9 Manfaat Daun Tin dan Buah untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 6 April 2021 16:33
9 Manfaat Daun Tin dan Buah untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
Daun Tin dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh, sering kali dijuluki sebagai tanaman surga, lho.

Manfaat daun tin yang beragam membuatnya dijuluki sebagai tanaman surga. Tanaman ini sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, misalnya nih sebagai obat metabolik, kardiovaskular, pernapasan dan juga anti-inflamasi. Peran ini didapat dari kandungan kimia serta aktivitas biologisnya.

Daun Tin sendiri berasal dari pohon Ara ini berasal dari timur tengah. Konon, Mesir adalah negara pertama yang membudidayakan tanaman ini. Namun saat ini, pohon tin telah menyebar ke seluruh penjuru dunia dan masuk dalam salah satu tanaman penting di dunia. Apa saja, sih manfaat dari daun tin ini?

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh Daun Tin

Manfaat Daun TinManfaat Daun Tin © 2021 Daun Tin on Goodsmind.id

Manfaat daun tin sebagai teh bisa digunakan sebagai pencegah atau obat dari berbagai penyakit yang ada dalam tubuh. 

Direkomendasikan untuk Penderita Batu Ginjal

Manfaat daun tin yang bisa dikonsumsi sebagai teh memiliki kandungan saponin dan alkaloid. Kandungan ini bermanfaat untuk mengatasi permasalahan ginjal dan mampu menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. 

Imunitas Tubuh Meningkat

Dengan mengkonsumsi daun tin sebagai teh, manfaat daun tin yang diberikan pada tubuh dapat meningkatkan imunitas tubuh. Teh daun tin bisa berfungsi sebagai imunomodulator untuk tubuh yang dapat meningkatkan dan mengatur sistem kekebalan tubuh. 

Teh daun tin sendiri bisa menangkal mikroba penyebab penyakit yang mampu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi teh daun tin, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kamu.

Sebagai Obat Penyakit Diabetes

Mampu untuk menurunkan kadar gula darah, daun tin yang bisa memberikan manfaat untuk tubuh kita mengandung senyawa aktid akibat proses dilakukannya perebusan. Senyawa aktid ini memiliki kesamaan seperti hormon insulin, yang kita ketahui bahwa hormon insulin mampu menurunkan kadar gula darah yang berlebihan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Buah Tin

Manfaat Daun TinManfaat Daun Tin © 2021 buah daun tin on Liputan6.com

Manfaat daun tin dari buahnya memiliki banyak sekali kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Sehingga menjadi buah tin adalah buah yang tidak kalah manfaanya dengan daunnya. Berikut ini beberapa manfaatnya :

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun tin dari segi buah nya mampu menjaga jantung tetap sehat. Buah dari daun tin ini memiliki kandungan serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. 

Tentunya kita harus tahu kalau kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang mengalir ke jantung sehingga dapat mengganggu kesehatan jantung. Manfaat buah daun tin ini mampu menurunkan tekanan darah karena kandungan mineral dan lainnya mampu mengontrol tekanan darah. 

Saluran Pencernaan Terjaga

Manfaat daun tin dari buahnya mampu menjaga saluran pencernaan agar tidak bermasalah. Daun dan buahnya sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi sembelit. Dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin mampu dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat daun tin adalah buahnya dapat dipercaya sebagai makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang. Dikarenakan buah tin mengandung kandungan mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor. Sehingga, mampu menutrisi kesehatan tulang dan mencegah tulang keropos.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Tin untuk Kesehatan

Manfaat Daun TinManfaat Daun Tin © 2021 Daun Tin on Elevenia Blog

Ada pepatah mengatakan sehat itu mahal dan itu memang benar. Untuk menjaga kesehatan tubuh kita, manfaat daun tin perlu kita ketahui agar terhindar dari penyakit-penyakit merugikan.

Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat daun tin bagi kesehatan hati adalah ekstrak dari daun tin mampu melindungi jaringan hati dari kerusakan. Hal ini juga sudah dibuktikan secara klinis. Hasil uji klinis juga mengatakan daun tin mampu mengembalikan fungsi kesehatan hati kembali normal. 

Mencegah TBC

Bagi kesehatan, ekstrak daun tin dapat membasmi Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan terjadinya TBC. Manfaat daun tin didapatkan dari hasil penelitian menggunakan ekstrak etanol dengan kadar yang sudah disesuaikan. 

Mencegah Herpes

Herpes adalah  virus yang menyebabkan luka dan lepuhan yang terasa sangat nyeri. Terdapat dua jenis herpes yaitu HSV1 dan HSV2 di mana HSV 1 memicu herpes terjadi pada sekitar wajah dan bibir, sedangkan HSV 2 menular karena adanya aktivitas seksual.

Jadi, manfaat daun tin yang berasal dari pohon Ara memiliki segudang manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Tidak hanya dari daunnya saja, melainkan buahnya pun bisa dimanfaatkan untuk pengobatan, lho. 

Beri Komentar