Mirip dengan Flu, Ini Beda Gejala Covid-19 XBB dan Sakit Biasa

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 9 November 2022 21:03
Mirip dengan Flu, Ini Beda Gejala Covid-19 XBB dan Sakit Biasa
Harus lebih hati-hati guys!

Covid-19 subvarian Omicron XBB telah teridentifikasi di Indonesia. Per Jumat (4/11), sebanyak 12 kasus ditemukan dari transmisi lokal dan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menjabarkan lima kasus ditemukan di DKI Jakarta, empat di Sumatera Utara, dan tiga lainnya di Jawa Timur, Lampung, dan Kalimantan Barat. Meski begitu, menurut Syahril, kedua belas pasien tersebut hanya mengalami gejala ringan.

1 dari 4 halaman

Lantas bagaimana gejala Covid-19 varian XBB?

Ilustrasi Covid-19 © Diadona

SARS-CoV-2 Omicron subvarian XBB memiliki gejala yang mirip dengan varian Covid-19 lainnya bahkan flu pada umumnya. Dokter spesialis paru Qamariah Laila mengatakan gejala XBB di antaranya demam, batuk, sesak nafas, sakit kepala, lemas, dan pegal-pegal.

Lebih dari itu, gejala lain seperti nyeri tenggorokan, pilek, mual hingga muntah, diare, dan anosmia atau penurunan fungsi indera perasa dan penciuman juga turut menjadi penanda XBB.

2 dari 4 halaman

Terkait hal ini, Qamariah mengamini gejala XBB sulit dibedakan dengan varian lain maupun flu biasa. Oleh sebab itu, jika mengalami gejala tersebut, pasien sebaiknya beristirahat di rumah dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan.

" Apabila mengalami gejala seperti itu, demi kewaspadaan, selama gejalanya ringan kan memang tidak terlalu mengkhawatirkan, tapi jelas perlu isolasi diri, pakai masker, jaga jarak dengan orang terdekat kita, istirahat di rumah," kata Qamariah dikutip dari laman Antara.

3 dari 4 halaman

Beda Gejala Covid XBB dengan Flu Biasa

ilustrasi flu pilek demam © Diadona

Meski sebagian besar gejala terlihat sama, namun baik Covid-19 maupun flu biasa memiliki sedikit perbedaan. Pada Covid-19, pasien umumnya mengalami batuk kering, sementara pada kasus flu, pasien cenderung batuk berdahak.

Kendati demikian, dokter spesialis paru-konsultan RSUP Persahabatan, Fathiyah Isbaniah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada meski mengalami gejala batuk berdahak.

Beri Komentar