Makanan Penyebab Diabetes Melitus dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 18 Mei 2020 11:12
Makanan Penyebab Diabetes Melitus dan Cara Mengatasinya
Inilah beberapa penyebab diabetes yang perlu kamu tahu.

Penyebab diabetes yang banyak diketahui orang adalah gula atau makanan manis. Tapi ada juga faktor lain yang menjadi penyebabnya. Diabetes sendiri adalah penyakit kronis yang munculnya ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah.

Glukosa adalah sumber energi utama bagi sel tubuh. Namun jika menumpuk di dalam darah karena tidak terserap dengan baik akan menimbulkan gangguan pada tubuh.

Kadar gula yang ada di sel darah ini dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Kalau pankreas tidak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh maka penyakit diabetes bisa menyerang. Sebab, tanpa insulin sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

1 dari 6 halaman

Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab DiabetesPenyebab Diabetes © diabetes.co.uk

Penyebab diabetes melitus juga karena kontrol gula darah yang tidak sesuai. Diabetes melitus biasa disebut penyakit gula atau kencing mana yang mana merupakan penyakit autoimun kronis. Berikut ini yang bisa jadi penyebab diabetes melitus:

1. Adanya pengaruh hormon yang menghambat kinerja insulin

2. Kurangnya produksi insulin oleh pankreas.

3. Tubuh kurang merespon terhadap insulin.

2 dari 6 halaman

Penyebab Penyakit Diabetes

Penyebab DiabetesPenyebab Diabetes © communalnews
Penyebab diabetes bisa kita ketahui dari jenis penyakitnya. Ada dua tipe penyakit diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes Tipe 1


Penderita diabetes tipe 1 dikarenakan sistem kekebalan tubuh penderita yang menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Sehingga terjadinya peningkatan kadar glukosa pada darah dan membuat kerusakan pada organ tubuh.

Diabetes tipe 1 ini biasa dikenal dengan autoimun yang pemicunya sendiri masih belum diketahui dengan pasti. Namun dugaan paling kuat disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan penderita yang juga bisa dipengaruhi lingkungannya.

Diabetes Tipe 2


Kalau diabetes tipe 2 ini lebih sering terjadi. Sekitar 90-95% penderita diabetes di dunia menderita tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi karena kurangnya sensitif pada insulin, jadi yang dihasilkan tidak bisa digunakan dengan baik pleh tubuh.

 

3 dari 6 halaman

Makanan Penyebab Diabetes

 

Penyebab DiabetesPenyebab Diabetes © Unsplash/ aesullivan2010
Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, makanan dan gaya hidup juga bisa jadi penyebab diabetes.

Makanan yang Karbohidratnya Tinggi


Karbohidrat mudah dicerna tubuh dan cepat berubah menjadi gula. Selain itu, kandungan seratnya rendah. Contoh makanannya antara lain, nasi putih, roti, tepung terigu, pasta, dan kentang goreng.

Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh dan Lemak Trans


Meski kandungan lemak jenuh dan trans bukan faktor utama membuat kadar gula meningkat, tapi bisa membuat kadar kolestrol dalam darah tinggi. Nantinya jadi resistensi insulin yang bisa meningkatkan risiko diabetes.

Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans antara lain, daging merah, daging olahan, makanan cepat saji atau junk food, kripik kentang, selai kacang, mentega, krimer, keju, susu tinggi lemak dan kue.

4 dari 6 halaman

Minuman Ringan

Penyebab DiabetesPenyebab Diabetes © Unsplash/ belart84
Minuman seperti teh manis, bubble tea, minuman cokelat, kopi yang dicampur sirup, gula atau karamel dan minuman bersoda adalah jenis minuman ringan yang perlu dihindari. Selain meningkatkan kadar gula darah, mereka juga sarat akan fruktosa yang mana bisa menyebabkan resistensi insulim dan obesitas sampai menderita penyakit fatty liver atau perlemakan hati.

Buah Kering


Buah kering maupun buah kalengan biasanya memiliki kadar gula yang tinggi dan karbohidrat yang banyak. Misalnya seperti kismis atau anggur yang sudah dikeringkan. Selain itu buah yang dibuat smoothies dan jus buah juga masuk dalam faktor penyebab diabetes.

 

5 dari 6 halaman

Penyebab Penyakit Diabetes dan Cara Mengatasinya

Dengan mengenali aneka penyebab diabetes di atas, maka cara mengatasinya bisa diubah dari pola makan kita sehari-hari.

1. Hindari makanan-makanan di atas dan ganti dengan yang lebih sehat. Misalnya oatmeal, kacang-kacangan, umbi, roti gandum tanpa gula, makanan yang dari biji-bijian utuh, ikan, tahu, alpukat, kacang edamame, dan kacang almond.

2. Sementara itu untuk buahnya bisa memilih apel, stroberi, pir, jeruk, semangka dan kiwi.

3. Minumannya jelas saja air putih yang terbaik. Kalau mau minum teh dan kopi, konsumsi tanpa gula.

6 dari 6 halaman

4. Olahraga secara teratur, minimal 3 jam dalam seminggu.

5. Menghindari atau lebih baik berhenti merokok.

6. Menjaga berat badan jadi ideal.

7. Tidak mengonsumsi alkohol.

8. Menjaga kesehatan kaki dan mencegahnya terluka.

9. Memeriksa kondisi kesehatan mata secara rutin.

Itu tadi penyebab diabetes yang bisa kita hindari mulai sekarang. Yuk, hidup sehat!

Beri Komentar