Dikira Cuma Orang Dewasa Aja? Anak Kecil Juga Mengalami Stress Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 22 Februari 2020 12:06
Dikira Cuma Orang Dewasa Aja? Anak Kecil Juga Mengalami Stress Lho!
Banyak, ada banyak anak kecil yang mengalami stress.

Selama ini banyak dari kita yang memahami stress hanya akan dialami oleh mereka yang sudah dewasa. Anak-anak dianggap tidak dapat mengalami stress karena mereka cenderung hanya bermain dan tidak memiliki masalah.

Seperti yang dikutip dari akun twitter dr. Jiemi Ardian (@jiemiardian) mengatakan jika bullying pada anak dapat mengganggu kesehatan mental, dan sangat mungkin untuk timbul keinginan bunuh diri. Seperti video yang sedang ramai beredar ini.

Hal ini pun diamini oleh para netizen. Banyak dari mereka yang mengaku jika trauma atau kejadian buruk yang mereka alami saat kecil terbawa hingga dewasa.

Bagaimana anak kecil bisa mengalami stress?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi anak kecil marah © Diadona

Dilansir dari kidshealth.org, stres adalah fungsi dari tuntutan yang diberikan pada kita unutk dapat memenuhinya. Tuntutan ini sering datang dari sumber luar, seperti keluarga, pekerjaan, teman atau sekolah. Tapi juga bisa datang dari diri sendiri, sering kali hal-hal seperti apa yang kita harus penuhi, dibanding dengan apa yang bisa kita lakukan.

Stres dapat terjadi pada siapapun, nggak mengenal gender ataupun usia. Anak-anak dan orang dewasa memiliki dunia yang berbeda, namun keduanya tetap dapat mengalami stres yang sama. Kenapa?

2 dari 4 halaman

Ilustrasi anak kecil di mobil © Diadona

Orang dewasa cenderung merasa stress karena kehidupan pekerjaan, percintaan atau tuntutan hidup lainnya. Namun pada anak-anak, mereka belum mengalami hal itu.

hal-hal seperti perpisahan dengan orang tua, terlalu lelah di sekolah, tidak memiliki teman, di bully oleh sekitar, hingga tuntutan mendapat nilai yang bagus.

Terdengar remeh? iya jika kita melihat dengan kacamata orang dewasa.

Namun nyatanya hal-hal ini dapat menjadi faktro stress pada masa kecil mereka dan mempengaruhi seluruh hidupnya karena rasa stress ini terbawa hingga mereka dewasa.

3 dari 4 halaman

anak belajar dengan orangtua © Diadona

Anak-anak tidak memiliki pandangan yang cukup tentang bagaimana bertahan hidup dan menyelesaikan masalah. Diisinilah orangtua dan orang dewasa disekitarnya menjadi penting.

Stress pada naak dapat ditandai dengan adanya perubahan sikap pada anak yang jadi uring-uringan, melakukan aktifitas yang tidak biasa seperti berbohong, menggertak, perubahan pola tidur. Beberapa bahkan juga mengalami efek ke tubuh seperti sakit perut dan sakit kepala.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Sarapan Bareng Orangtua © Diadona

Selalu bicarakan tentang apa yang mereka rasakan, apakah mereka terlalu lelah, sedang sedih atau bahagia. Coba diskusikan pada mereka mengenai apa yang mereka inginkan dalam menghadapi permasalahannya tersebut.

Namun jika mereka tidak ingin membicarakan, nggak perlu dipaksa. Coba luangkan waktu bersama, karena kebersamaan dengan orang tua adalah hal yang penting bagi anak.

Selama ini kita sebagai orang dewasa seolah menutup mata mengenai perasaan stress yang dapat terjadi pada anak-anak. Jadi, jangan anggap stres hanya berlaku pada kita yang sudah dewasa saja ya. Anak-anak memiliki peluang stres yang sama dengan kita.

Beri Komentar