Habis Begadang Jangan Langsung Minum Kopi Sebelum Sarapan, Bahaya lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 8 Oktober 2020 16:27
Habis Begadang Jangan Langsung Minum Kopi Sebelum Sarapan, Bahaya lho!
Tapi kan...

Kopi memang sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Dengan minum kopi, melakukan pekerjaan menjadi lebih fokus dan terasa bersemangat. Tapi bisa juga orang-orang ketika baru bangun tidur, langsung minum kopi, dengan alasan dapat memulai hari dengan lebih bersemangat. Padahal, sarapan aja belum tuh.

Tapi, tahu nggak, melansir dari Sciencedaily.com, minum kopi sebelum sarapan itu bahaya lho!

 

1 dari 4 halaman

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Center for Nutrition, Exercice & Metabolism di University of Bath (Inggris). Mereka meneliti 29 pria dan wanita sehat untuk melakukan eksperimen.

Ilustrasi Wanita Minum Kopi

Para peneliti melakukan ekperimen tersebut untuk mengetahui hubungan tidur di malam hari serta konsumsi kopi dengan metaboisme dan gula darah.

 

2 dari 4 halaman

Jadi pertama, para partisipan tidur malam dengan normal dan diminta untuk minuman manis ketika bangun di pagi hari. Di kesempatan lain, para partisipan tidur malamnya terganggu, lalu setelah bangun tidur diberi minuman manis yang sama. Ketika, para partisiman terjaga sepanjang malam, dan langsung diberi kopi hitam saat 30 menit sebelum minum manis.

Dalam setiap tes tersebut, sampal darah para peserta diambil. Salah satu hasilnya ternyata adalah minum kopi hitam di saat sebelum sarapan bisa tingkatkan respons glukosa darah hingga 50%.

 

3 dari 4 halaman

Memang setelah begadang alias nggak tidur seleman bis diatasi dengan minum kopi hitam. Tapi kalau hal ini dilakukan sebelum sarap, bisa berdampak buruk untuk metabolisme tubuh dan kontrol gula darah. Sedangkan yang paling parah, jika gula darah naik, bisa menyebabkan meningkatkan serangan jantung.

Ilustrasi Wanita Minum Kopi

" Hasil ini menunjukkan bahwa satu malam tidur yang terganggu terhadap minuman manis dibandingkan dengan tidur malam normal yang akan meyakinkan bagi banyak dari kita. Namun memulai hari setelah tidur malam yang buruk dengan kopi hitam punya efek negatif pada metabolisme glukosa sekitar 50%," ucap peneliti utama, Harry Smith dair Departemen Kesehatan di Bath.

 

Beri Komentar