Sering Dianggap Mengganggu, Bisa Gak Sih Pori-Pori Wajah Mengecil Secara Alami?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 3 November 2021 17:03
Sering Dianggap Mengganggu, Bisa Gak Sih Pori-Pori Wajah Mengecil Secara Alami?
Coba lihat ulasannya berikut ini yuk!

Banyak orang yang mengeluh memiliki pori-pori kulit besar terutama kulit wajah. Pori-pori kulit yang besar diketahui dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Pori-pori wajah yang besar juga kerap mengganggu penampilan karena dianggap menganggu.

Tapi, kira-kira bisa nggak ya pori-pori besar di wajah menghilang secara alami?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi pori-pori kecil © Diadona

Pada dasarnya pori-pori adalah pembukaan folikel (kantong kelenjar) ke permukaan kulit. Pori-pori ini berfungsi sebagai jalan keluar minyak dan tumbuhnya rambut.

Dengan kata lain, pori-pori adalah bukaan kecil pada kulit yang dapat melewatkan minyak kulit yang baik (juga dikenal sebagai sebum) dan rambut mencapai permukaan kulit.

Pori-pori dikatakan besar bila ukurannya lebih besar dari folikel rambut rata-rata. Hal ini biasanya sering terjadi di kulit wajah, terutama di sekitar hidung dan pipi.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Kulit Berpori © Diadona

Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengecilkan pori-pori, seperti mencuci wajah dengan air dingin atau metode perawatan kecantikan di salon. Namun sebenarnya, bisakah pori-pori wajah mengecil secara alami? Jawabannya, tidak.

Menurut dr. Harold Lancer, dermatologis langganan Victoria Beckham dan Oprah, pori-pori wajah tidak akan bisa mengecil, karena itu adalah kondisi genetik. Maksudnya, ukuran pori-pori sebenarnya tidak bisa berubah.

3 dari 5 halaman

Hanya saja, bisa terlihat semakin jelas jika kulit tidak dirawat dan tidak memiliki gaya hidup yang sehat. Wajah yang kotor, tumpukan kulit mati, dan minyak berlebih lah yang membuat pori-pori terlihat membesar. Padahal, sebenarnya tidak.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Kulit Berpori © Diadona

Sebenarnya, satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk membuat pori-pori tidak terlihat semakin besar adalah merawat kulit dengan baik. Salah satunya terkait dengan menjaga kebersihan. Jika kotoran, minyak, dan sel kulit mati menutup pori-pori, hal ini dapat membuat komedo dan jerawat bermunculan. Belum lagi kulit jadi terlihat lebih kusam.

Pori-pori wajah, dan di bagian tubuh lainnya, sebenarnya bermanfaat untuk mengeluarkan keringat dan minyak di permukaan kulit. Selama dirawat dan dijaga kebersihannya, memiliki pori-pori pada wajah sebenarnya tidak akan jadi masalah, kok.

5 dari 5 halaman

Berikut beberapa tips merawat pori-pori wajah yang dapat dicoba:

  • Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih ringan dan air hangat. Jika perlu gunakan pembersih yang mengandung vitamin C.
  • Setelah dibersihkan, tuntaskan dengan dibilas dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori kembali.
  • Gunakan produk yang mengandung retinol, turunan dari vitamin A.
  • Lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya dengan SPF 15.
  • Lakukan scrub atau pengelupasan kulit mati sekali atau dua kali seminggu.

Beri Komentar