Benarkah Rutin Bercinta Mampu Menunda Menopause?

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Rabu, 22 Januari 2020 21:08
Benarkah Rutin Bercinta Mampu Menunda Menopause?
Faktanya, wanita yang berhubungan intim minimal seminggu sekali dapat memperlambat datangnya menopause sebanyak 28%.

Menopause merupakan keadaan dimana wanita tidak lagi mengalami siklus haid secara berkala. Hal ini disebabkan oleh faktor usia dan juga hormon pada wanita. Kegiatan bercinta ternyata bisa mencegah terjadinya menopause yang terjadi pada wanita loh, bagimana bisa?

Dilansir dari CNA, penelitian terbaru yang dipublikasikan jurnal Royal Society Open Science menatakan bahwa wanita yang melakukan hubungan itnim sekurang-kurangnya seminggu sekali memiliki kemungkinan menopause lebih lama 28% dari pada wanita yang jarang berhubungan intim.

1 dari 1 halaman

" Ketika wanita jarang bercinta pada usia paruh baya, maka tubuh tak bakal mendapatkan petunjuk fisik kehamilan" ujar Megan Arnot dan Ruth Mace, peneliti dari University College London.

Penelitian dilakukan pada 3000 wanita di Amerika Serikat dan sudah dilakukan dari tahun 1996 sampai sekarang. Sebelumnya penelitian ini menyatakan bahwa wanita yang menikah mengalami menopause lebih lambat dibanding wanita yang bercerai atau tidak menikah disebabkan oleh hormon feromon pada pria.

Namun, setelah melakukan penelitian kembali, ternyata menoupause yang tertunda ini disebabkan oleh frekuensi bercinta pada usia paruh baya. Hubungan antara frekuensi bercinta dan mundurnya menopause tampak sangat jelas, sehingga tidak ada hubungannya dengan hormon feromon pria.

Beri Komentar