Gak Boleh Malas, Sederet Efek Buruk Ini Bisa Terjadi Kalau Kamu Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 10 Januari 2022 18:03
Gak Boleh Malas, Sederet Efek Buruk Ini Bisa Terjadi Kalau Kamu Hanya Sikat Gigi Sekali Sehari!
Yuk, selalu jaga kondisi kesehatan mulut dan gigi kita!

Kebersihan gigi dan mulut merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan setiap hari. Hal ini penting dilakukan secara rutin setiap hari untuk mencegah munculnya masalah kesehatan. Kebersihan mulut ini bisa diperoleh dengan cara menyikat gigi, flossing, serta berkumur. Tujuan dari berbagai hal tersebut adalah mencegah muncul dan berkembangnya bakteri di dalam mulut.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi bau mulutIlustrasi bau mulut © azdentist.com

" Bakteri bisa muncul dari sisa makanan di gigi atau di antaranya, dan bisa berkembang dengan sangat cepat," terang Lee Gause, DDS, dari Smile Design Manhattan, New York, NY, dilansir dari The Healthy.

" Jika kamu hanya menggosok gigi sehari sekali, penumpukkan plak dan bakteri bisa terjadi di mulut dan berujung bau mulut, gigi rusak, serta penyakit gusi," sambungnya.

Masalah berupa bau mulut merupakan hal paling ringan yang bisa terjadi. Namun ketika kamu tidak menyikat gigi sehari dua kali masalah yang timbul bisa parah.

2 dari 5 halaman

Ketika kamu tidak menyikat gigi, jutaan bakteri bakal masuk dan berkembang di gigi dan gusi. Hal ini terutama ketika kamu baru saja mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula.

Penumpukkan bakteri di mulut akibat gula ini bisa menyebabkan munculnya plak. Bakteri pada plak menimbulkan asam yang menyerang email gigi hingga rusak dan bisa menyebabkan lubang di gigi.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Sikat GigiIlustrasi Sikat Gigi © 2019 https://www.diadona.id/@freepik

Untuk menghilangkan semua bakteri di mulut ini, menyikat gigi saja sebenarnya tidak cukup.

" Menyikat gigi saja bisa melewatkan 75 persen bagian mulut sehingga menyebabkan banyak kuman tersisa," terang Gause.

" Saya menyarandak menyikat, flossing, serta berkumur menggunakan antiseptic sehari dua kali," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Gigi BerlubangIlustrasi Gigi Berlubang © shutterstock.com/aslysun

Flossing membantu menghilangkan partikel makanan di gigi. Sedangkan berkumur bisa menghilangkannya di area yang tak terjangkau. Selain gigi berlubang, menyikat gigi sekali sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan gusi. Hal ini menyebabkan gusi menjadi bengkak dan berwarna merah serta tak jarang membuatnya jadi berdarah.

Masalah ini bisa berujung lebih parah jika kamu mengabaikannya. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada gusi sehingga bisa berdampak pada jaringan dan tulang di sekitar mulut. Lebih lanjut, hal ini juga bisa membuat gigi menjadi tanggal.

Beri Komentar