Kenali Penyakit Jantung Rematik pada Anak, Penyebab, Gejala, dan Komplikasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 6 Mei 2020 18:58
Kenali Penyakit Jantung Rematik pada Anak, Penyebab, Gejala, dan Komplikasinya
Nggak kayak penyakit jantung lainnya, penyakit jantung rematik ini 'cuman' disebabkan oleh demam.

Penyakit jantung rematik merupakan masalah utama di negara berkembang, dan menjadi penyebab sebagian besar kematian kardiovaskular pada orang muda.

Penyakit ini ditandai dengan kerusakan permanen pada katup jantung. Nah, kerusakan ini merupakan konsekuensi serius dari episode berulang demam akut rematik, reaksi autoimun infeksi bakteri.

1 dari 4 halaman

Penyakit Jantung Rematik

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Dilansir dari laman uspharmacist.com, pada tahun 2015 lalu ada sekitar 320 ribu kematian akibat penyakit jantung rematik ini, dan 33 juta penderitanya. Dalam perbandingan, penyakit ini mempengaruhi 1.6 sampai 2 kali lipat perempuan, ketimbang laki-laki.

Ini terjadi kemungkinan karena berbagai faktor, diantaranya penyakit yang terjadi selama kehamilan, akses terbatas ke layanan kesehatan, atau faktor hormonal.

Dikutip dari hopkinsmedicine.org, penyakit jantung rematik merupakan suatu kondisi di mana katup jantung mengalami kerusakan permanen. Kerusakan ini bisa terjadi segera setelah infeksi bakteri streptokokus yang nggak diobati, atau kurang diobati seperti radang tenggorokan ataupun demam berdarah, atau demam rematik.

Demam rematik bukanlah dmam biasa, karena punya mempengaruhi banyak jaringan ikat, terutama jantung, sendi, kulit, maupun otak. Katup jantung ini bisa meradang dan menjadi bekas luka seiring waktu.

Akhibatnya, terjadi penyempitan atau kebocoran katup jantung, sehingga jantung lebih sulit berfungsi secara normal. Hal ini bisa aja berlangsung dalam progres hingga bertahun-tahun, kemudian menyebabkan gagal jantung.

2 dari 4 halaman

Penyakit Jantung Rematik pada Anak

Ilustrasi Serangan Jantung © Diadona

Penyakit jantung rematik pada anak biasanya muncul karena demam rematik. Pada anak, ini merupakan penyakit yang serius.

Sebelumnya, bahas tentang penyakit demam rematik dulu yuk!

Jadi demam rematik umumnya disebabkan karena bakteri grup A Streptococcus. Bakteri ini menyebabkan radang tenggorokan, atau pada sebagian orang, menyebabkan demam berdarah.

Demam rematik penyebab penyakit jantung rematik ini, menyebabkan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Reaksi ini menyebabkan peradangan luas di seluruh tubuh, yang merupakan dasar dari gejala demam rematik.

3 dari 4 halaman

Gejala dan Komplikasi Penyakit Jantung Rematik

Ilustrasi Organ Jantung © Diadona

Demam rematik penyebab penyakit jantung rematik disebabkan oleh reaksi alergi terhadao bakteri yang menyebabkan radang tenggorokam. Meski begitu, nggak semua kasus radang tenggorokan bisa menyebabkan demam rematik ini.

Gejala demam rematik yang menyebabkan penyakit jantung rematik, diantaranya:

  • Benjolan kecil yang nggak nyeri di bawah kulit
  • Nyeri dada
  • Dada berdebar cepa
  • Lesu atau kelelaha
  • Mimisan
  • Sakit perut
  • Sakit di sendi di pergelangan tangan, siku, lutut
  • Rasa sakit di senbdi yangberpidnah dari sendi satu ke sendi yang lainny
  • Sesak napas
  • Demam
  • Berkeringat
  • Muntah

Gejala penyakit jantung rematik tergantung pada tingkat kerusakan katup, diantaranya:

  • Napas pendek, terutama saat beraktifitas atau saat berbaring
  • Nyeri dada
  • Pembengkakan

4 dari 4 halaman

Penyebab dan Etiologi Penyakit Jantung Rematik

Ilustrasi Penyakit kardiovaskular dan Penyakit Jantung © Diadona


Penyakit jantung rematik disebabkan karena demam rematik. Begini ceritanya:

Penyakit jantung rematik merupakan kerusakan permanen pada katup jantung. Nah, rusaknya katup umumnya dimulai dengan adanya radang tenggorokan yang disbebakan oleh bakteri streptococcus A, yang akhirnya dapat menyebabkan demam rematik.

Jadi bisa dibilang kalau penyakit jantung rematik ini disebabkan oleh demam rematik.

Apa sih demam rematik penyebab penyakit jantung rematik ini?

Demam rematik merupakan penyakit peradangan yang disebbakn oleh bakteri streptococcus. Nggak kayak demam biasa, karena demam ini bisa mempengaruhi jaringan ikat terutama di jantung, sendi, kulit hinggga otak. Peradangan akibat demam rematik dapat menyebabkan kerusakan permanen pada katup jantung, yang membuat katup jadi menyempit dan bocor.

Demam ini bisa aja menimpa semua usia, tapi biasanya menimpa anak-anak yang berusia 5 sampai 15 tahun.

Demam rematik bisa menyebabkan kerusakan jantung, khususnya jaringan parut pada katup jantung, yang kemudian memaksa jantung utnuk bekerja lebih keras memompa darah. Akibatnya? Terjadi gagal jantung kongestif.

Terus gimana cara mengobati penyakit jantung rematik ini?

Sebagian besar perawatan tergantung pada seberapa banyak kerusakan yang telah dilakukan pada katup jantung. Dalam kasus yang parah, perawatan mungkin termasuk operasi untuk mengganti atau memperbaiki katup yang rusak parah.

Namun, perawatan yang terbaik adalh dengan pencegahan penyakit demam rematik. Pemberian antibiotik biasanay bisa mengobati infeksi radang dan mencegah demam rematik. Selain itu, digunakan obat antiinflamasi untuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko kerusakan jantung, terutama penyakit jantung rematik.

Wah, cuman karena demam bisa separah itu ya. Untuk itu, penting banget untuk memberikan perhatian yang terbaik pada setiap penyakit. Nggak boleh dianggap remeh!

Beri Komentar