Dialami Nani Wijaya Sebelum Wafat, Ini 3 Ciri Lendir Menumpuk di Paru-paru

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 17 Maret 2023 10:57
Dialami Nani Wijaya Sebelum Wafat, Ini 3 Ciri Lendir Menumpuk di Paru-paru
Pihak keluarga mengabarkan kalau aktris senior ini meninggal karena adanya lendir di paru-paru.

Nani Wijaya, aktris senior Tanah Air telah meninggal dunia pada Kamis (16/3) setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit. Sebelum dirawat, ia mengeluh kesulitan bernafas. Setelah perawatan, ternyata ia mengalami sesak napas akibat penumpukan lendir di paru-paru.

Penumpukan lendir di paru-paru memiliki beberapa tanda, termasuk sesak napas seperti yang dialami oleh Nani Wijaya. Lendir adalah cairan yang dihasilkan oleh selaput lendir. Tubuh manusia memproduksi sekitar satu liter lendir setiap hari.

1 dari 5 halaman

Fungsi lendir adalah menjaga kelembapan organ dalam serta menangkap patogen penyebab infeksi dan zat-zat lain yang tidak diinginkan seperti asap dan debu. Lendir dalam sistem pernapasan dan berakhir di paru-paru disebut sebagai dahak. Namun, penumpukan dahak di paru-paru bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan pada paru-paru, seperti bronkitis atau penyakit paru obstruktif kronik.

2 dari 5 halaman

Ciri lendir menumpuk di paru-paru

Produksi lendir yang berlebihan di paru-paru tidak sehat. Tanda-tanda penumpukan lendir biasanya dimulai dengan batuk yang disertai dahak. Berikut adalah tanda-tanda penumpukan lendir di paru-paru yang perlu diwaspadai untuk mencegah timbulnya penyakit, seperti yang dilansir oleh Medicine Net.

  • Napas mengi

Napas mengi atau napas yang bersuara bisa menjadi tanda bahwa lendir menghalangi saluran paru-paru atau membuatnya terlalu sempit. Produksi lendir yang meningkat di paru-paru dapat menyumbat saluran udara sehingga membuat penderitanya sulit mengambil napas dan mengeluarkannya.

  • Dada Sesak

Terlalu banyak produksi lendir juga menyebabkan paru-paru terasa penuh. Pasalnya, dada yang terasa sesak bisa jadi penanda flu atau infeksi lainnya yang bisa memicu penumpukan lendir di paru-paru.

3 dari 5 halaman

  • Batuk

Batuk jadi cara alami tubuh untuk menghilangkan kelebihan lendir di paru-paru. Batuk biasanya akan keluar bersamaan dengan dahak. Dalam kondisi sehat, dahak akan berwarna putih atau bening. Namun, jika dahak terlihat kekuningan atau berwarna lain, maka bisa jadi tanda munculnya infeksi.

Itulah sejumlah ciri-ciri penumpukan lendir di paru-paru yang bisa diwaspadai. Jika lendir disertai dengan demam atau sesak napas, sebaiknya segera hubungi dokter.

4 dari 5 halaman

Sebelumnya, Nani Wijaya sempat dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami sesak napas. Anak Nani Wijaya, Nina mengungkapkan ada lendir yang menghalangi aliran napas di paru-paru sang ibu.

" Beliau tidak bisa mengeluarkan slime (lendir) dari paru-paru, sehingga sulit untuk bernapas, karena semakin sulit bernapas, makanya kami sekeluarga sepakat untuk membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif," kata Nina dikutip dari InsertLive.

Beri Komentar