Jangan Sepelekan Kesemutan pada Wajah, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini!

Reporter : Mila I
Senin, 27 Desember 2021 07:57
Jangan Sepelekan Kesemutan pada Wajah, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini!
Biar paham, yuk simak dengan seksama.

Kesemutan adalah masalah yang bisa terjadi pada semua orang. Gangguan ini umumnya terjadi pada kaki dan tangan. Meski begitu, beberapa orang bisa merasakan kesemutan di wajah lho.

Lalu, gimana nih kalau seseorang mendapati mukanya sering alami kesemutan? Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ya!

1 dari 5 halaman

Penyebab Kesemutan di Muka

Waktu mengalami kesemutan di wajah, kamu mungkin merasakan sensasi seperti tertusuk atau ada sesuatu yang bergerak di bawah kulit. Gangguan ini bisa memengaruhi seluruh wajah atau hanya satu sisi saja.

Kesemutan bisa menjadi pertanda kondisi paresthesia yang menimbulkan gejala seperti mati rasa, gatal, terbakar, hingga sensasi tidak nyaman. Kondisi ini bisa terjadi hanya sementara atau dalam jangka waktu yang lama (kronis).

2 dari 5 halaman

Kerusakan Saraf

Salah satu masalah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kesemutan di muka adalah kerusakan saraf. Gangguan itu dinama neuropati, yaitu cedera pada saraf di tubuh yang bisa terjadi di wajah.

Masalah saraf lainnya yang bisa menyebabkan seseorang merasakan kesemutan di wajah adalah neuralgia trigeminal. Hal ini bisa menimbulkan masalah terhadap fungsi saraf trigeminal di wajah.

Gejala yang timbul saat gangguan ini terjadi adalah kesemutan bahkan rasa sakit yang sangat parah menyerupai sengatan listrik.

3 dari 5 halaman

Multiple Sclerosis

Kesemutan dan mati rasa di wajah adalah salah satu gejala yang paling umum saat seseorang mengidap multiple sclerosis. Hal itu terjadi akibat sistem imun mengalami gangguan sehingga menyerang bagian tubuh sendiri, khususnya selubung pelindung sel saraf.

Pengidap gangguan ini harus berhati-hati saat mengunyah karena bisa menggigit bagian dalam mulut secara tidak sengaja.

4 dari 5 halaman

Gangguan Kecemasan

Kamu juga bisa mengalami kesemutan di wajah akibat gangguan kecemasan. Selain kesemutan, beberapa gejala yang dapat timbul, antara lain rasa terbakar dan sensasi mati rasa pada wajah dan bagian tubuh lainnya sebelum, selama, hingga setelah serangan terjadi.

Beberapa gejala lainnya yang bisa timbul adalah berkeringat, gemetar, napas menjadi cepat, hingga detak jantung yang lebih cepat dari biasanya.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar