Hindari 17 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda Ini

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 19 Mei 2020 14:23
Hindari 17 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda Ini
Penyebab kolesterol tinggi di usia muda bisa karena makanan-makanan ini loh, guys!

Penyebab kolesterol tinggi ada berbagai maca, termasuk makanan. Kolesterol sendiri bukan hanya penyakit yang menyerang usia lanjut, tapi juga bisa di usia muda.

Kolesterol tinggi juga biasa disebut sebagai penyakit orang tua atau orang gemuk saja pada. Padahal, bisa dialami anak muda yang bertubuh kurus juga. Penyebabnya ada berbagai hal, mulai dari kebiasaan sehari-hari, makanan dan lain sebagainya. Kita kenali penyebabnya yuk!

1 dari 8 halaman

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi © Diadona
Sebelum membahas makanan yang bisa jadi penyebab kolesterol, ini dia kebiasaan yang harus dihindari karena bisa jadi pemicu juga.

Kebiasaan Makan yang Nggak Sehat


Makan atau jajan sembarangan bisa jadi penyebab tingginya kolesterol dalam darah. Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, junk food dan sebgainya.

Usia


Faktor yang bisa jadi penyebab kolesterol naik adalah usia. Biasanya kalau laki-laki yang menginjak 45 tahun ke atas, sedangkan perempuan yang memasuki usia 55 tahun ke atas. Hal ini bisa dikarenakan perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang mulai menurun.

Tapi bukan berarti hanya orang-orang tua yang terkena penyakit ini ya, di usia muda juga bisa jika tidak waspada. Misalnya seperti nggak makan sembarangan.

2 dari 8 halaman

Obesitas

Penyebab Kolesterol Tinggi © Diadona
Berat badan berlebih atau obesitas juga meningkatkan risko kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu juga menyebabkan risiko penyakit jantung. Jaga berat badan agar tetap ideal agar kadar kolesterol baik (HDL) dan kadar kolesterol jahat (LDL) bisa stabil.

Mager


Salah satu penyebab obesitas adalah malas gerak atau mager, malas olaharaga. Siapa nih yang doyan banget rebahan all day long? Atau kamu pekerja kantoran yang duduk mulu?

Tahu nggak sih, kurang aktif bergerak ditambah makanan yang tidak sehat dan berlemak akan membuat lemak mengendap di pembuluh darah dan tidak terbakar untuk melakukan aktivitas fisik. Sehingga, kadar kolesterol dalam tubuh juga meningkat.

3 dari 8 halaman

Merokok

Ilustrasi Rokok © Diadona
Kebiasaan yang satu ini sudah jelas banget ya guys. Bahkan sudah tertera di bungkus rokoknya. Zat acrolein yang ada pada rokok adalah penyebab kolesterol tinggi. Zat ini memengaruhi kadar LDL dalam tubuh sehingga rentan terhadap proses oksidasi. Kemudian terjadilan penumpukan kolesterol jahat di tubuh.

Keturunan


Mungkin kamu tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, tapi kenapa ya kok kadar kolesterolnya tinggi? Bisa jadi karena riwayat kesehatan keluarga. Kalau ada anggota keluarga yang kolesterolnya tinggi bisa jadi kamu juga terkena, yang biasa disebut familial hypercholesterolemia.

Gen yang diwariskan orangtua bisa mengontrol sel di tubuh untuk cepat menghilangkan atau malah menghasilkan terlalu banyak LDL. Cepat lakukan tes darah ya untuk memeriksanya!

Punya Riwayat Penyakit Tertentu


Selain bisa dipengaruhi faktor keturunan, penyebab kolesterol tinggi juga bisa karena mengalami riwayat penyakit lain. Misalnya, diabetes, penyakit ginjal, hipertensi dan gangguan kelenjar tiroid.

4 dari 8 halaman

Makanan Penyebab Kolesterol

Penyebab Kolesterol Tinggi © Diadona
Makanan bisa jadi penyebab kolesterol, pun dengan kebiasaan makan makanan yang nggak sehat. Tapi ada juga nih beberapa makanan yang bisa sehat tapi sebaiknya dihindari sejak dini. Nggak mau kan kolesterol tinggi apalagi usia masih muda?

1. Daging, aneka jenis daging seperti ayam, unggas, sapi, ikan sebaiknya dibatasi sebanyak 2 porsi atau 140 gr per hari ya. Lebih baik juga tidak mengonsumsi kulit, terutama kulit ayam.

2. Telur memang mudah didapat dan kaya akan protein. Selain itu mengolahnya juga mudah dan rasanya enak. Tapi, menurut studi di Journal of Nutrition tahun 2008, telur berdampak pada LDL dan pemicu kolesterol naik.

5 dari 8 halaman

3. Minyak goreng hasil hidrogenasi, karena terdapat lemak jenuh di dalamnya yang harus dihindari.

4. Mentega atau margarin.

5. Makanan-makanan manis.

6. Produk susu karena memuat lemak jenuh di dalamnya, seperti keju dan es krim. Sebagai pengalihnya, konsumsi produk susu yang difermentasi seperti yoghurt.

6 dari 8 halaman

7. Alkohol, selain jadi penyebab kolesterol tinggi juga jadi pemicu penyakit membahayakan lainnya. Hindari deh guys!

8. Fast food, seperti burger, kentang goreng, ayam goreng dan lain sebagainya.

9. Roti tawar dan pasta merupakan makanan tinggi indeks glikemik yang mengandung karbohidrat hasil refinasi.

10. Makanan kemasan seperti snack, keripik, cracker dan gorengan.

7 dari 8 halaman

Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Sudah dapat gambaran dong penyebab kolesterol tinggi di usia muda dari penjelasa sebelumnya? Menurut data dari Centers for Desease Control (CDC), seperempat orang dewasa dengan usia laki-laki 20-35 tahun dan perempuan di angka 20-45 tahun di Amerika mulai mengalami kolesterol tinggi.

Di Indonesia sendiri ada sederet makanan yang sudah disebutkan menjadi kegemaran kaum milenials. Menurut dr. Kartika Mayasari, kemungkinan anak muda zaman sekarang mengalami lonjakan kolesterol tinggi.

8 dari 8 halaman

" Salah besar jika mengira kolesterol tinggi hanya dialami oleh orang tua. Pasalnya, penyakit-penyakit kornis yang berpangkal dari kolesterol mulai menimpa kaum muda. Sebut saja diabetes dan obesitas. Anak-anak dan remaja mulai mengalaminya," paparnya.

Kebanyakan yang jadi penyebab kolesterol tinggi di usia muda adalah karena obesitas, kurang gerak dan olahraga, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan mengonsumsi junk food.

Pola hidup seperti ini yang menjadi pemicu utama penyebab kolesterol tinggi di usia muda, guys! Jadi, yuk ubah pola hidup menjadi lebih sehat biar nggak penyakitan!

Beri Komentar