10 Manfaat Biji Nangka Rebus untuk Kencantikan dan Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 22 Mei 2021 14:48
10 Manfaat Biji Nangka Rebus untuk Kencantikan dan Kesehatan Ibu Hamil
Biji buah nangka punya khasiat yang tidak kalah bagusnya dengan daging buahnya

Manfaat biji nangka ternyata memiliki kandungan yang tidak kalah hebatnya dengan daging buahnya, lho. Biji nangka mengandung thiamin dan riboflavin yang banyak. Fungsinya adalah membantu mengubah makanan yang kamu makan menjadi sebuah energi dan menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut.

Walau kecil, bijinya juga mengandung mineral seperti seng, besi, kalsium, tembaga, kalium, dan magnesium. Biji nangka sendiri mengandung efek antimikroba yang berfungsi untuk membantu mencegah terjadinya kontaminasi bakteri penyebab penyakit bawaan. 

Namun, biji nangka ini tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah karena mengandung racun yang membahayakan tubuh. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Biji Nangka Rebus

Manfaat biji nangkaManfaat biji nangka © 2021 freepik.com

Mencegah Terjadinya Anemia

Manfaat biji nangka rebus dapat meningkatkan nutrisi harian kamu. Biji nangka, merupakan sumber zat besi yang merupakan komponen hemoglobin. Pola makan yang kaya zat besi menghilangkan risiko anemia dan kelainan darah lainnya. Zat besi juga menjaga otak dan jantung tetap sehat dan kuat.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Manfaat biji nangka dikenal memberikan bantuan instan pada orang yang menderita gangguan pencernaan. Biji nangka yang diolah menjadi bubuk, dapat menjadi obat untuk masalah gangguan pencernaan karena biji nangka ini juga tinggi akan serat.

Membangun Otot

Dapat membangun otot, manfaat biji nangka ini mengandung protein yang tinggi. Sehingga, perkembangan otot bisa terjadi secara maksimal dengan mengonsumsi biji nangka ini. Protein yang terkandung dalam biji nangka juga bebas dari kolesterol.

Biji nangka mengandung protein berkualitas tinggi yang membantu membangun otot. Protein yang kita dapatkan dari nangka bebas dari kolesterol.

2 dari 3 halaman

Manfaat Biji Nangka untuk Kecantikan

Manfaat biji nangkaManfaat biji nangka © 2021 freepik.com

Biji nangka tidak hanya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga bagus untuk mempercantik kulit kita. Nah, apa saja sih manfaat biji nangka rebus untuk kecantikan?

Mengatasi Keriput pada Wajah

Biji nangka bisa membantu kamu mengatasi masalah keriput pada wajah. Caranya adalah dengan mengambil biji nangka yang sudah di rebus atau belum dan digilang dengan susu dingin selama beberapa waktu. Oleskan campuran itu secara teratur pada wajah untuk menghilangkan garis-garis halus. Ini adalah manfaat biji nangka yang pasti akan membuat kulit lebih awet muda. 

Membantu Menyembuhkan Penyakit Kulit

Mengandung protein yang tinggi dan mikronutrien, manfaat biji nangka adalah membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit lainnya. Biji nangka sendiri mampu menjaga tingkat kelembaban kulit tetap tinggi dan rambut kamu dalam kondisi yang baik.

Rambut Sehat dan Penglihatan yang Baik

Manfaat biji nangka untuk kecantikan adalah membuat rambut sehat. Selain itu biji nangka juga membuat mata kita memiliki penglihatan yang baik. Hal ini disebabkan karena biji nangka mengandung vitamin A yang merupakan salah satu nutrisi terpenting untuk kesehatan mata dan makanan yang kaya vitamin ini. Ditambah vitamin A mampu mencegah kerapuhan rambut yang menyebabkan rambut menjadi rontok.

Membuat Kulit Bercahaya

Pernah dengar pepatah “ Apa yang kamu makan, akan mencerminkan dirimu?” Kulit merupakan cerminan dari apa yang kamu makan. Dengan kata lain, sama halnya jika kamu makan makanan yang sehat maka kulit kamu akan tercermin bercahaya. Contoh saja, biji nangka ini memiliki kandungan yang bagus untuk membuat kulit kamu bercahaya. Hal ini karena senyawa dalam biji nangka mampu mendetoksifikasi tubuh kamu dan memperbaiki keseluruhan corak wajah kamu dan membuat wajah kamu lebih halus dan lembab secara keseluruhan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Biji Buah Nangka bagi Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat biji nangkaManfaat biji nangka © 2021 freepik.com

Bagi ibu hamil yang membutuhkan banyak nutrisi, biji buah nangka ini punya banyak manfaat, lho. Apa saja?

Membantu dalam Tumbuh dan Kembang Bayi

Biji nangka dapat memberikan kamu nutrisi yang cukup untuk bayi seperti kalsium, seng, zat besi, beta-karoten, dll. Selain itu juga mengandung vitamin A, C, folat, dan zat besi. Semua nutrisi ini membantu dalam pembentukan organ bayi yang diperlukan.

Membantu Mengatur Tingkat Tekanan Darah

Peningkatan tekanan darah ibu hamil dapat merugikan janin dan mengakibatkan berbagai komplikasi. Namun, dengan mengonsumsi makanan sehat seperti biji buah nangka dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah dan memastikan ibu dan bayinya dalam keadaan sehat.

Membantu Melawan Kelelahan

Kehamilan bisa sangat melelahkan bagi seorang wanita. Jika sedang hamil, kamu mungkin merasa malas atau lelah karena akan menopang bayi. Tetapi dengan makan buah dan sayuran yang sehat seperti biji buah nangka dapat memberi energi dan mencegah kelelahan.

Manfaat biji nangka yang kaya akan nutrisi seperti serat, kalsium, berbagai macam vitamin, ternyata bisa kita dapatkan tidak hanya dari buahnya saja. Banyak orang juga yang tidak tahu bahwa biji nangka ini sangat bermanfaat. 

Beri Komentar