Lidah Tergigit saat Asyik Makan? Ini nih Fakta dan Penyebabnya!

Reporter : Mila
Kamis, 4 November 2021 07:57
Lidah Tergigit saat Asyik Makan? Ini nih Fakta dan Penyebabnya!
Pasti sering terjadi ya.

Pernah mengalami menggigit lidah sendiri? Itu bisa dibilang hal yang lumrah. Kamu biasanya akan merasakan ngilu ketika lidah tergigit, bahkan mungkin ingin menangis saking sakitnya. Apalagi jika lidah sampai berdarah.

Setelahnya, makan atau berbicara juga akan membuat mulut makin terasa tidak nyaman karena lidah telanjur terluka. Lantas, kenapa sih hal tersebut bisa sampai terjadi?

1 dari 5 halaman

Emosi Berlebihan

Menurut para ahli, ketika seseorang sedang dalam kondisi emosi berlebihan, stres akan menyebabkanmu kehilangan konsentrasi. Cara kerja mulutmu bukan dengan syaraf refleks yang mampu menghindarkanmu dari gerakan tidak diinginkan, tapi lebih pada apa yang kamu pikirkan. Sehingga kondisi pikiranmu akan sangat berpengaruh.

2 dari 5 halaman

Gesekan karena Mulut Terlalu Kering

Ilustrasi Makan © Diadona

Ketika sedang mengunyah, gigi sesekali akan menyentuh bagian dinding dalam pipimu. Lidahmu juga sesekali akan bergerak melewati antara kedua rahangmu karena lidahmu lah yang memindah-mindahkan posisi makanan di mulutmu. Ini semua bisa terjadi dengan lancar karena kondisi mulut yang licin akibat ludah yang dihasilkan kelenjar air liur.

Nah, proses mengunyah bisa mengalami masalah karena lubrikasi mulutmu bisa mengering.

Ya, mulut bisa mengering di tengah sedang makan. Apalagi kalau  seseorang memakan makanan penyerap kelembapan dalam jumlah banyak misalnya roti, kue, gorengan dan makanan lain yang hydrophobic.

3 dari 5 halaman

Duduk Tidak Tegak

Menurut Dr. Tanvi Desai, D.C., melansir alphasciencecenter.com, posisi tulang belakang berada tepat di belakang rahang (terutama mandibula). Ketika tulang belakang ini tidak sejajar, akan terbentuk ruang antara tulang belakang dengan rahang. Hal ini akan menyebabkan rahang berpindah dari posisi semula untuk menciptakan ruang tersebut, seiring rahang terbuka.

Ketika berbicara atau mengunyah, kedua rahang akan memungkinkan terbentuk posisi zig-zag, sehingga akan membuat tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi.

4 dari 5 halaman

Menghindari Lidah Tergigit

Lidah tergigit bisa disebabkan oleh berbagai hal yang tentunya bisa dihindari agar tidak terulang kembali. Seperti:

  • Mengurangi kebiasaan makan sambil bicara.
  • Mengurangi kebiasaan makan terlalu cepat. Makanlah dengan tenang dan kunyah perlahan.
  • Hindari makanan yang terlalu asam, pedas, panas, atau justru terlalu dingin yang bisa membuat lidah kelojotan.
  • Makanlah dengan posisi duduk tegak.

5 dari 5 halaman

Mengobati Lidah Tergigit

Kalau lidah sudah terlanjur tergigit, jangan khawatir, karena bisa disembuhkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Berkumur dengan air putih untuk membilas sisa darah.
  • Tekan area lidah yang berdarah dengan kain atau tisu kering untuk menghentikan perdarahan.
  • Jika masih berdarah, kulum sebongkah es batu kecil yang sudah dibalut kain tipis dan tempatkan di area yang sakit. Jangan langsung memasukkan es ke dalam mulut.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Beri Komentar