Berpelukan Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh lho! Gak Usah Lagi Malu-Malu ya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 27 Mei 2020 07:27
Berpelukan Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh lho! Gak Usah Lagi Malu-Malu ya
Rindu itu berat, berpelukan aja kemudian.

Berpelukan merupakan sebuah tindakan kasih sayang yang coba ditunjukan kepada orang tercinta. Meski demikian, pasti banyak di antara kamu yang masih malu-malu untuk memeluknya, bukan? Padahal, berpelukan manfaatnya bukan main. Ya, berpelukan bisa tingkatkan sistem imun tubuh kamu dan pasanganmu!

1 dari 4 halaman

Berdasarkan sebuah Penelitian

Melansir dari Huffpost.com, pernyataan ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Carnigie Mellon University. Dalam studi tersebut, para peneliti mencoba untuk mencari tahu apakah pelukan bisa melindungi individua dari penyakit yang disebabkan oleh tekanan khusus yang datang dengan konflik antara pribadi.

Dalam penelitian tersebut, ada lebih dari 400 orang dewasa yang diminta untuk mengisi kuesioner, tentang persepsi dukungan sosial mereka dan juga partisipasi dalam wawancara telepon malam selama dua minggu. Mereka juga ditanyai dengan berapa banyak mereka terlibat dalam konflik personal, dan juga banyaknya menerima pelukan setiap harinya.

2 dari 4 halaman

Mereka kemudian mengekspos pertisipan dengan virus flu biasa. Hasilnya, berpelukan ternyata bisa menangkal stres. Sementara, stres adalah salah satu kondisi tubuh yang bisa melemahkan sistem imun tubuh. Jadi bisa disimpulkan bahwa berpelukan bisa meningatkan sistem kekebalan tubuh. Dan dengan demikian, orang yang dengan pelukan sering mempunyai gejala penyakit yang lebih ringan.

3 dari 4 halaman

 " Ini menunjukkan bahwa dipeluk oleh orang yang dipercaya dapat bertindak sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan dukungan dan bahwa meningkatkan frekuensi pelukan mungkin merupakan cara yang efektif untuk mengurangi efek buruk dari stres," kata Cohen. " Efek perlindungan nyata dari pelukan mungkin disebabkan oleh kontak fisik itu sendiri atau pelukan sebagai indikator perilaku dukungan dan keintiman ... Bagaimanapun, mereka yang menerima lebih banyak pelukan agak lebih terlindungi dari infeksi."

4 dari 4 halaman

 Nah, udah tau kan apa aja pentingnya berpelukan? Jadi kalau emang udah wajar berpelukan dengan pasangan, jangan ditahan-tahan ya! Gak usah malu-malu, apalagi yang lagi menahan rindu.

Beri Komentar