20 Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda yang Perlu Kita Waspadai

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 18 Mei 2020 14:23
20 Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda yang Perlu Kita Waspadai
Apa aja sih penyebab stroke yang bisa menyerang usia muda?

Ada beberapa penyebab stroke yang perlu kita ketahui untuk bisa mengantisipasinya. Nggak hanya orang dewasa atau tua, di usia muda juga bisa mengalami stroke loh! Makanya perlu untuk kita kenali penyebabnya agar bisa terhindar dari stroke.

Stroke sendiri adalah keadaan di pasokan darah menuju otak terganggu atau bahkan terhenti. Sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Karena hal ini dalam beberapa menit saja sel-sel otal mulai mati.

Nggak sepele, stroke bahkan bisa mengancam kehidupan seseorang dan menimbulkan kerusakan permanen pada otak. Terlebih, stroke bisa menyerang usia muda juga.

1 dari 6 halaman

Penyebab Stroke Ringan di Usia Muda

Penyebab Stroke © Diadona
Penyebab stroke ringan perlu kita ketahui sedini mungkin. Stroke ringan sering disebut juga dengan Transient Ischemic Attack (TIA). Keadaan ini digambarkan dengan kekurangan darah pada sistem saraf. Biasanya terjadi dalam waktu yang singkat, kurang dari 24 jam atau bahkan hanya dalam hitungan menit.

Penyebab stroke ringan terjadi karena gumpalan atau pembekuan darah yang menghambat aliran darah di sistem saraf. Dikarenakan penyumbatan darah terjadi hanya sementara, maka tidak menyebabkan kerusakan jaringan. Tapi bukan berarti dianggap enteng ya, karena kamu berpotensi mengalami stroke lebih tinggi jika sudah pernah mengalami TIA.

Plak atau darah beku pada pembuluh arteri yang terletak pada sistem saraf pusat menghambat pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Konsisi ini yang jadi penyebab stroke ringan. Sebab aliran darah ke otak menjadi tersumbat.

2 dari 6 halaman

Beberapa faktor lain yang jadi penyebab stroke ringan, antara lain:

Usia


Biasanya usia lanjut atau di atas 55 tahun berpotensi terkena serangan TIA. Namun, nggak semua guys, usia muda juga bisa terkena stroke ringan.

Gaya Hidup


Pastinya kita harus menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari segala macam penyakit. Kelebihan berat badan, mengonsumsi alkohol, jarang olahraga, merokok, pakai obat-obatan terlarang adalah contoh dari gaya hidup tidak sehat yang wajib kita hindari ya guys!

 

3 dari 6 halaman

Faktor Keturunan


Keturunan atau faktor genetik juga bisa jadi penyebab selanjutnya. Stroke ringan memang tidak mengakibatkan kerusakan permananen pada otak dan karena ini banyak orang yang meremehkan. Padahal stroke ringan bisa berkembang jadi stroke yang berbahaya. Kalau keluarga kita ada yang mengalami stroke atau TIA, maka kita juga berpotensi terkena stroke ringan.

Menderita Penyakit Tertentu

Beberapa orang juga bisa terkena stroke apabila memiliki riwayat penyakit obesitas, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, pernah stroke sebelumnya, masalah pada jantung dan kelainan darah seperti sel sabit dan darah yang mudah membeku.

4 dari 6 halaman

Makanan Penyebab Stroke

Penyebab Asam Urat © Diadona
Ada juga beberapa makanan yang bisa jadi penyebab stroke. Selain alkohol yang sudah disebutkan di atas termasuk gaya hidup tidak sehat, inilah makanan lain yang perlu kita hindari.

1. Daging merah dan daging olahan.

2. Keripik, kerupuk, crackers dan gorengan.

3. Muffin, donat atau makanan panggang lainnya yang mengandung lemak trans dan menggunakan minyak terhidrogen dalam pembuatannya.

4. Makanan kaleng dan fast food.

5. Makanan-makanan manis.

6. Minuman bersoda.

5 dari 6 halaman

Penyebab Gejala Stroke

Penyebab Stroke © Diadona
Selain menghindari hal-hal di atas, ada juga kalanya kita mengenali gejala stroke ringan. Sebab, biasanya luput karena stroke ringan terjadi dalam jangka waktu pendek dan tiba-tiba.

1. Sakit kepala tiba-tiba

2. Vertigo dan pusing

3. Kelelahan

4. Penglihatan buram dan menghitam

 

6 dari 6 halaman

5. Kehilangan keseimbangan atau bermasalah dalam berjalan

6. Mati rasa pada salah satu bagian tubuh

7. Terjadi masalah berbicara dan pendengaran

8. Kehilangan kesadaran atau koma

Itu tadi guys penyebab stroke ringan dan gejala yang bisa diantisipasi. Jangan dianggap remeh ya kalau kamu mengalami hal tersebut. Terus, usahakan untuk menjaga pola hidup sehat.

Beri Komentar