Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjebak di Tengah Keramaian Seperti Itaewon

Reporter : Mila
Selasa, 1 November 2022 06:57
Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjebak di Tengah Keramaian Seperti Itaewon
Penting banget untuk melindungi jantung dan paru-paru.

Tragedi Halloween di Itaewon, Korea Selatan, adalah insiden yang menarik perhatian mata berskala internasional. Diketahui banyak dari korban yang kesulitan bernafas dan jatuh. Diketahui, ada 132 orang meninggal dunia, 596 korban luka ringan dan sedang, serta 26 lainnya mengalami luka berat.

Menyikapi Tragedi Halloween Itaewon, Korea Selatan, inilah tips kalau kalian terjebak di keramaian dan bagaimana cara mencegah terjebak di keramaian.

1 dari 6 halaman

Posisikan Tangan di Depan Dada

Di tengah keramaian dan berdesakan, sebaiknya tangan letakkan pada bagian dada seperti akan melakukan tinju. Hal ini berguna untuk melindungi organ vital (jantung dan paru-paru).

Boxing Pose © Diadona

2 dari 6 halaman

Jangan Panik dan Berteriak

Berteriak hanya akan banyak menghabiskan oksigen. Apabila kehabisan oksigen maka kemungkinan akan pingsan sangatlah besar, kalau pingsan maka kemungkinan terinjak sangatlah fatal.

Ilustrasi Berteriak © Diadona

3 dari 6 halaman

Saat Terjatuh Pastikan dalam Posisi Fetal

Kalau kamu terjatuh, pastikan kamu berada dalam posisi bayi (fetal position), di mana sisi kiri tubuh menempel dengan tanah, kaki ditekuk, dan kedua tangan yang menyilang di depan dada.

Posisi ini merupakan posisi teraman yang bisa melindungi jantung dan paru-paru.

Fetal Position © Diadona

4 dari 6 halaman

Gunakan Sepatu yang Nyaman

Kalau akan pergi ke tempat ramai seperti konser atau lainnya, gunakan sneakers atau sepatu olahraga yang aman dan nyaman. Hal ini agar mencegah kamu terjatuh dan mempermudah kamu untuk bergerak.

Ilustrasi Sepatu © Diadona

5 dari 6 halaman

Persiapkan Energi

Sebelum pergi ke tempat ramai, pastikan kamu makan dan minum yang cukup. Energi yang cukup bisa menjaga stabilitas tubuh. Hindarilah meminum alkohol, karena bisa membuat kita kurang sadar atau peka dengan kondisi sekitar.

Ilustrasi Makan © Diadona

Beri Komentar