Sering Dikira Sama, Selulit dan Stretch Mark Itu Beda Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 23 Mei 2020 12:25
Sering Dikira Sama, Selulit dan Stretch Mark Itu Beda Lho!
Kira-kira yang ada ditubuh kamu selulit atau stretch mark, hayo?

Selulit dan stretch mark merupakansuatu kondisi kulit yang umum terjadi baik pada wanita ataupun pria. Kedua gangguan pada kulit ini memang membuat kesal karena penampilan jadi terlihat kurang bagus. Akibatnya, ini jadi mengurangi tingkat percaya diri deh.

Kedua masalah pada kulit ini menyebabkan tampilan bergaris dan tidak rata pada kulit. Keduanya biasa muncul dibagian perut, paha atau betis. Karena terlihat sama, ternyata masih banyak yang mengaanggap selulit dan stretch mark itu sama.

Padahal, keduanya berbeda lho. Jika diperhatikan secara lebih detail, keduanya amat berbeda. Dilansir dari liputan6.com, ini lho perbedaan selulit dan stretch mark.

1 dari 2 halaman

Selulit

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Selulit disebabkan oleh penumpukan lemak di bawah kulit. Saat sel-sel lemak menumpuk, hal ini menyebabkannya akan terdorong ke atas kulit. Sementara jaringan ikat yang panjang dan keras tertarik ke bawah. Ini akhirnya menciptakan permukaan atau lesung yang tidak rata pada kulit.

Nggak hanya itu, faktor hormonal memiliki peran besar dalam adanya selulit. Genetika menentukan struktur kulit, tekstur kulit, dan tipe tubuh. Selulit umumnya terjadi pada wanita di bandingkan pria.

Selulit ini juga dapat dialami oleh seseorang meski ia memiliki tubuh yang ramping lho. Biasanya selulitsering kali muncul diarea pinggang, pantat, paha belakang dan payudara.

2 dari 2 halaman

Stretch Mark

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Stretch mark adalah hasil dari peregangan kulit secara tiba-tiba dan drastis sehingga mengakibatkan elastisitas kulit jadi rendah. Terlihat berupa garis-garis berwana putih pada kulit.

Awalnya stretch akab muncul seperti garis-garis kemerahan. Jika tidak segera diatasi maka lama kelamaan akan berubah jadi berwarna putih atau silver.

Jadi secara umum selulit disebabkan karena adanya penumpukan lemak di jaringan bwah kulit. Meski sebagian besar kasus disebabkan karena faktor genetik, namun mereka yang bertubuh ramping juga dapat mengalami ini.

Sedangkan stretch mark dialami oleh mereka yang mengalami kenaikan berat badan drastis yang mengakibatkan adanya peregangan kulit secara tiba-tiba. Nah, jadi gimana nih, sekarang udah tercerahkan belum? 

Share seputar kedua masalah kulit ini dikolom komentar yuk!

Beri Komentar