Amankah Menggunakan Obat Pencahar untuk Menurunkan Berat Badan?

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 12 Januari 2022 07:57
Amankah Menggunakan Obat Pencahar untuk Menurunkan Berat Badan?
Jangan sembarangan ya.

Punya berat badan dan tubuh ideal adalah idaman setiap orang. Selain meningkatkan rasa percaya diri, tubuh yang ideal juga mencegah berbagai penyakit. Tidak heran, banyak yang berlomba-lomba untuk menurunkan berat badan agar ideal. Beragam cara pun rela dilakoni, salah satunya dengan mengonsumsi obat pencahar.

Tidak dimungkiri, obat pencahar memang sering dijadikan alternatif untuk 'menguras' saluran pencernaan agar lemak bisa ikut keluar bersama dengan kotoran. Tindakan ini tergolong sering dilakukan, khususnya oleh orang-orang yang mau menurunkan berat badan secara instan.

1 dari 4 halaman

Mengenal Obat Pencahar

Ilustrasi Obat PencaharIlustrasi Obat Pencahar © Shutterstock

Obat pencahar biasanya digunakan untuk membantu menstimulasi pergerakan usus dan melancarkan buang air besar (BAB). Obat ini mudah didapatkan karena bisa dibeli secara bebas di pasaran.

Ternyata, ada beberapa jenis obat pencahar. Masing-masing bekerja dengan mekanisme yang berbeda.

  • Obat pencahar stimulan: bekerja dengan cara mempercepat pergerakan usus
  • Obat pencahar osmotik: bekerja dengan membuat usus besar menahan lebih banyak air
  • Obat pencahar laksatif: dapat menyerap air dengan sendirinya sehingga membentuk massa di dalam usus besar yang dapatbisa mempercepat pergerakan usus. Obat pencahar jenis ini ada yang mengandung garam dan bersifat menarik air, ada yang bersifat lubrikan sehingga mampu melapisi permukaan feses dan usus agar pergerakan lebih lancar, ada pula yang bersifat melunakkan feses sehingga lebih mudah melewati usus besar.

2 dari 4 halaman

Apakah Bisa untuk Menurunkan Berat Badan?

Menggunakan Obat Pencahar untuk Menurunkan Berat BadanMenggunakan Obat Pencahar untuk Menurunkan Berat Badan © Shutterstock

Obat pencahar memang membantu menurunkan berat badan. Tapi, yang sebenarnya keluar dari tubuh hanyalah air dan feses, bukan lemak. Selain itu, efeknya pun hanya sementara. Kalau kamu makan dan minum lagi, maka otomatis berat tubuh akan bertambah seperti sedia kala.

Di sisi lain, tidak ada studi yang mendukung efektivitas penggunaan obat pencahar untuk menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Efek Berbahaya Jangka Panjang

Menggunakan Obat Pencahar untuk Menurunkan Berat BadanMenggunakan Obat Pencahar untuk Menurunkan Berat Badan © Shutterstock

Penggunaan obat sembelit untuk mengurangi berat badan punya efek samping negatif untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Kerusakan sistem pencernaan. Fungsi pencernaan dan pankreas bisa terganggu jika obat pencahar terus dikonsumsi ketika sedang tidak sembelit.

  • Kerusakan hati dan ginjal. Sama seperti obat lainnya, kalau tidak digunakan cengan tepat, kemungkinan fungsi hati dan ginjal akan jadi menurun. Lama-lama hati dan ginjal akan rusak dan akan lebih sulit diobati.

  • Rhabdomyolysis. Obat pencahar bisa menginduksi rhabdomyolysis, sehingga menyebabkan kerusakan jaringan otot dan pelepasan protein berbahaya ke dalam aliran darah.
 

Beri Komentar