PeduliLindungi Diganti Jadi Satu Sehat Mobile Mulai Maret Ini

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 2 Maret 2023 09:34
PeduliLindungi Diganti Jadi Satu Sehat Mobile Mulai Maret Ini
Langkah ini diambil untuk memberikan fungsi lebih luas pada masyarakat.

Hampir tiga tahun sudah aplikasi PeduliLindungi menjadi perangkat lunak yang wajib ada di ponsel masyarakat Indonesia. Kini aplikasi yang salah satu fungsinya mendeteksi riwayat perjalanan kita telah bertransformasi.

Per hari ini, Rabu (1/3) aplikasi yang menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memiliki 104 juta pengguna (data 12 November 2022) resmi berubah nama menjadi Satu Sehat Mobile.

1 dari 5 halaman

Ketika pandemi COVID-19 menghantam seluruh dunia pada 2020, aplikasi seperti PeduliLindungi digunakan sebagai alat untuk melacak (tracing) dan surveilans masyarakat yang terinfeksi Virus Corona atau SARS-CoV-2. Melalui PeduliLindungi, kontak erat dari kasus COVID-19 bisa dilacak dan ditemukan lebih dini guna memperoleh penanganan lebih lanjut. Seiring berjalannya waktu, penggunaan aplikasi ini meluas. PeduliLindungi merangkap tugas sebagai alat skrining status vaksinasi COVID-19.

2 dari 5 halaman

PeduliLindungi Berubah Menjadi Satu Sehat Mobile

Caranya, para pengguna diwajibkan memindai (scan) QR Code agar dapat masuk fasilitas umum seperti mal dan taman hiburan. Begitu juga saat seseorang ingin berpergian di seluruh wilayah Indonesia maupun perjalanan ke luar negeri menggunakan pesawat, kereta api, dan kapal laut, semuanya harus lolos skrining.

Perubahan dari PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile tidak terjadi secara mendadak. Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, sudah membocorkannya pada awal Januari 2023 .

3 dari 5 halaman

Kala itu, Menkes Budi hanya menyinggung perihal PeduliLindungi yang tetap bisa dimanfaatkan meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut pemerintah pada akhir 2022. Barulah setelah itu Budi memberitahu bahwa aplikasi PeduliLindungi akan terintegrasi dengan platform Satu Sehat Kemenkes.

Dijelaskan Budi Gunadi Sadikin bahwa Satu Sehat Mobile merupakan bagian dari Satu Data Indonesia (SDI) yang terintegrasi ke data pemerintah. Integrasi data ke Satu Sehat Mobile dilakukan untuk seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

 

4 dari 5 halaman

Bahkan, Menkes Budi Gunadi Sadikin bilang data di semua faskes termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, hingga laboratorium harus terintegrasi ke platform SATUSEHAT. Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Setiaji, menyebut tujuan transisi dari PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile guna memperluas fungsi dari aplikasi tersebut.

" Sehingga aplikasi tetap bisa digunakan meski nantinya pandemi COVID-19 telah berubah menjadi endemi," kata Setiaji dikutip dari laman Kompas.com.

Beri Komentar