Gak Cuman Kerasa Kaku di Persendian, Ini Ciri-Ciri Rematik yang Wajib Diwaspadai

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 1 September 2022 20:03
Gak Cuman Kerasa Kaku di Persendian, Ini Ciri-Ciri Rematik yang Wajib Diwaspadai
Kira-kira pernah mengalami kayak gini juga nggak?

Radang kronis pada sendi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang patut diwaspadai. Hal ini dikenal dengan sebutan rematik, yakni kondisi penyakit autoimun di bagian persendian dan bisa terjadi di berbagai titik di tubuh. Mengenali ciri-ciri rematik akan jadi hal berguna untuk kamu, agar dapat melakukan deteksi dini dan penanganan yang cepat.

Sedikit memudahkan, karena pengenalan ciri-ciri rematik yang dialami seseorang bisa dirasakan dengan jelas. Beberapa akan dijelaskan dalam uraian singkat di bawah ini, melansir dari Mayo Clinic.

1 dari 6 halaman

Rasa Tak Nyaman di Persendian

Penyebab RematikPenyebab Rematik © forsythwoman

Ketika terjadi peradangan di bagian sendi, maka rasa tak nyaman akan sangat terasa di bagian tersebut. Mulai dari rasa sakit, sendi menjadi sensitif, mengalami pembengkakan, terasa kaku, tidak bisa bergerak bebas, atau sekedar terasa hangat.

Ketika sensasi ini terasa di bagian persendian, di sendi manapun, bisa jadi merupakan indikasi seorang mengalami rematik. Segera periksakan diri, dan pastikan penyebabnya.

2 dari 6 halaman

Merasa Mudah Lelah

Mudah lelah juga menjadi salah satu ciri-ciri rematik yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Mudah lelah yang terasa disebabkan oleh reaksi tubuh pada peradangan yang terjadi, kurang tidur, kekurangan darah, dan efek samping dari obat-obatan.

Secara langsung mudah lelah yang dialami juga akan menurunkan kualitas kehidupan di banyak sisi, dan mengganggu jalannya aktivitas.

3 dari 6 halaman

Kondisi Anemia

Ilustrasi AnemiaIlustrasi Anemia © movementandnutrition.co.uk

Ketika seorang mengalami rematik, tidak jarang sumsum tulang mengurangi produksi sel darah merah yang dilakukannya. Anemia menjadi ciri berikutnya dari penderita rematik, sehingga wajib diwaspadai dan dicermati kemunculannya. Anemia akan semakin intens ketika rematik kambuh dan terasa sangat mengganggu aktivitas kamu.

4 dari 6 halaman

Terjadinya Poliartritis

Ilustrasi RematikIlustrasi Rematik © freepik.com/jcomp

Poliartritis sendiri merupakan sebuah kondisi dimana rematik menyerang lebih dari 4 sendi yang ada pada tubuh seseorang. Tidak hanya persendian besar seperti lutut, siku, atau bahu saja, namun rematik juga dapat menyerang bagian sendi kecil seperti pergelangan tangan hingga jari-jari.

Ketika rasa nyeri semakin intens di banyak bagian sendi, maka indikasinya akan semakin kuat bahwa seseorang mengalami rematik.

5 dari 6 halaman

Ciri Rematik yang Mencolok: Jalan Pincang

Meski kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, namun jalan menjadi pincang adalah salah satu kondisi yang disebabkan oleh rematik. Kondisi sendiri lutut yang tidak lagi prima akan menyulitkan kamu untuk berjalan normal.

Ada baiknya ketika mengalami gejala atau ciri ini, segera mendatangi dokter, terlebih jika sudah berlangsung lama. Itu tadi sedikitnya 5 gejala atau ciri-ciri rematik ketika diderita oleh seseorang. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas kamu!

Beri Komentar