Ganggu Banget, Kenapa ya Batuk Tak Kunjung Sembuh?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 7 November 2022 15:03
Ganggu Banget, Kenapa ya Batuk Tak Kunjung Sembuh?
Padahal udah dikasih obat, kenapa nggak sembuh-sembuh ya?

Menderita batuk pilek mungkin sudah menjadi hal biasa bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan memang penyakit batuk pilek adalah salah satu penyakit musiman yang dapat kambuh dalam setahun.

Akan tetapi, batuk pilek yang tak kunjung sembuh tentu juga menjadi pertanyaan selanjutnya bagi seseorang. Dimana umumnya, penyakit batuk pilek ini hanya berlangsung selama tiga hari sampai dua minggu. Lalu, apa penyebab yang menjadikan batuk pilek ini tak kunjung sembuh?

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Batuk © Diadona

Jawabannya tentu ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kondisi ini dan tentunya perlu diketahui setiap penderita untuk mengetahui penyebabnya. Berikut ini setidaknya ada enam alasan dan penyebab mengapa batuk pilek tak kunjung sembuh, yaitu:

  • Kurang istirahat

Dengan istirahat dan tidur, akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dalam bekerja seperti seharusnya. Saat seseorang tidur pun, tubuh akan bekerja melawan virus, penyebab dari batuk pilek, sehingga penting untuk memastikan waktu tidur yang cukup dalam proses penyembuhan batuk pilek. Penelitian menunjukkan, orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malamnya akan berpotensi untuk terkena penyakit tiga kali lebih besar dari yang tidur selama delapan jam atau lebih.

2 dari 7 halaman

Kurang cairan

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Seseorang yang sedang sakit secara otomatis mudah mengalami dehidrasi, karena sakit saat menelan akibat sakit tenggorokan dan kelembapan yang keluar akibat demam membuat seseorang kekurangan cairan. Jadi, disarankan untuk mengobati masalah batuk pilek yang tak kunjung sembuh, cobalah pastikan untuk tetap terhidrasi dan hindari konsumsi kafein terlebih dahulu.

 

3 dari 7 halaman

Sulit mengatasi stres

Stres memang sudah menjadi bagian dalam hidup manusia, namun stres penting untuk dikelola, jika tidak bisa menyebabkan berbagai penyakit termasuk masalah batuk pilek yang tak kunjung sembuh. Stres yang berkelanjutan akan membuat tubuh kurang mampu merespons kortisol, hormon yang mengontrol respons tubuh untuk peka terhadap ancaman seperti virus.

 

4 dari 7 halaman

Salah obat

Ilustrasi Batuk © Diadona

Salah obat seringkali menjadi penyebab dari batuk pilek yang tak kunjung sembuh dan tidak disadari. Padahal batuk pilek sendiri tidak memerlukan obat untuk menyembuhkannya, oleh karena itu penting untuk mengenali masalah lanjutan dan kemungkinan tidak hanya batuk pilek yang diderita agar mendapatkan obat yang sesuai.

 

5 dari 7 halaman

Adanya penyakit pendukung

Ilustrasi COVID-19 © Diadona

Penyakit pendukung seringkali menjadi salah satu faktor yang dapat memperparah seseorang yang mengalami batuk pilek. Beberapa penyakit yang mempengaruhi batuk pilek tak kunjung sembuh adalah memiliki riwayat asma, adanya infeksi lain, efek dari obat lain seperti obat tekanan darah tinggi, terbaru bahkan adanya bekas dari Covid-19.

6 dari 7 halaman

Harus Diwaspadai

Batuk pilek yang tak kunjung lebih dari tiga bulan biasanya sudah dikategorikan oleh dokter sebagai penyakit kronis. Sedangkan untuk batuk pilek yang tergolong subakut akan dihitung jika dalam waktu tiga hingga delapan minggu tak juga sembuh.

Saat hal ini terjadi, segera periksakan diri dan konsultasikan dengan dokter. Seseorang bahkan sudah disarankan untuk memulai memeriksakan diri saat dalam waktu tiga hingga empat minggu terlihat bahwa batuk pilek tidak mengindikasikan adanya perubahan.

Beri Komentar