Unilever Tarik Produk Dry Shampoo Dove hingga TRESemme karena Ada Zat yang Bisa Memicu Kanker

Reporter : Mila
Rabu, 26 Oktober 2022 08:34
Unilever Tarik Produk Dry Shampoo Dove hingga TRESemme karena Ada Zat yang Bisa Memicu Kanker
BPOM Ri langsung buka suara.

Unilever telah menarik beberapa sampo kering (dry shampoo) aerosol Dove, Nexxus, Suave, TIGI, dan TRESemmé di Amerika Serikat (AS). Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyebutkan beberapa produk yang ditarik seperti Dove Dry Shampoo Volume and Fullness, Dove Dry Shampoo Kelapa Segar, Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist, dan Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive.

Penarikan ini dilakukan lantaran produk-produk tersebut mengandung paparan benzena yang bisa memicu kanker.

"Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit dan dapat mengakibatkan kanker termasuk leukemia dan kanker darah sumsum tulang dan gangguan darah yang dapat mengancam jiwa," tulis FDA melansir laman resminya.

1 dari 5 halaman

Apa Itu Benzena?

Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC AS), benzena adalah bahan kimia yang tidak memiliki warna atau cairan kuning muda saat berada di dalam suhu ruang. Bahan kimia ini punya bau yang manis tapi sangat mudah terbakar.

Saat terpapar langsung dengan udara, benzena akan mudah menguap. Uap tersebut bisa larut dalam air dan mengapung di atas air. Uap ini yang bisa menyebabkan sejumlah gangguan pada kesehatan ketika terpapar secara berulang dalam jumlah yang cukup banyak.

2 dari 5 halaman

Dampak Paparan Benzena

Seseorang yang terpapar bahan Benzena dalam jumlah banyak bisa mengalami sejumlah gangguan kesehatan tubuh. Bahkan senyawa ini bisa menyebabkan sumsum tulang tidak bisa memproduksi jumlah sel darah merah sesuai dengan kebutuhan. Hal ini membuat seseorang rentan mengalami anemia.

Selain itu, paparan senyawa Benzena juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Ia akan bekerja dengan mengubah antibodi dalam darah yang menyebabkan hilangnya sel darah putih.

Seseorang yang menghirupnya dalam waktu yang cukup lama bisa mengalami beberapa gejala, seperti:

  • Pusing
  • Gangguan detak jantung
  • Sakit kepala
  • Mengantuk
  • Tremor
  • Kebingungan
  • Penurunan kesadaran
  • Kematian

3 dari 5 halaman

Makanan dan minuman juga bisa terkontaminasi dengan uap benzena. Kondisi ini memicu beberapa gejala yang berbeda, seperti:

  • Nyeri perut
  • Iritasi perut
  • Muntah
  • Kejang

4 dari 5 halaman

Tanggapan BPOM RI

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Bada Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Reri Indriani buka suara terkait kabar Unilever menarik sejumlah produk sampo kering aerosol merek Dove hingga TRESemme.

Menurutnya produk-produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pengawasan intensif terkait kosmetik termasuk personal care.

" Kami sudah melakukan penelusuran ya, produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia," kata Reri dalam konferensi pers Indonesia Cosmetic Ingredients, JIexpo Kemayoran, Selasa (25/10/2022).

" Namun tentu kami terus melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar dan melakukan audit secara komprehensif," sambungnya.

Beri Komentar