Apa yang Dapat Mempengaruhi Mimpimu Saat Tidur?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 20 Januari 2020 16:00
Apa yang Dapat Mempengaruhi Mimpimu Saat Tidur?
Mimpi yang kamu alami ternyata merupakan hasil dari beberapa hal yang terjadi pada aktifitas sehari-harimu lho.

Mimpi merupakan sesuatu yang kita alami pada saat tidur. Bermimpi terjadi dalam alam bawah sadar kita, dan hal inilah yang membuat kita mudah melupakan mimpi saat telah terbangun.

Namun apa hal-hal yang menyebabkanmu bermimpi?

Terdapat beberapa hal yang terjadi saat kita sadar dan hal tersebut mempengaruhi mimpi. Dilansir dari healthline (22/08), berikut penjelasannya.

Kondisi kesehatan

Ilustrasi Wanita


Salah satu pengaruh terbesar pada mimpi adalah seberapa waktu tidurmu.
Kurang tidur selama satu atau dua malam (atau lebih) dapat membuat bagian otak jauh lebih aktif ketika tubuh akhirnya tidur nyenyak. Kamu cenderung memiliki mimpi yang lebih jelas jika kamu merasa gelisah pada malam sebelum tidur. Selain itu kamu cenderung mengingat mimpi-mimpi itu juga.

Gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, hingga gangguan bipolar dan kondisi terkait suasana hati lainnya, dapat memicu mimpi buruk atau mimpi buruk yang intens yang terkadang mengganggu.

1 dari 1 halaman

Makanan

Ilustrasi Makanan dengan Omega 3 © Diadona


Tidak ada bukti yang tak terbantahkan bahwa makanan tertentu mengarah pada mimpi yang lebih liar atau lebih baik. Tetapi jelas bahwa beberapa makanan dapat mengatur untuk membuatmu mengingat mimpi dengan lebih baik.

Makanan tinggi karbohidrat, misalnya, dapat memberi energi cepat. Tetapi setelah beberapa saat, mereka dapat membuatmu merasa sedih. Apa pun yang memengaruhi suasana hati juga akan memengaruhi suasana hati secara tidak sadar. Jadi, jika kamu mengkonsumsi banyak gula di siang hari, perasaan itu bisa terbawa ke dalam tidur.

Kegiatan sehari-hari

ilustrasi wanita bersepeda © Diadona


Sama seperti tidur yang sedikit atau terganggu sering menghasilkan mimpi yang lebih jelas, tidur nyenyak akan mengurangi mimpi yang kamu ingat.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa satu cara yang baik untuk tidur lebih nyenyak adalah dengan berolahraga di pagi hari. Lari yang baik atau latihan kardio lainnya sebelum siang membantu mengatur jam sehingga kamu dapat cenderung tertidur lebih cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur nyenyak.

Pelari dan penggemar kebugaran cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu dalam tidur REM mimpi, yang merupakan salah satu tahap paling ringan dari tidur. Selain itu, semakin efektif kamu mengurangi stres di siang hari, semakin kecil kemungkinannya untuk membawa rasa stres dan kecemasan ke dalam tidur. Hal ini akan membantu mengurangi mimpi buruk dan tidur terganggu ketika malam.

Beri Komentar