Gejala dan Penyebab Kanker Tenggorokan yang Renggut Eddie Van Halen, Bisakah Disembuhkan?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 7 Oktober 2020 11:18
Gejala dan Penyebab Kanker Tenggorokan yang Renggut Eddie Van Halen, Bisakah Disembuhkan?
Jadi penyebab meninggalnya Eddie Van Halen, begini fakta seputar kanker tenggorokan.

Dunia musik rock kini tengah berduka atas kepergian salah satu gitaris yang legendaris yaitu Eddie Van Halen. Dikabarkan meninggal pada Selasa (6/10/2020), Eddie diketahui meninggal karena mengidap kanker tenggorokan selama 10 tahun.

Dari banyaknya jenis kanker yang dapat menyerang tubuh, kanker tenggorokan adalah salah satu kanker yang jarang terjadi. Meski begitu, dampak yang ditimbulkan tak kalah berbahayanya dengan jenis kanker lainnya.

1 dari 3 halaman

Gejala Awal Kanker Tenggorokan

Berjuang Lawan Kanker, Gitaris Legendaris Keturunan Indonesia Eddie Van Halen Meninggal DuniaBerjuang Lawan Kanker, Gitaris Legendaris Keturunan Indonesia Eddie Van Halen Meninggal Dunia © © MEN

Setiap orang dapat mengalami gejala yang berbeda, karena ini bergantung pada bagian tenggorokan mana yang menjadi awal tumbuhnya sel kanker. Terdapat dua jenis kanker tenggorokan, yaitu yang menyerang bagian pita suara dan laring.

Beberapa gejala awal yang dapat terjadi adalah dengan adanya benjolan di leher, tenggorokan terasa sakit, perubahan suara dan kesulitan menelan.

2 dari 3 halaman

Penyebab Kanker Tenggorokan

 

Kanker tenggorokan ini umumnya terjadi karena adanya mutasi gen di sel tenggorokan yang menjadi abnormal. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan sel jadi tak terkendali.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab mutasi gen di sel tenggorokan. Kanker tenggorokan bisa juga terjadi akibat asam lambung atau GERD yang diderita.

Ilustrasi Sakit TenggorokanIlustrasi Sakit Tenggorokan © shutterstock.com

3 dari 3 halaman

Kanker Tenggorokan Bisa Disembuhkan?

 

Menurut National Cancer Insititue (NCI), angka harapan hidup pasien kanker faring stadium 1 selama lima tahun adalah 84,4%. Sementara angka harapan hidup pasien kanker laring stadium 1 selama lima tahun adalah 77,4 persen.

Namun kepastian berapa lama seseorang dapat bertahan tentu bergantung kembali dengan keadaan masing-masing orang.

Sebenarnya, semakin awal kanker didiagnosis maka semakin tinggi pula peluang pasien untuk dapat bertahan hidup meski dalam perawatan. Pada kanker tenggorokan stadium 1, sangat mungkin untuk sembuh total dari penyakit ini.

Nah karena itu lah penting untuk melakukan pemeriksaan sejak dini. Selain itu jangan lupa untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat ya. Stay healthy!

Beri Komentar