Sering Jadi Hobi Para Lansia, Berkebun dan Menanam Tanaman Dapat Menyehatkan Tubuh Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 14 Agustus 2020 09:25
Sering Jadi Hobi Para Lansia, Berkebun dan Menanam Tanaman Dapat Menyehatkan Tubuh Lho
Bukan sekedar hobi ternyata aktifitas ini dapat membuat tubuh jadi lebih sehat.

Berkebun dan menanam tanaman adalah hal yang menyenangkan. Hal ini biasanya menjadi hobi bagi para orang tua hingga lansia.

Sebagian nampak senang menanam tumbuhan hijau, sedangkan sebagian lainnya senang lebih senang menanam bunga, sayur hingga buah-buahan.

Kegiatan ini ternyata tak hanya menyenangkan tapi juga memiliki berbagai dampak baik lho untuk kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa manfaat berkebun.

1 dari 4 halaman

Meningkatkan daya tahan tubuh

ilustrasi menanam pohon © Diadona


Kegiatan berkebun umumnya dilakukan di luar ruangan yang terpapar sinar matahari. Jika dilakukan di pagi hari, maka tubuh akan mendapat vitamin yang terdapat dari sinar ultrviolet.

Hal ini sangat dibutuhkan, terlebih bagi para lansia. Karena vitamin D dapat berperan untuk penyerapan kalsium sehingga dapat menguatkan tulang-tulang.

2 dari 4 halaman

Olahraga

Ilustrasi Tanaman Hias © Diadona


Berkebun atau merawat tanaman satu akan membuat tubuh kita bergerak. Entah itu menyiraminya, mengangkatnya, atau memupuki tanah, semua aktifitas ini akan menggerakkan tubuh.

Karena ini aktifitas yang disenangi, maka adanya beban berat hingga keringat yang keluarpun tak akan terlalu terasa melelahkan.

3 dari 4 halaman

Menjaga kesehatan otak

Cara Menanam Tomat © Diadona


Menurut penelitian, berkebum ternyata mampu menjaga kesehatan otak karena kegiatan ini akan membuat pikitan jadi sibuk dan fous.

Hal ini sangat baik untuk kesehatan otak, khususnya para lansia yang beresiko mengalami dimensia seiring bertambahnya usia.

4 dari 4 halaman

Mengusir rasa jenuh dan stress

Cara Menanam Tomat © Diadona


Menanam tanaman yang disukai, melihat tumbuh kembangnya, hal ini akan membuat kita merasa senang. Terlebih dengan emandangan yang jadi tampak lebih asri, segar dan sejuk.

Selain itu menurut penelitian, paparan sinar matahari ketika berkebun atau sekedar menyiram tanaman kesayangan nyatanya dapat menghasilkan hormon serotonin. Yitu merupakan hormon yang dapat membuat suasana hati jadi senang.

Nah jadi itu dia manfaat berkebun dan menanam tanaman bagi tubuh. Hal ini memang jadi aktifitas yang sangat baik, terlebih bagi para lansia.

 

Beri Komentar