Pengertian Lemak dan Jenisnya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 18 Mei 2020 12:50
Pengertian Lemak dan Jenisnya
Pengertian lemak selama ini sering diartikan oleh beberapa orang sebagai zat negatif yang mendatangkan banyak penyakit dalam tubuh.

Pengertian lemak adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebagaimana protein dan karbohidrat.

Namun, saat mendengar kata lemak, pasti kamu langsung mengkaitkan dengan kegemukan, menyebabkan naiknya kolesterol, hingga penyakit mengerikan lainnya.

Menurut Medical News Today, lemak sangat penting karena memainkan beberapa fungsi pada tubuh, salah satunya adalah sebagai sumber energi dan pelindung bagi kerangka dan saraf.

Meski begitu, saat ini tidak sedikit orang yang belum paham dengan apa itu lemak. Nah, untuk simak ulasan berikut ini supaya kamu lebih paham tentang pengertian lemak.

 

 

1 dari 4 halaman

Pengertian Lemak

Pengertian Lemak © Diadona

Pengertian lemak adalah senyawa kimia tidak larut air yang disusun oleh unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Selain itu, pengertian lemak juga bersifat hidrofobik atau tidak larut dalam air.

Macam-macam Lemak yang Ada di Dalam Tubuh:

1. Lemak putih

Lemak putih juga dikenal dengan sebutan lemak adiposit. Dinamakan sebagai lemak putih karena sel-sel lemak tersebut berwarna putih akibat rendahnya kepadatan mitokondria dan pembuluh darah.

Namun lemak putih bisa kehilangan sensitivitasnya saat kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, sehingga bisa muncul kegemukan.

2. Lemak Esensial

Pengertian lemak ini memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh, menjaga struktur sel, dan mengatur hormon. Sehingga lemak esensial penting untuk kehidupan manusia, sebab kalau kamu kehilangan lemak ini akan mengakibatkan menurunnya kesehatan tubuh.

3. Lemak Subkutan

Pengertian lemak subkutan adalah lemak yang ditemukan di bawah kulit. Sekitar 90% lemak di tubuh adalah lemak subkutan, sehingga untuk mengurangi timbunan lemak ini dilakukan dengan cara rutin berolahraga serta mengurangi konsumsi karbohidrat.

2 dari 4 halaman

Pengertian Asam Lemak

Pengertian Lemak © Diadona

Pengertian asam lemak adalah suatu senyawa golongan asam karboksilat yang mempunyai rantai alifatik panjang, baik jenuh maupun tak jenuh. Tak hanya itu, asam lemak merupakan turunan dari fosolipid.

Nah, untuk rantai asam lemak berbeda-beda panjangnya, seringkali dikategorikan sebagai pendek sampai sangat panjang, seperti berikut:

- Asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid, SCFA), ialah asam lemak dengan ekor alifatik yang memiliki jumlah karbon lima atau kurang (misalnya, asam butirat).

- Asam lemak rantai sedang (medium-chain fatty acid, MCFA), ialah asam lemak dengan ekor alifatik yang mempunyai jumlah karbon 6 sampai 12, yang bisa membentuk trigliserida rantai sedang.

- Asam lemak rantai panjang (long-chain fatty acid, LCFA), ialah asam lemak dengan ekor alifatik 13 sampai 20 karbon.

- Asam lemak rantai sangat panjang (very long chain fatty acid, VLCFA) ialah asam lemak dengan ekor alifatik sama dengan 22 karbon atau lebih.

3 dari 4 halaman

Pengertian Lemak dan Minyak

Pengertian Lemak © Diadona

Pengertian lemak dan minyak merupakan senyawa trigliserida atau trigliserol. Dari pernyataan tersebut, jelas menunjukkan bahwa lemak dan minyak merupakan ester yang apabila dihidrolisis akan menghasilkan asam lemak dan gliserol.

Menurut Sediaoetama (1985), pengertian lemak dan minyak diartikan sebagai suatu kelompok dari golongan lipid.  Lipid sendiri merupakan golongan senyawa organik yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut nonpolar, seperti dietil eter, benzena, kloroform, dan heksana.

Sehingga lemak  dan  minyak  merupakan  senyawaan  trigliserida  dari  gliserol, yang merupakan  hasil  proses  kondensasi satu  molekul  gliserol  dan  tiga  molekul asam  lemak.

Umumnya ketiga  asam  lemak  tersebut  berbeda-beda, hanya saja yang membentuk satu molekul trigliserida dan satu molekul air .

4 dari 4 halaman

Pengertian Lemak Jenuh

Pengertian Lemak © Diadona

Pengertian lemak jenuh yaitu struktur lemak dengan hidrokarbon ikatan tunggal yang berbahaya bagi tubuh manusia karena menggumpal, sehingga dapat mengganggu sistem peredaran darah.

Lemak jenuh kebanyakan berasal dari hewan, seperti daging, susu murni,dan lain sebagainya. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh adalah:

1. Daging Merah

Mengonsumsi daging tinggi lemak setiap hari tentu dapat membuat kadar kolesterolmu bertambah, seperti mengonsumsi daging sapi dan kambing.

Sehingga untuk menurunkan risikonya, sebaiknya kamu pilih bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak atau gajih.

2. Susu dan Produk Susu

Susu tinggi lemak dan produk susu, seperti keju, es krim, dan yogurt, ternyata juga mengandung lemak jenuh tinggi lho. Sebab, biasanya susu dan produk susu ini juga terkandung dalam makanan yang kamu makan, seperti kue. Sehingga secara tidak sadar kamu telah mengonsumsi banyak lemak jenuh.

Jadi, pengertian lemak adalah sumber energi bagi tubuh selain karbohidrat dan protein.

Beri Komentar