Batuk Keluar Darah, Bahaya Nggak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 10 Oktober 2020 08:27
Batuk Keluar Darah, Bahaya Nggak Sih?
Parno gitu kalau sampai keluar darah~

Batuk-batuk biasa mungkin terdengar sepele. Dalam beberapa hari paling juga bakal sembuh dengan sendirinya. Namun kalau sudah sampai berdahak, ya nyeselin juga. Bisa jadi juga menjadi pertanda penyakit serius.

Yang lebih parah parah, ada orang yang batuknya sampai mengeluarkan darah. Hmm, seram nggak sih ada darah? Tapi bahaya gak ya kira-kira kalau batak sampai ngeluarin darah gitu?

 

1 dari 4 halaman

Penyebab Batuk Berdarah

Dr. Sung melalui channel Youtube SB30 Health menjelaskan hal ini. Penyebab batuk bisa sampai mengeluarkan darah itu tentu ada setidaknya salah satu jaringan atau organ dalam saluran pernapasan yang terluka, sehingga bisa menyebabkan keluarnya darah ketika batuk.

Dr. Sung © Diadona

" Tentu saja ada jaringan atau organ di dalam saluran pernapasan Anda yang terluka, sehingga menyehatkan darah keluar saat batuk."

 

2 dari 4 halaman

Penyebab yang paling umum, berdasarkan penjelasan dr. Sung, adalah bronkitis. Tapi bisa juga karena penyakit lain seperti bronchiectasis, edema paru-paru, kanker, tuberculosis, dan yang terakhir adalah luka.

" Penyebab paling umum adalah brongkitis. Kemudian ada penyakit-penyakit lain seperti bronchiectasis, edema paru-paru, lalu kanker paru-paru, tuberculosis., kemudian edem paru, lalu kanker, ada tuberculosis, dan yang terakhir adalah luka. Misalnya kena senjata, ataupun kecelakaan."

3 dari 4 halaman

Bahaya Nggak?

Menurut dr. Sung, batuk berdarah akan berhaya jika dalam kondisi: Berbahaya karena tidak segera ditangani, sehingga bisa meninggal. Ada yang menyepelekan, dibiarkan terus-terusan.

Dr. Sung © Diadona

" Ada yang berbahaya karena tidak segera ditangani dan bisa meninggal. Atau berbahaya jika dibiarkan terus-menerus."

 

4 dari 4 halaman

Hmm kesimpulannya, anggap saja batuk berdarah itu berdarah. Sehingga, kalau punya batuk berdarah, kamu mempunyai sebuah pikiran untuk pergi periksa ke dokter. Sehingga tak dibiarkan hingga berlarut-larut. Daripada terlambat?

 

Beri Komentar