Apakah Benar Obat-obatan Bipolar Bisa Menyebabkan Peningkatan Berat Badan?

Reporter : Mila
Senin, 12 Juli 2021 18:57
Apakah Benar Obat-obatan Bipolar Bisa Menyebabkan Peningkatan Berat Badan?
Hal ini pula yang dialami oleh artis Marshanda.

Kelainan bipolar bisa diobati oleh berbagai pengobatan. Pengobatan ini diketahui bisa meningkatkan selera makanan atau mengubah metabolism yang menyebabkan berat badan meningkat.

Itu pula yang diakui dialami oleh aktris cantik Marshanda. Ia kembali mencuri perhatian karena penampilannya yang terlihat lebih berisi. Ia mengaku bahwa penampilannya tersebut merupakan salah satu efek obat bipolar yang dikonsumsinya.

Lantas benarkah demikian?

1 dari 5 halaman

Berbeda-beda Tiap Individu

Obat-obatan bipolar memiliki efek samping yang berbeda-beda pada tiap orang. Begitu juga tentang seberapa baik obat bipolar ini bekerja untuk mengobati gejala-gejala bipolar, juga berbeda tiap-tiap orang.

Oleh karena itu untuk menemukan pengobatan penyakit bipolar memerlukan beberapa percobaan. Pada beberapa kasus, pengobatan yang meningkatkan berat badan mungkin diperlukan sementara sampai pasien bisa mengendalikan gejala-gejala yang timbul.

Kemudian pasien dan dokter mencari obat yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang dan menimbulkan efek samping lebih sedikit.

2 dari 5 halaman

Mood Stabilizers

Dipakai untuk mengobati kelainan bipolar, termasuk lithium, asam valproic, sodium divalproex, karbamazepin dan lamotrigine. Semua pengobatan ini diketahui meningkatkan berat badan, kecuali lamotrigine.

3 dari 5 halaman

Antipsikotik

Umumnya diresepkan untuk pengobatan bipolar, mencakup olanzapine, risperidone, quetipine, aripiprazole, ziprasidone dan asenapine. Beberapa pengobatan ini menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi satuan.

Namun memang kebanyakan penderita bipolar memerlukan lebih dari satu obat untuk mengontrol gejala-gejalanya. Peningkatan berat badan muncul jika obat-obat antipsikotik dikombinasikan dengan mood stabilizer.

4 dari 5 halaman

Antidepresan

Antidepresan bisa meningkatkan berat badan pada beberapa orang, tetapi reaksi dari pengobatan ini bervariasi untuk tiap-tiap orang.

Paroxentine dan mirtazapine bisa menyebabkan peningkatan berat badan lebih cepat dibandingkan pengobatan antidepresan lainnya. Sementara selective serotonin reuptake inhibitor (SSRIs) tidak menyebabkan peningkatan berat badan.

5 dari 5 halaman

Penting untuk Diketahui

Beberapa peningkatan berat badan tidak bisa dihindari ketika menggunakan obat-obatan bipolar.

Pelajari juga tips-tips makanan sehat, tetap aktif secara fisik dan menjalani psikoterapi agar dapat membantumu mengurangi gejala-gejala bipolar. Bersabar dan berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatakan pengobatan yang terbaik.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar