Jarang Terjadi, Tapi Ada Lho Wanita yang Menopause di Usia Remaja!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 14 Agustus 2020 17:27
Jarang Terjadi, Tapi Ada Lho Wanita yang Menopause di Usia Remaja!
Udah tau belum?

Melansir dari Daimail.co.uk, ada seorang wanita yang sudah tak bisa haid lagi alias menopause. Padahal, masih remaja. Wanita itu bernama Shreree Hargreaves, dan umurnya sekarang baru saja 19 tahun.

1 dari 5 halaman

Primary Ovarian Insufficiency

Shreree Hargreaves © Diadona

Ternyata, sejak usianya 15 tahun, Sheree Hargreaves telah didiagnosa terkena Primary Ovarian Insufficiency (POI). Namun, ia merahasiakannya hal itu bertahun-tahun, hingga akhirnya speak-up ke publik sekarang.

Ngomong-ngomong tentang POI, melansir dari Reproductivefacts.org, POI merupakan suatu kondisi dimana kondisi ovarium seorang wanita berhenti sebelum memasuki usia 40 tahun.

Singkatnya, indung telur berhenti memproduksi hormon estrogen dan progesteron, dan berhenti melepaskan sel telur.

2 dari 5 halaman

Penyebab POI

Ada beberapa kemungknian kenapa seorang wanita terkena POI. Pertama, kemungkinan pertama adalah karena faktor keluarga. Jika ada anggota keluarga wanita yang mempunyai POI, maka sudah seharusnya keturunannya diingatkan akan risiko terkena POI.

Kedua, bisa jadi karena ada serangan kelenjar tiroid dan adrenal, yang menyebabkan autoimun. Sedangkan POI berhubungan dengan gangguan autoimun.

Ketika, jika ada penyakit lain yang mengharuskan menjalankan kemoterapi dan terapi radiasi, itu juga bisa jadi penyebabnya. Kemoterapi dan terapi radiasi bisa menyebabkan POI.

3 dari 5 halaman

Gejala POI

Shreree Hargreaves © Diadona

Wanita di bawah 40 bisa mengalami menopause atau POI secara tiba-tiba. Tapi, bisa juga terjadinya seperti bagaimana wanita umumnya mengalami manopause.

Gejala tersebut bisa berupa vagina kering, merasa panas, sensitif, berkeringat malam, dan sulit tidur. Untuk wanita yang benar-benar muda dengan POI, kemungkinan besar mereka tidak pernah mengalami periode menstruasi seperti halnya wanita yang mengalami pubertas pada umumnya.

4 dari 5 halaman

Bisa Disembuhkan?

Wanita dengan POI umumnya tidak bisa disembuhkan. Tetapi, terapi hormonal dan sejumlah non-hormonal bisa mengobati gejala-gejala yang ada.

Jika ada wanita dengan POI yang ingin hamil, penggunana telur donor adalah satu-satunya strategi agar bisa hamil.

Namun berbeda jika wanita dengan POI disebabkan karena kemoterapi dan terapi radiasi. Seiring wanita, fungsi ovariumnya bisa kembali secara alami. Semakin muda wanita terkena POI karena terapi-terapi tersebut, semakin besar pula kemungkinan ovariumnya bisa mempertahankan beberapa fungsi.

5 dari 5 halaman

Wah, jadi begitu ya yang kira-kira terjadi kepada Shreree Hargreaves. Semoga wanita yang mengalami hal serupa diberi ketabahan dan semangat selalu ya!

 

Beri Komentar