11 Penyebab Bau Mulut pada Anak dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 16 Juli 2020 21:53
11 Penyebab Bau Mulut pada Anak dan Cara Mengatasinya
Penyebab bau mulut bisa aja karena makanan yang dikonsumsi, tapi bisa juga mengindikasikan kerusakan gigi yang kudu segera ditangani.

Bau mulut atau yang dalam istilah medis disebut dengan halitosis, adalah sesuatu hal yang bikin nggak enak banget. Ini bisa memalukan dan dalam beberapa kasus bisa menimbulkan kecemasan.

Makanya banyak banget kan ditemukan berbagai produk untuk menghilangkan bau mulut ini, misalnya permet karet, obat kumur dan yang lainnya. Sayangnya produk tersebut cuma sebagai tindakan sementara karena dnggak bisa mengatasi penyebab dari nbau mulut tersebut.

Kalau begitu yuk cari tahu apa sih penyebab bau mulut untuk menghilangkan bau mulut dari sumber masalahnya.

1 dari 4 halaman

Penyebab Bau Mulut pada Anak

Penyebab Bau Mulut © Diadona

Sebenarnya masalah bau mulut ini adalah hal yang uum pada anak mengingat banyak banget aktivitas bakteri yang terjaid pada ulut, hidung atau pun gigi. Bisa juga karena gigi karies, hingga keberadaan penyakit tertentu.

Abses Gigi

Karies gigi bakalan membuat gigi berlubang. Selain itu proses pembusukan pada gigi bakalan menciptakan lingkungan untuk pertumbuhan mikroba. Adanya sisa makanan pada lubang tersebut juga bsa jadi penyebab bau mulut.

Benda Asing di Hidung

Namanya juga anak-anak pasti pernah melakukan sesuatu yang sedikit berbahaya karea rasa penasarannya. Salah satunya memasukkan seuatu ke hidung yang bisa menyebabkan infeksi. Infeksi ini jadi penyebab bau mulut. Tanda penting dari komplikasi ini yakni munculnya nanah dari hidung

Amandel

Imfeksi amandel pada anak-anak muncul karena adanya penumpukan makanan dalam lokasi tersebut. Sebagai akibatnya, muncul deh bau yang nggak enak di mulut.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Bau Mulut

Penyebab Bau Mulut © Diadona

Kalau seseorang punya bau mulut yang seolah menjadi ciri khasnya, wah, itu sih nggak bakalan bisa hilang cuman dengan menggosok gigi. Nggak lama bau mulut tersebut bakalan datang lagi.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, sebagian besar penyebab bau mulut dimulai dari mulut itu sendiri, termasuk diantaranya:

Merokok

Merokok bisa jadi penyebab bau mulut. Produk tembakau meninggalkan bau pada nafas, tapi juga mengeringkan mulut. Selain itu, perokok juga cenderung lebih mungkin terkena penyakit gusi yang jadi salah satu faktor bau mulut.

Kebersihan Gigi yang Buruk

Kalau kamu nggak menggosok gigi dengan bersih setiap hari,maka sisia makan tetap ada di mulut dan jadi penyeba bau mulut. Lapisan bakteri (plak) yang nagak berwarna dan lengket bakalan terbentuk di gigi. Kalau nggak disingkirkan, plak dapat mengiritasi gusi dan akhirnya membentuk kantong berisi plak di antara gigi dan gusi.

Lidah juga bisa menjebak bakteri yang jadi penyebab bau mulut. Trus gigi palsu uang nggak dibersikan secara teratur atau nggak pas bisa menampung bakteri penyebab bau mulut dan partikel makanan.

Infeksi di Mulut

Ada kemungkinan bahwa penyebab bau mulut adalah luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau sebagai akibat dari kerusakan gigi, penyakit gusi atau luka mulut.

Kondisi Mulut, Hidung, Tenggorokan

Nggak cuman karena apa yang ada di mulut, penyebab bau mulut juga bisa karena baru-batu kecil yang terbentuk di amandel trus tertutup oleh bakteri penyebab bau.Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus, atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan tetesan postnasal, juga dapat menyebabkan bau mulut.

