Banyak Obat Sirup yang Mengandung Bahan Berbahaya, Ini Cara Ajarkan Anak Minum Obat Tablet

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 27 Oktober 2022 20:03
Banyak Obat Sirup yang Mengandung Bahan Berbahaya, Ini Cara Ajarkan Anak Minum Obat Tablet
Nggak usah dipaksa ya, pelan-pelan aja.

Obat sirup termasuk sirup paracetamol saat ini tidak disarankan untuk diberikan pada anak. Alternatifnya tablet atau puyer. Tapi bagaimana cara mengajarkan anak minum obat tablet?

Obat dalam bentuk sirup sejatinya mempermudah anak mengonsumsi obat. Apalagi rasa sirup umumnya tidak pahit, berbeda dengan obat tablet atau kapsul. Namun karena sirup terutama sirup Paracetamol tidak dianjurkan, orang tua memerlukan sejumlah strategi agar anak mau minum obat. Berikut trik berikan obat pada anak saat obat yang tersedia tidak dalam bentuk sirup.

1 dari 6 halaman

Berikan obat dengan rasa yang digemari anak

anak minum obat © Diadona

Bila memungkinkan, Bunda dan Ayah bisa meminta kepada dokter untuk memberikan obat dengan rasa buah yang disukai Si Kecil, seperti anggur atau stroberi. Rasa obat yang enak akan membuat Si Kecil tidak takut minum obat, bahkan jadi tidak sabar untuk menunggu waktu minum obat.

2 dari 6 halaman

Biarkan anak memilih

Ilustrasi Anak Minum Obat © Diadona

Coba berikan kebebasan kepada Si Kecil untuk menentukan obat mana yang akan diminumnya terlebih dahulu atau biarkan ia memilih di mana ia ingin meminum obat tersebut. Dengan cara ini, anak akan belajar untuk mengatur sendiri cara terbaik mengonsumsi obat agar lekas pulih.

3 dari 6 halaman

Campur obat dengan makanan favorit

Ilustrasi Anak Minum Obat © Diadona

Mencampur obat dengan makanan mungkin dapat dilakukan untuk membujuk anak minum obat. Namun, sebelum mencampurkan obat ke dalam makanan favorit Si Kecil, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, agar efektivitas obat yang diberikan tidak hilang meski telah dicampur dengan makanan.

Saat mencampurkan obat dengan makanan favorit Si Kecil, berikan makanan tersebut dalam porsi yang kecil, agar ia habis melahapnya. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan Si Kecil makanan kesukaannya, baik sebelum atau sesudah minum obat, agar rasa obat yang pahit tidak terlalu terasa.

4 dari 6 halaman

Berikan hadiah

Hadiah yang dimaksud di sini tidak selalu berbentuk barang mahal, ya. Hadiah untuk Si Kecil bisa berupa kelonggaran waktu untuk menonton televisi atau bermain. Setelah Si Kecil minum obat, jangan lupa untuk memujinya dengan mengatakan bahwa ia anak yang berani karena sudah mau minum obat.

5 dari 6 halaman

Memberikan obat kepada anak dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Namun, dengan menerapkan tips di atas, diharapkan pemberian obat pada anak menjadi lebih mudah, sehingga anak dapat segera sembuh dari sakitnya. Bila cara di atas sudah dilakukan tapi Si Kecil tetap menolak minum obat, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan solusi terbaik.

Beri Komentar