Badan Gemuk atau Kurus Sama-Sama Beresiko Serangan Jantung, Kenapa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 18 Februari 2020 11:57
Badan Gemuk atau Kurus Sama-Sama Beresiko Serangan Jantung, Kenapa Ya?
Badan kurus bukan jaminan memiliki jantung yang sehat lho.

Selama ini kita sering mendengar jika serangan jantung atau penyakit jantung lainnya hanya menyerang mereka yang memiliki berat badan berlebih. Padahal faktanya, penyakit jantung dapat menyerang siapa saja.

Dilansir dari nbcnews.com, suatu penelitian pada 2015 bahwa orang dengan berat badan normal namun memiliki lemak di badan mereka lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung dibanding mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Dalam penelitian lainnya menunjukkan, Orang dengan berat badan yang berlebih memiliki tekanan darah yang normal, sementara orang yang kurus justru menderita beberapa penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

Hal ini dibuktikan dengan data mereka yaitu, hampir sepertiga dari orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih, atau sekitar 20 juta orang, memiliki tingkat tekanan darah, kolestrol dan lemak darah yang normal.

2 dari 2 halaman

ilustrasi jantung © Diadona

Serangan jantung dapat menyerang siapa saja baik itu yang berbadan kurus. Namun pada umumnya ia menyerang orang tua, perokok, dan orang tidak aktif.

Beberapa peneliti mengatakan ukuran pinggang adalah cara yang akurat untuk menentukan risiko kesehatan seseorang.

Seseorang dengan pinggang yang tebal lebih dikaitkan dengan risiko jantung.

Namun tentu saja kita nggak bisa menyimpulkan sendiri. Jadi jika kamu mengalami sudatu gejala seperti sesak dada hingga susah nafas. Kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter ya.

Beri Komentar