Tambalan Gigi

Gigi berlubang biasanya dilakukan penanganan dnegan tambal. Kalau bentuknya nggak sesuai dengan anatomi normla, maka bakalan susah dijangkau dnegan sikat gigi. Kalau hal ini dibiarkan terus menerus maka bisa jadi penyebab bau mulut.

Penyebab Lain

Ada beberapa penyakit yang jadi penyebab bau mulut, salah satunya yakni kanker. Selain itu ada kondisi seperti kelainan metabolisme pada tubuh sehingga mulut bakalan menghasilkan bau napas yang khas dengan bahan kimia produk metabolisme tersbeut.

Contoh penyakit lain yang akan menghasilkan bau mulut salah satunya penyakit GERD.

3 dari 4 halaman

Penyebab Bau Mulut Akut

Penyebab Bau Mulut © Diadona

Bau mulut akut datang secara tiba-tiba karena penyebab bau mulut tertentu, dan biasnaya bisa hilang dengan menerapkan salah satu langkah pembersihan gigi. Penyebabnya antara lain:

Makanan

Kerusakan partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau busuk. Selain itu, makan makanan tertentu seperti bawang, bawang putih dan rempah-rempah, juga dapat menyebabkan bau mulut.

Sebuah penelitian di Universita Minnesota membuktikan kalau saat kita mengkonsumi bawang, kita bakalan memproduksi gas yang megandung belerang. Namun yang jadi penyebab bau mulut adalah hasil metabolik dari sulfur itu, yakni ally methyl sulfids yang nggak bisa diolah oleh usus. Akibatnya, gas ini bakalan kembali dan dilepas lewat mulut.

Mulut Kering

Air liur ada dalam mulut dengan tujuan untuk kesehatan gigi dan juga napas. Air liur bakalan membilas dan menghilangkan sisa makanan dalam mulut, membantu memecah makanan dan menyediakan zat pencegah gigi berlubang dan infeksi. Nah, tahu kan apa akibatnya kalau air liur ini nggak cukup? Yup, bisa jadi penyebab bau mulut.

Mulut kering disebabkan karena obat-obatan, konsumsi alkohol dan merokok. Selain itu mulut juga bsia kering saat kita tidur. Makanya kan saat bangun tidur kita sering merasa bau mulut.

4 dari 4 halaman

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Bau Mulut © Diadona

Bau mulut bikin orang jadi nggak nyaman trus insecure deh. Biar nggak berlarut-larut, Ddiadona bocorin cara mengatasinya ya

Sikat Gigi

Menyikat gigi setelah makan akan mencegah adanya sisa makanan di mulut kamu. Sisa makanan tersebut menjadi tempat bakteri berkembang biak dan penyebab bau mulut.

Membersihkan Lidah

Apakah kamu selalu membersihkan lidah saat menggosok gigi? Cobain deh karena lapisan yang ada di lidah kamu bisa menjadi inang bagi bakteri penyebab bau mulut.

Minum Air Putih

Salahs atu penyebab bau mulut yakni mulut yang kering. Maka atasi dengan minum air putih.

Menggunakan Obat Kumur
Selain menyegarkan nafas, berkumur dengan obat kumur akan memberikan perlindungan ekstra dengan menyegarkan mulut kamu. Rasa mint dapat membuat mulut kamu terasa segar. Namun yang terpenting, pastikan obat kumur mengandung bahan untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Berkumur dengan Baking Soda

Berkumur bisa menghancurkan plak dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Untuk melakukannya, kamu cuman perlu melarutkan 1/4 sendok baking soda ke dalam air hangat, aduk merata, lalu gunakan untuk berkumur.

Minum Teh Hijau

Cara menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan meminum secangkir teh hijau panas. Dalam sebuah studi yang melibatkan 15 peserta membuktikan, teh hijau punya efek yang sebanding dengan berkumur menggunakan obat antiseptik sebab punya sifat disinfektan.

Penyebab bau mulut karena makanan dan kurang minum bisa diatasi dengan sekejab. Namun kalau terjadi karena kerusakan gigi, nggak ada cara lain kecuali perawatan gigi.

Beri Komentar