Dari Bakteri hingga Jamur, Ini lho Penyebab Pneumonia pada Bayi dan Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 16 Agustus 2020 20:10
Dari Bakteri hingga Jamur, Ini lho Penyebab Pneumonia pada Bayi dan Anak
Perbedaan penyebab pneumonia bakalan berpengaruh pada perawatan yang diberikan.

Penyebab pneumonia bisa karena berbagai macam bakteri, virus, atau jamur yang kita hirup. Dengan identifikasi apa sih yang jadi penyebab penyakit pernapasan ini maka bisa untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Seringkali, pneumonia ini terjadi dimulai dari infeksi saluran pernapasan bagian atas (infeksi hidung dan tenggrokan), dengan gejala yang dimulai setelah dua sampai tiga hati setelah pilek atau sakit tenggorokan. Kemudian, penyakit tersebut pindah ke paru-paru. Cairan, sel darah putih dan kotoran mulai berkumpul di ruang udara paru-paru dan menghalangi aliran udara yang lancar, sehingga membuat paru-paru lebih sulit untuk bekerja dengan baik.

Infeksi pneumonia bisa menyebabkan peradangan pada kantung paru-paru dan menyebakan penderitanya jadi sulit bernapas. Dan ya, penyakit ini menular banget. Kamu bisa terkena penyakit ini cuman dengan menyentuh permukaan benda yang udah terkontaminasi bakteri dan virus penyebab pneumonia.

Gejala pneumonia ini bisa ringan, namun juga bisa mengancam jiwa.

1 dari 3 halaman

Bakteri Penyebab Pneumonia

Penyebab Pneumonia © Diadona

Melansir Lung.org, bakteri penyebab pnuemonia yang paling umum adalah Streptococcus pneumoniae yang biasanya hidup di saluran pernapasan bagian atas. Sementara penyeba lainnya yaitu:

Mycoplasma pneumoniae

Yaitu bakteri penyebab pneumonia yang menyebar luas dan biasa menginfeksi mereka yang berada di bawah umur 40 tahun. Penderitanya umumnya tinggal dan bekerja di wilayah yang ramai. Nah, pneumonia ini biasnya cukup ringan bahkan ngak terdeteksi lho, hingga banyak orang menyebutnya dengan pneumonia berjalan.

Chlamydophila pneumoniae

Biasanya menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas sepanjang tahun, tapi juga menyebabkan pneumonia ringan

Legionella pneumophila

Adalah bakteri penyebab pneumonia yang berbahaya, dan disebut dengan penyakit Legionnaire. Nggak kayak pneumonia bakteri lainnya, Legionella tidak ditularkan dari orang ke orang.

Perbedaan bakteri penyebab pneumonia berakibat pada sedikit perbedaan gejala yang muncul pada penderita, foto rontgen dada, atau gimana tubuh merespon antibiotik yang diberikan.

2 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Pneumonia

Penyebab Pneumonia © Diadona

Selain bakteri, penyebab pneumonia bisa karena virus dan juga jamur. Apa saja?

Virus

Adalah penyebab pneumonia paling umum dari radang paru-paru pada orang dewasa dan bisa mengakibatkan kondisi yang parah dan fatal. Ini karena virus menyerang paru-paru dan berkembang baik. Tapi, hampir nggak ada tanda fisik jaringan paru-paru akibat penyakit pneumonia ini. Misalnya keberadaan cairan.

Pneumonia ini bisa fatal banget kalau sudah menimpa orang yang punya penyakit jantung atau paru-paru dan wanita yang sedang hamil.

Jamur

Bila penyebab pneumonia adalah jamur, maka ini bisa menyerang orang yang memiliki masalah kesehatan kronis atau sistem kekebalan tubuh yang sedang lemah. Bisa juga menimpa mereka yang terpapar jamur tertentu dalam dosis besar, bisa dari tanah atau kotoran burung yang terkontaminasi.

Pneumocystis jirovecii

Adalah jamur penyebab pneumonia yang menyebabkan infeksi serius. Ini biasanya terjadi pada mereka yang punya sistem kekebalan tubuh lemah karena HIV / AIDS atau penggunaan obat-obatan jangka panjang yang menekan sistem kekebalan mereka, seperti yang digunakan untuk mengobati kanker atau perawatan transplantasi organ.

Ada tiga jamur penyebab pneumonia, antara lain:

  • Coccidioidomycosis
  • Histoplasmosis
  • Cryptococcus

3 dari 3 halaman

Penyebab Pneumonia pada Bayi dan Anak

Pneumonia adalah © Diadona

Bila penyebab pneumonia pada bayi dan anak-anak adalah karena infeksi bakteri, biasanya sakit terjadi dalam waktu yang cepat. Mengutip Kids Health, umumnya sakit ini dimulai dari demam tinggi tiba-tiba trus sakit pernapasan.

Sebaliknya, bila penyebab pneumonia adalah virus, maka gejala akan muncul secara bertahap dan nggak terlau parah.

Beberapa gejala memberikan petunjuk penting tentang kuman mana yang jadi penyebab pneumonia, dengan contoh:

Pada anak-anak atau remaja, bila penyebab pneumonia adalah karena Mycoplasma maka akan menyebabkan sakit tenggorokan, sakit kepala, dan ruam selain gejala pneumonia yang biasa.

Pada bayi, pneumonia akibat klamidia dapat menyebabkan konjungtivitis (pinkeye), gejala ringan tanpa demam.

Kalau penyebab pneumonia adalah batuk rejan, maka anak mungkin akan mengalami batuk yang lama, tubuh membiru karena kekurangan oksigen serta ada suara yang muncul saat anak mencoba menarik napas.

Sedangkan pada anak kecil, pneumonia paling sering terjadi karena infeksi virus Respiratory syncytial virus (RSV). Kebanyakan sih pneumonia virus berlangsung lebih singkat ketimbang yang terjadi karena infeki bakteri.

Lokasi Penyebab Pneumonia

Selain dibedakan berdasarkan organisme penyebab pnuemonia, penyakit ini juga diklasifikasikan tergantung pada di mana seseorang tertular.

Masyarakat

Ini adalah jenis pnuemonia yang paling umum di mana penyebab pneumonia adalah bakteri, virus ataupun amur kayak yang udah Diadona sebutkan di atas tadi.

Rumah Sakit

Dan ya, kamu bisa mendapatkan penyakit ini justru dari rumah sakit. Kok bisa ya?

Ini biasanya menimpa mereka yang dirawat di rumah sakit karena penyakit tertentu, lalu tertular pneumonia. Umunya bakteri adalah penyebab pneumonia jenis ini. Dan bila ini sudah terjadi, maka kondisinya bisa jadi serius karena:
menimpa seseorang yang sedangs akir
bakteri penyebab pneumonia sudah kebal terhadap antibiotik

Fasilitas Kesehatan

Berbeda dengan Rumah Sakit ya, Perawatan Kesehatan yang dimaksud ini yaitu fasilitas kesehatan di mana seseorang bsia tinggal di sana atau cuman menjalani rawat jalan.

Aspirasi

Yakni penyebab pneumonia saat tubuh mengirup makanan, minuman, muntah, atau air liur yang kemudian masuk ke paru-paru. Ini lebih mungkin terjadi saat tubuh kehilangan refleks muntah normal, seperti misalnya cedera otak, masalah menelan atau penggunaan alkohol dan obat-obatan secara berlebihan.

Penyebab pneumonia penting banget diketahui untuk menentukan pengobatan yang cocok dengan memperhatikan gejala yang muncul. Agar lebih terkontrol, jangan ragu untuk datang ke dokter ya!

Beri Komentar