Madukina, Penyanyi RnB dengan Bumbu Musik Korea yang Wajib Kamu Dengerin

Reporter : Sofi
Minggu, 6 Desember 2020 14:47
Madukina, Penyanyi RnB dengan Bumbu Musik Korea yang Wajib Kamu Dengerin
Singing is the best medicine I’ve ever had - Madukina

Belakangan makin banyak dari kawula muda yang kreatif, terlebih di bidang musik. Mereka berani untuk unjuk gigi, bahkan bersaing dalam pembuatan karya mereka. Salah satunya penyanyi solo asal Malang, yaitu Madukina.

Wanita yang akrab disapa Madu ini memulai debutnya pada tanggal 5 Juli 2019 lalu dengan single 'Peach'. Punya musik yang enak didengar, bikin kebanyakan orang langsung jatuh cinta dibuatnya. Gak cuma itu, ternyata banyak hal menarik soal Madukina ini. Mulai main gamelan hingga menari tradisional, adalah keahlian Madukina lainnya. Yuk kenalan dengan musisi cantik dan multitalenta ini!

1 dari 7 halaman

Menyanyi Sejak Balita dan Berasal dari Keluarga Seni

Dalam mengawali karirnya ini, Madu ternyata menyanyi di atas panggung sejak dirinya berusia 2,5 tahun loh! Berasal dari keluarga seni tradisional, Madu menceritakan jika dirinya diajarkan menyanyi langgam jawa dan sinden sejak kecil.

      View this post on Instagram      

A post shared by Madukina (@madukina)

 

"Bapakku pegiat seni, dan emang lingkunganku dari kecil ya gak jauh-jauh dari seni. Setiap hari main alat musik, nyanyi, menari. Aku juga udah diajarin nyanyi langgam jawa dan sindenan dari kecil," tutur Madu.

Dari latar belakang seni itu, Madu yang diajari menari sejak kecil ini bisa tari tradisional Malang mulai dari beskalan, bapang, tari grebeg sabrang, remo, dan lain sebaginya. Gak cuma itu, ternyata wanita berzodiak Cancer ini juga bisa main alat musik gitar dan gamelan jawa loh! Di zaman sekarang, dan seorang anak muda masih punya jiwa seni tradisional itu keren banget!

2 dari 7 halaman

Bermusik RnB Korea

Madukina © Diadona

Meneruskan jiwa seni yang ada di dalam dirinya, Madu dalam berkarir saat ini memilih genre lagu RnB. Terinspirasi dari musisi Tyler the Creator, Madu juga membumbui musiknya ini dengan musik Korea. Unik banget kan.

" Kalau lagunya ter-influence dari RnB Korea. Tapi kalau musisi yang aku suka ya Tyler the Creator," kata Madukina.

Memberi angin segar dalam industri musik di Kota Malang, alasan Madu dalam pemilihan genre musik RnB ini sendiri karena belum banyak musisi di Malang yang belum memakainya.

" RnB karena masih fresh di kota malang," lanjut Madu.

3 dari 7 halaman

Punya 3 Single

Penyanyi yang juga jadi backing vocal Sal Priadi ini sudah mengeluarkan 3 lagu sejak debutnya itu. Dibantu oleh teman-teman dari Coldiac dan Marigold (band asal Malang), Madukina berhasil menelurkan lagu pertama yang berjudul 'Peach'. Berdasarkan pengalaman orang sekitarnya, single ini menceritakan tentang karma. Ngeri gak tuh.

Menceritakan seorang wanita yang baru saja putus dan belum move on, tapi sang mantan sudah memiliki kekasih baru. Dengan bermodalkan doa, si wanita berharap sang mantan mendapatkan apa yang pantas untuk dirinya. Sedangkan 'Peach Zzzleepy' ini adalah single keduanya yang sama dengan 'Peach'. Hanya saja di lagu kedua ini memiliki musik dengan nuansa lo-fi RnB yang cocok buat pengantar tidur kamu.

" Kalau 'Peach' dan 'Peach Zzzleepy' kan sama. Lagu tentang karma. Baru putus, yang cowok udah sama cewek lain, kitanya belum move on. Akhirnya yaudah didoain aja. You’ll get what you earn," jelas Madukinanti.

Baru-baru ini wanita yang identik dengan rambut pendek sebahu ini, mengeluarkan single ketiganya. Dengan judul 'Lullaby', Madu mengakui jika lagu ini merupakan pengalaman pribadinya. Dalam single 'Lullaby', Madu yang menulis liriknya sendiri ini ingin menceritakan tentang seseorang yang takut bangun dari mimpinya karena lebih indah daripada kenyataan. Hayo, siapa yang kayak gini?

" Kalau 'Lullaby' tentang seseorang yang takut bangun dari mimpi karena mimpinya lebih indah daripada kenyataan. Jadi pengen tidur terus."

Dengan diproduseri teman-teman dari Coldiac, Madukina menyajikan karyanya ini di berbagai platform pada tanggal 30 Oktober 2020. Juga, untuk video klip lagu 'Lullaby' sudah ada loh!

 

 

4 dari 7 halaman

Karya Baru

Setahun setengah sejak debutnya dan sudah keluarkan 3 single, Madukina rupanya memiliki project baru yang akan memanjakan telinga para penggemar karyanya.

" Ada! Ditunggu ya!" Ucap Madu.

Rupanya Madukina ingin memberikan kejutan untuk karya selanjutnya ini. Jadi gak sabar deh!

5 dari 7 halaman

Harapan Madukina untuk Dunia Musik Saat Ini

Madukina © Diadona

Di saat masa pandemi seperti saat ini, Madukina memiliki harapan untuk dunia permusikan.

" Kalau di masa pandemi ini aku pengennya segera berakhir aja sih. Biar dunia soal acara musik bisa kembali normal. Aku dan temen temen lain bisa manggung dan bisa melakukan agenda-agenda yang sempet ketunda," papar Madukina.

6 dari 7 halaman

Motto Madukina dalam Jalani Karir Bermusiknya

Madukina © Diadona

Sudah menyanyi sejak kecil, Madu tentu memiliki motto dalam menjalani karirnya sekarang ini.

" Singing is the best medicine I’ve ever had,"
Madukina

Nah, itu dia sosok Madukina yang keren abis! Miliki latar belakang seni tradisional, gak menutup kemungkinan dirinya untuk mencoba hal baru dan disukainya untuk terjun dengan genre musik RnB. Dengan musik yang asik, tentu lagu Madukina ini bisa buat teman kamu sehari-hari. Go check it out ya!

Terima Kasih Madukina, semoga sukses selalu dan ditunggu karya barunya!

Beri Komentar