Kenali Penyakit Varises, Mulai dari Penyebab, Cara Mengobati, Pencegahan dan Ciri-Cirinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 14 Mei 2020 19:54
Kenali Penyakit Varises, Mulai dari Penyebab, Cara Mengobati, Pencegahan dan Ciri-Cirinya
Penyakit varises muncul dan mengganggu penampilan. Tapi, bisa dicegah dan bisa diobati kok.

Penyakit varises bikin penderitanya jadi minder dan nggak pede pake rok atau celana pendek. Kalo yang saya inget sih, dulu banyak temen saya yang bilang kalau jangan nekuk kaki setelah berjalan jauh, nanti jadi bikin varises.

Eh, emang iya?

Penyakit varises ini terjaid saat pembuluhh darah membesar, melebar, dan dipenuhi dengan darah. Varises ini biasanya tampil menonjol di kulit, bengkak, dan punya warna kebiruan, ungu atau kemerahan. Apakah bikin sakit? Kadang sih.

Dilansir dari healthline.com, penyakit varises ini sebenernya sangat umum pada wanita. Sekitar 25 persen dari semua orang dewasa biasanya punya varises. Kebanyakan, memang akan munvul di kaki bagian bawah.

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Varises

Penyakit Varises © Diadona

Penyakit varises terjadi ketika pembuluh darah vena nggak berfungsi dengan baik. Jadi, pembuluh darah ini punya katuo satu arah yang mencegah darah untuk balik mundur. Saat katup ini rusak, maka darah mulai mengumpul di pembuluh darah alih-alih terus menuju jantung.

Apa yang terjadi kemudian? Pembuluh darah ini bakalan membesar.

Trus kenapa penyakit varises ini kebanyakan muncul di kaki? Karena pembuluh darah di kaki adalah yang paling paling jauh dari jantung, dan gravitasi bikin darah jadi susah mengalir ke atas.

Beberapa penyebab potensial pada penyakit varises, diantaranya:

  • Hamil
  • Usia di atas 50 tahun
  • Brdiri dalam waktu yang lama
  • Gemuk
  • Ada riwayat keluarga

Wanita bakalan lebih mungkin terkena penyakit varises ini terutama dalam fase kehamilan. Ini karena wanita hamil punya banyak darah di dalam tubuh, yang kemudian bakalan ngaasih tekanan ekstra dalam sistem peredaran darah.

Selain itu, perubahan kadar hormon dapat menyebabkan relaksasi dinding pembuluh darah. Kedua faktor ini meningkatkan risiko memiliki varises.

Pada beberapa kasus, varises tersebut mungkin bakalan hilang setelah melahirkan. Tapi nggak selalu demikian. Memang ada varises yang menghilang, namun juga ada beberapa yang akan tetap terlihat.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Varises

Penyakit Varises © Diadona

Syukurnya, penyakit varises ini bisa dicegah. Yey! Bisa pake celana atau rok pendek dengan percaya diri dong!

Gimana cara mencegahnya?

  • Hindari berdiri untuk waktu yang lama
  • Turunkan berat badan, atau pertahankan berat badan ideal
  • Banyak olahraga. Ini penting buat meningkatkan peredaran darah.
  • Pakai kaos kaki atau stocking kompresi

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Penyakit Varises

Penyakit Varises © Diadona

Tapi kalau penyakit varises ini udah menyerang, begini ho cara mengobatinya

Kompresi

Dilakukan dengan menggunakan kaos kakiatau kaus kaki kompresi khusus. Kaus kaki bakalan ngasih tekanan yang cukup untuk kaki sehingga darah bakalan lebih mudah mengalir ke jantung. Selain itu, juga punya fungsi untuk mengurangi pembengkakan.

Tingkatk kompresinya bsia bervariasi kok, dan kamu bisa membelinya di toko obat atau di toko peralatan medis.

Operasi

Kalau cara tersebut dan perubahan gaya hidup lainnya ternyata masih belum berhasil menghilangkan penyakit varises, mungkin tindakan operasi akan diperlukan. Terlebih kalau varises ini menimbulkan rasa sakit dan merusak kesehatan secara keseluruhan, ya.

Prosedurnya melibatkan perawatan bedah berupa ligasi dan stripping vena yang dilakukan di bawah pengaruh anestesi. Selama prosedur, dokter bakalan membuat luka di kulit, memotong varises, dan menghilangkannya melalui sayatan.

Skleroterapi

Jadi, suatu bahan kimia bakalan disuntikkan ke dalam varises yang kecil atau menengah, yang bakalan melukai dan menutupnya. Bebereap minggu kemudian, maka penyakit varisesnya bisa memudar

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Penyakit Varises

Penyakit Varises © Diadona

Ciri-ciri penyakit varises ini gampang banget dilihat, yaitu dari penampakannya. Telrihat pembuluh vena yang menonjol pada kaki. Penderita juga mungkin bakalan merasakan bengkak, sakit, atau juga merasakan pegal di sekitar pembuluh darah yang emmbesar tersebut.

Pada beberapa kasus, penderita juga bisa mengalami pembengkakan dan perubahan warna. Untuk kasus yang parah, vena malah bisa berdarah dan ada bisul yang terbentuk.

Penyakit varises yang bikin nggak percaya diri itu mungkin nggak selamanya bisa disembuhkan atau hilang. Ngak apa-apa, kalo udah mentok, kamu bisa siasati dengan pake rok panjang yang cantik atau celana panjang yang elegan.

Beri Komentar