8 Manfaat Senam Zumba untuk Wanita, Bikin Tubuh Sehat dan Ideal Secara Alami

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 25 Maret 2021 12:45
8 Manfaat Senam Zumba untuk Wanita, Bikin Tubuh Sehat dan Ideal Secara Alami
Inilah segudang manfaat zumba untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Kira-kira apa saja, ya?

Punya badan yang sehat dan ideal tentu menjadi idaman setiap perempuan. Bahkan, tak sedikit dari kalian yang rela merogoh kocek untuk mendapatkan badan yang langsing. Padahal ada cara yang lebih sederhana, yakni senam zumba.

Seperti diketahui, zumba merupakan olahraga yang melatih seluruh tubuh dari atas ke bawah dengan alunan musik dan dansa agar tidak membosankan. Meski terliat sederhana, namun manfaat zumba untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa, lho.

Penasaran? Apa saja manfaat zumba untuk kesehatan? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Senam Zumba

Manfaat Zumba © Diadona

Sebagai salah satu olahraga yang menggunakan musik, tentuna zumba tidak hanya memiliki manfaat kesehatan, namun juga memberikan efek relaksasi yang membuat orang senang untuk melakukannya berulang kali.

Lantas, apa saja sih manfaat senam zumba sebagai olahraga rutin untuk kesehatan? Berikut diantaranya:

1. Peningkatan Koordinasi Tubuh

Manfaat zumba bagi kesehatan yang paling dasar adalah untuk peningkatan koordinasi tubuh dengan cara mengingat gerakan yang harus dilakukan ketika mendengarkan irama musik tertentu.

Nah, latihan ini pastinya sangat penting, sebab seiring bertambahnya usia akan terjadi penurunan kinerja pada koordinasi tubuh.

2. Membakar Kalori dan Lemak

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sport Science & Medicine, menyebutkan bahwa manfaat zumba selama 39 menit mampu membakar kalori sebesar 9,5 kalori per menitnya.

Jadi, ketika kamu melakukan senam zumba, setidaknya ada sekitar 369 kalori yang terbakar dalam sekali kelas zumba 39 menit tersebut. Bahkan, American Council on Exercise merekomendasikan untuk menurunkan berat badan, kamu harus membakar setidaknya 300 kalori.

2 dari 4 halaman

3. Mengontrol Tekanan Darah

Ilustrasi Tekanan Darah © Diadona

Manfaat zumba yang tidak kalah pentingnya yakni bisa mengontrol gula darah. Hal ini ditunjukkan dalam ebuah studi pada tahun 2016, bahwa sekelompok wanita yang melakukan senam zumba selama 12 minggu, akan mengalami penurunan tekanan darah yang cukup signifikan.

Sehingga, manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan cara melakukan gerakan senam zumba secara rutin dan teratur.

4. Mencegah Obesitas

DiaZens, apakah kamu memiliki masalah dengan berat badan? Tenang, untuk mengatasinya cobalah dengan melakukan senam zumba secara rutin. Pasalnya, jenis olahraga ini dipercaya mampu membakar kalori secara signifikan. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa zumba selama 39 menit bisa membakar 9, 5 kalori per menit, lho!

Dengan begitu, manfaat zumba ini mampu mempertahankan berat badan kamu yang sehat serta menurunkan risiko diabetes.

3 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Ilustrasi Olahraga Yoga © Diadona

Selain mengontrol tekanan darah, manfaat zumba untuk wanita juga membuat tubuh tetap fleksibel serta mempertahankan rentang gerak yang baik. Sebab, di dalam senam zumba melibatkan banyak gerakan, postur, dan posisi dansa yang mengharuskan anggota tubuh untuk bergerak.

Hal inilah yang membuat sendi tetap lentur serta mengurangi risiko cedera otot dan persendian. Wah, kalau kamu ingin memiliki bentuk tubuh ideal, wajib di coba nih olahraga yang satu ini.

6. Kuatkan Otot

Dirancang sebagai kombinasi salsa dan aerobik, tak heran kalau salah satu manfaat zumba untuk kesehatan dapat menguatkan otot. Pasalnya, selama senam zumba tubuh bergerak mengikuti irama musik, dan melibatkan banyak gerakan lengan yang berbeda sehingga memperkuat otot-otot di lengan, bahu, dada, serta punggung atas.

Memiliki otot inti yang kuat tentu juga penting untuk mempertahankan postur tubuh yang sehat. Maka dari itu, cara yang baik untuk mengencangkan dan meningkatkan kekuatan otot ialah dengan mengikuti zumba secara rutin.

4 dari 4 halaman

7. Meningkatkan Kesehatan Mental

Ilustrasi Olahraga © Diadona

Ohiya, selain menjaga daya tahan tubuh, manfaat zumba juga berfungsi efektif utnuk mengingkatkan kesehatan mental nih, guys. Sehingga, mengikuti kelas zumba mingguan sangat bermanfaat untuk menikmati kualitas hidup dan mental kamu.

Bahkan, melakukan gerakan zumba secara berkelompok pun bisa membuat pesertanya lebih aktif untuk bersosialisasi. Dengan begitu, kesehatan mental mu akan tetap terjaga.

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat zumba selanjutnya ialah mampu menjaga daya tahan tubuh. Sebab, gerakan pindah ke irama satu dan lainnya di senam zumba berfungsi efektif dalam membangun daya tahan tubuh.

Selain itu, dalam sebuah penelitian menemukan bahwa setelah 12 minggu mengikuti program zumba, peserta menunjukkan penurunan denyut jantung serta tekanan darah sistolik dengan peningkatan kinerjanya.

Itulah manfaat zumba untuk kesehatan. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan bentuk badan sehat dan ideal, maka cobalah melakukan olahraga yang satu ini dari sekarang ya. Semoga berhasil!

Beri Komentar