10 Manfaat Selada Air untuk Ibu Hamil, Ternyata Bagus untuk Diet!

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 28 April 2021 16:35
10 Manfaat Selada Air untuk Ibu Hamil, Ternyata Bagus untuk Diet!
Selada air memiliki kalori yang rendah tapi tinggi kadar Vitamin C

Manfaat Selada air yang berwarna hijau tua ini dikatakan sebagai sumber mineral yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi selada air, menurut pakar kesehatan, manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi selada air sangat banyak sekali. 

Selada air mengandung fitonutrien untuk menyimpang semua manfaat selada air ini. Selada air ini juga mengandung vitamin A, B6, B12, zat besi, magnesium, kalsium dan fosfor. Selada air ini juga rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan diet untuk mendapatkan berat badannya yang ideal. 

Manfaat selada air masih banyak, lho. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat dari selada air, kamu bisa simak baik-baik ya artikel ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Selada Air

Manfaat Selada Air © Diadona

Meningkatkan Kardiovaskular

Manfaat selada air terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. The Journal of Ethnopharmacology telah menerbitkan sebuah artikel, yang menyatakan bahwa selada air memiliki potensi yang pasti untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Disarankan bahwa sayuran hijau ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa selada air membantu mengatur tekanan darah karena kaya akan sumber nitrat.

Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat selada air menurut penelitian kaya akan kandungan kalsium yang berfungsi untuk mengurangi osteoporosis. Kalsium memperbaiki dan membangun tulang dengan meningkatkan produksi osteoblas, sel yang bertanggung jawab atas aktivitas yang bermanfaat ini. Selada air juga merupakan sumber folat yang baik untuk menjaga kepadatan tulang. Wanita pasca menopause juga dapat memperoleh manfaat dari folat dalam makanan mereka sebagai pencegahan terhadap osteoporosis.

Mencegah Terjadinya Stroke

Selada air memiliki banyak karotenoid yang bagus untuk mencegah terjadinya kondisi kronis seperti stroke karena memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Sehingga, memasukkan selada air ke dalam asupan makananmu akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan kamu. 

Meningkatkan Kesehatan Otak

Sayuran seperti selada air ini kaya akan isothiocyanate. Menurut penelitian pada tahun 2018, selada air yang kaya akan isothiocyanate ini mampu membantu mencegah gangguan otak dan membantu menunda penuaan otak.

Meningkatkan Imunitas

Manfaat selada air sudah diketahui memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C ini membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh sehingga mampu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan makanan kaya vitamin C seperti selada air juga bermanfaat mengurangi risiko kerusakan sel darah dan masuk angin.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Selada

Manfaat Selada Air © Diadona

Meningkatkan Kesehatan Mata

Dalam sebuah studi tahun 2016, vitamin C sangat efektif untuk mengurangi risiko perkembangan katarak. Manfaat selada air ini yang kaya akan vitamin C ini sangat baik untuk dikonsumsi agar dapat melindungi mata dari katarak.

Mendukung Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku

Fitonutrien yang ditemukan dalam selada air juga mampu memberikan manfaat besar bagi kesehatan rambut, kulit dan kuku. Hal itu dikarenakan manfaat selada air sarat dengan nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Kandungan-kandungan tersebut penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku serta dapat meningkatkan hidrasi yang tepat.

Mencegah Terjadinya Pilek

Manfaat daun selada air yang kaya akan vitamin C ini sangat efektif untuk mengobati flu dan pilek. Sebuah studi mengatakan vitamin C dapat mengurangi risiko masuk angin hingga 66%. Perlu diketahui juga kalau selada air merupakan sumber vitamin C.

3 dari 3 halaman

Manfaat Selada Air untuk Ibu Hamil dan Diet

Manfaat Selada Air © Diadona

Untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Manfaat selada air ini banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang bagus untuk calon ibu dan bayi yang sedang dalam proses berkembang. Folat dalam selada air membantu mencegah cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida pada bayi dan bertindak sebagai antidepresan untuk ibu hamil. Selain itu, selada air juga merupakan sumber kalsium dan Vitamin C yang baik, yang masing-masing dikenal dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan tulang. Dokter merekomendasikan selada air sebagai sumber kalsium yang baik selama kehamilan.

Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu kalau selada air ini cocok banget untuk diet? Benar sekali. Selada air ini hanya mengandung 4 kalori saja. Dan memiliki 0.4 gram karbohidrat, 0.8 protein, 0.2 serat, dan berbagai macam vitamin yang bagus untuk menunjang proses dietmu. Dengan mengonsumsi selada air kamu akan mendapati bahwa tubuh kamu merasa kenyang tanpa harus menambah timbunan lemak.

Manfaat selada air kaya akan khasiat dan nutirisi untuk ibu hamil dan untuk orang yang sedang melakukan diet juga. 

Beri Komentar