, badan yang terasa sakit, misalnya pegal, demam, pusing, dan lainnya, saat sedang menstruasi bukanlah kondisi yang serius dan perlu dikhawatirkan. Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu ingin mencegah datangnya penyakit agar tubuh tetap fit selama menstruasi.

1. Kenali waktu menstruasi
2. Makan makanan bergizi
3. Konsumsi vitamin C & E
4. Istirahat cukup

Beri Komentar