Jangan Mudah Tergiur, Ini Akibat Pakai Handbody Abal-Abal

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 4 November 2021 12:27
Jangan Mudah Tergiur, Ini Akibat Pakai Handbody Abal-Abal
Menjadi cantik tidak harus putih, kok!

Edukasi kesehatan bisa dari mana saja sekarang ini. Misalnya saja TikTok, banyak dokter dan pekerja kesehatan terkait yang memberikan edukasi kesehatan guna masyarakat luas sadar mengenai masalah kesehatan yang dishare.

 

1 dari 6 halaman

Seperti mengenai pemakaian handbody. Banyak sekali masyarakat yang berpikir bahwa pemakaia handbody untuk memutihkan kulit. Padahal, yang terpenting adalah agar kulit sehat. Akibatnya, banyak nih masyarakat yang tergiur produk handbody abal-abal untuk memutihkan kulit.

Padahal, akibatnya bisa fatal nih kalau memakai handbody abal-abal. Seperti konten yang sudah dishare di TikTok @makeupxsherren. Jadi, dokter tersebut kedatangan pasien yang menggunakan handbody abal-abal. Memang hasilnya bisa memutihkan kulit dengan cepat, namun akibatnya kulit jadi rusak.

 

2 dari 6 halaman

" Hari ini kita kedatangan korban lagi ya. Korban handbody abal-abal. Jadi Mbak nya ini cerita kemarin ini pakai handbody (abal-abal). Kulitnya aslinya seperti ini. Terus hanya dalam waktu satu bulan pemakaian dari hannbody tersebut, langsung putih seperti ini. Tapi setelah itu kemerahan."

3 dari 6 halaman

Sebelum ke dokter tersebut, pasien korban handbody abal-abal tersebut sempat ke terapi di tempat lain. Namun hasilnya malah gosong kulitnya. Memang, dokter terebut menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan efek awal dari penggunaan krim abal-abal.

" Setelah itu Mbaknya sempat berobat di tempat lain, cuman jadinya malah gosong. Ini juga memang efek dari awalnya itu dari penggunaan krim abal-abal."

 

4 dari 6 halaman

Jangan Harapkan Putih

Dokter kulit tersebut berpesan kepada masyarakat agar tidak tergiur untuk mendapatkan kulit yang putih. Sebab hal yang paling utama adalah untuk mendapatkan kulit yang sehat.

" Hati-hati jangan hanya mengharapkan kulit putih namun rusak, yang penting kulit sehat."

 

5 dari 6 halaman

Mengandung Campuran Hydrokuinon dan Steroid

Dokter tersebut pun menjelaskan bahwa telah dicurigai handbody abal-abal tersebut mengandung hydrokuinon dan steroid. Hydrokuinon memang bisa memutihkan kulit secara insten apalagi disandingkan dengan asam retineat. Dalam jangka panjang, bisa menyebabkan masalah fatal pada kulit terkait.

" Hydrokuinon yang bisa memutihkan kulit secara instan akan disandingkan dengan asam retinoat, yang berfungsi membuka kulit agar hydrokuinon masuk lebih cepat. Hasilnya, kulit akan putih dalam seketika.

" Kandungan ini tidak dianjurkan sebagai salah satu kandungan dalam lotion pemutih karena penggunaan hydrokuinon janga panjang (6 bulan atau lebih) dapat menyebabkan efek samping berupa iritasi pada kulit yaitu perih, terbakar, kering, dan pada akhirnya kulit menjadi kehitaman."

 

6 dari 6 halaman

Wah, pantas saja mudah tergiur, soalnya bisa bikin kulit secara instan. Namun hati-hati ya guys, bisa kulit jadi rusak. Be smart~

Beri Komentar