Hidung Sudah Gatal tapi Gagal Bersin, Apa sih Penyebabnya?

Reporter : Mila
Jumat, 5 November 2021 07:57
Hidung Sudah Gatal tapi Gagal Bersin, Apa sih Penyebabnya?
Sebel banget pasti rasanya gak jadi bersin.

Sebelum bersin, kamu pasti akan merasakan sensasi gatal menggelitik pada hidung. Untuk melegakannya, kamu akan bersin.

Tapi, pernahkah kamu merasakan beberapa kali gagal bersin padahal hidung sudah sangat gatal? Kira-kira, apa ya penyebabnya? Langsung simak penjelasan di bawah ini ya!

1 dari 4 halaman

Menjepit Hidung

Ilustrasi Bersin © Diadona

Melansir Web MD, Neil Kao, MD, spesialis alergi dan asma menyebutkan salah satu hal yang bisa membuat kamu gagal bersin adalah menjepit hidung. Menurutnya, mencoba bernapas melalui mulut dan menjepit ujung hidung dengan tangan ketika ingin bersin, bisa menghentikan bersin.

Tindakan ini bisa mengurangi aktivitas saraf yang bertugas mengirimkan perintah pada otak untuk bersin. Perlu diketahui, tindakan ini tidak disarankan oleh para ahli medis.

2 dari 4 halaman

Bahayanya...

Pasalnya, menahan bersin dengan memegang hidung dan menutup mulut bisa mematahkan tenggorokan bagian belakang. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang tidak bisa berbicara atau menelan, dan kamu akan menahan sakit yang luar biasa.

Tak hanya itu, menahan bersin dengan cara itu juga bisa menyebabkan komplikasi berbahaya. Salah satu contohnya yaitu pneumomediastinum (terperangkapnya udara di daerah mediastinum), perforasi membran timpani (gendang telinga berlubang), dan pecahnya aneurisma otak (membengkaknya pembuluh darah di otak).

3 dari 4 halaman

Masalah THT

Ilustrasi Bersin © Diadona

Selain dihentikan secara sengaja, gagal bersin ternyata menjadi gejala dari masalah THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Kondisi ini bisa jadi pertanda sakit flu, infeksi telinga, sinusitis, rhinitis alergi, dan sakit tenggorokan.

Semua kondisi itu bisa memicu hidung gatal yang bisa membuat kamu bersin atau hanya sekadar sensasi hidung gatal berair saja tanpa bersin.

4 dari 4 halaman

Meredakan Hidung Gatal

Kondisi hidung yang gatal dan gagal bersin memang tidak nyaman. Tapi, kamu bisa mengikuti tips berikut untuk meredakannya:

  • Minum air putih
  • Hindari pemicu hidung gatal atau bersin
  • Minum obat sesuai anjuran dokter

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar