Baru Makan Besar Langsung Lapar Lagi, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 17 Maret 2021 16:27
Baru Makan Besar Langsung Lapar Lagi, Kenapa Ya?
Kadang suka begini nih. Baru aja makan, lapar lagi .

Setiap orang pasti makan kalau rasa lapar melanda. Agar memastikan rasa lapar tersebut benar-benar pergi, banyak di antara kita yang memutuskan untuk mengmabil dalam porsi yang besar.

Namun walaupun sudah demikian, banyak di antara kita juga yang tetap akan langsung lapar lagi setelah makan. Kira-kira, kenapa sih ini? Melansir dari Refinery 29 via Merdeka.com, ini alasannya.

1 dari 6 halaman

Makanan Tak Seimbang

Ilusrasi Wanita Lapar © Diadona

Ternyata, asal mengkonsumsi makanan bisa jadi salah satu penyebabnya, terutama makan makanan yang tak seimbang. Bisa jadi makanan tersebut kurang kalori, lemak, serat, protein, bahkan semuanya. Padahal, semuanya itu sangat penting agar menjaga perut tetap kenyang.

" Seringnya kamu tidak mengonsumsi makanan yang seimbang," ucap Mascha Davis, RDN, pendiri dari Nomadista Nutrition.

2 dari 6 halaman

Makanan Cepat Cerna

Selain itu, alasan perut jadi cepat makan adalah mungkin kamu makan makanan yang cepat cerna. Misalnya saja karbohidrat sederhana saja seperti roti, pasta, dan nasi putih. Padahal, makanan ini bisa menyebabkan gula darah naik dan turun dengan cepat, sehingga bisa membuat perut cepat lapar.

3 dari 6 halaman

Kurang Protein

Ilustrasi Makanan Tinggi Protein © Diadona

Meskipun salah satu makanan tak seimbang adalah kurangnya protein, namun yang satu ini kayaknya harus dibahas khusus. Sebab, protein adalah salah satu kandungan makanan yang tanggung jawabnya besar terhadap rasa kenyang. Tinggi protein menurunkan hormon ghrelin, yaitu hormon yang membuat cepat lapar.

4 dari 6 halaman

Kurang Air Putih

Meskipun bukan termasuk kategori makanan, kurangnya air putih ternyata merupakan salah satu penyebab kelaparan. Jadi kurang air putih bisa menyebabkan dehidrasi, dan sala h satunya adalah terasa seperti lapar. Makan besar tapi kurang air putih, perut juga bisa menjadi terasa lapar kembali.

5 dari 6 halaman

Keinginan Makanan Manis

Ilustrasi Wanita Lapar © Diadona

Ternyata, timbul rasa keinginan untuk makan makanan manis bisa menyebabkan seseorang lapar kembali. Rasa lapar itu baru akan hilang jika makanan manis yang diinginkan sudah terlahap. Aduh, jangan sering-sering deh berkeinginan makanan manis ya, nanti kebiasaan!

6 dari 6 halaman

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa kamu merasa cepat lapar kembali meskipun sudah makan besar. Semoga bermanfaat, ya!

 

Beri Komentar