9 Manfaat Kelor, Daun Kelor Bagus untuk Kesehatan Organ Dalam

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 21 Mei 2021 17:06
9 Manfaat Kelor, Daun Kelor Bagus untuk Kesehatan Organ Dalam
Kelor ternyata punya nutrisi yang lebih banyak dari wortel

Manfaat kelor memiliki khasiat yang telah digunakan selama berabad-abad karena khasiat obat dan manfaat kesehatannya. Kelor juga memiliki sifat antijamur, antivirus dan anti depresi serta anti inflamasi yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam kelor sangat banyak, bahkan lebih banyak daripada wortel, jeruk, bahkan susu dalam hal nilai gizinya. 

Daun kelor bisa dimasak dan dicampurkan ke dalam makanan dengan berbagai cara serta daun kelor bisa dikonsumsi dengan dicampur dengan menambahkan jus ke dalamnya. Untuk lebih lanjut lagi, kamu bisa baca terus artikel ini tentang manfaat kelor untuk kesehatan.

1 dari 2 halaman

Manfaat Daun Kelor

Manfaat Kelor © Diadona

Kaya Vitamin dan Mineral

Manfaat kelor, daunnya ini kaya akan vitamin A, C, B1, B2, B3, B6 dan folat. Selain itu daun kelor juga kaya dengan magnesium, zat besi, kalsium, fosfor dan seng. Satu cangkir daun kelor sendiri mengandung 2 gram protein, magnesium (8%), vitamin B6 (19%), zat besi (11%), riboflavin (11%) dan vitamin A (9%).

Mengobati Edema

Memiliki sifat anti-inflamasi, manfaat kelor daunnya dapat mencegah berkembanganya edema. Edema sendiri adalah kondisi di mana cairan menumpuk di jaringan tertentu di tubuh. Sehingga anti inflamasi dari kelor ini dapat mencegahnya.

Mengobati Rasa Sakit pada Perut

Manfaat kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan lambung seperti misalnya sembelit, gastritis dan kolitis ulserativa. Daun kelor juga mengandung sifat antibiotik dan antibakteri yang dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen dan kandungan vitamin B nya yang tinggi dalam membantu pencernaan. 

Kaya akan Asam Amino

Manfaat kelor, daunnya kaya akan asam amino sebagai bahan penyusun protein. 18 jenis asam amino ditemukan di dalam nya dan masing-masing mampu memberikan kontribusi penting bagi kesehatan kita.

Kaya Antioksidan

Manfaat kelor, daunnya memiliki sifat antioksidan dan melindungi dari efek merusak akibat radikal bebas yang ada di lingkungan. Selain itu daun kelor juga kaya akan vitamin C dan beta karoten yang bekerja melawan radikal bebas. 

Daun kelor juga memiliki Quercetin yang merupakan antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah. Antioksidan lain yang ada dalam daun kelor adalah asam klorogenat yang membantu menstabilkan kadar gula darah pasca makan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Kelor © Diadona

Melindungi dan Menutrisi Kulit Rambut

Manfaat daun kelor ini bisa membantu untuk melindungi rambut dari radikal bebas serta menjaganya tetap bersih dan sehat. Daun kelor juga mengandung protein yang memiliki manfaat dalam melindungi sel kulit dari kerusakan. Mengandung elemen pelembab dan detoksifikasi yang juga dapat meningkatkan kulit dan rambut.

Melindungi Hati

Hati berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Hati berfungsi untuk menyaring darah, mendetoksifikasi bahan kimia dan metabolisme lemak. Nah, peran kelor disini membantunya bekerja lebih baik. Manfaat kelor daunnya bagi kesehatan ini membalikkan oksidasi hati karena kandungan polifenol yang berkonsentrasi tinggi. Kelor sendiri juga melindungi dari kerusakan hati.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah tinggi yang berkelanjutan menyebabkan perkembangan diabetes pada individu. Diabetes dapat menyebabkan masalah jantung dan kerusakan organ di dalam tubuh. Untuk menghindarinya, ada baiknya menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Manfaat kelor dari segi daunnya merupakan sumber yang sempurna karena daun kelor menstabilkan kadar gula darah karena adanya isothiocyanate.

Membuat Tulang Lebih Sehat

Siapa sangka ternyata daun kelor juga mengandung kalsium dan fosfor? Manfaat kelor yang memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi berfungsi untuk membantu dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Selain itu, kandungan anti inflamasi dan ekstrak kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti rada sending dan juga menyembuhkan tulang yang rusak.

Manfaat kelor untuk kesehatan ini memang benar-benar khasiatnya sangat bagus untuk tubuh. Tidak hanya menjaga kesehatan di organ dalam, tapi juga menjaga kesehatan pada organ luar. 

Beri Komentar