13 Manfaat Plank Setiap Hari Sebelum Tidur

Reporter : Sofi
Selasa, 21 Januari 2020 13:24
13 Manfaat Plank Setiap Hari Sebelum Tidur
Apakah kamu sering melakukan plank? Sudah

Olahraga ini biasanya dilakukan untuk mendapat perut rata dan menjaga bentuk tubuh tetap proporsional. Posisinya mirip dengan push up hanya saja kita harus menahan posisi selama beberapa menit menumpukan tubuh pada telapak tangan dan ujung kaki. Dengan gerakan ini, kamu kan mendapatkan manfaat yang mengesankan. Berikut adalah manfaat plank yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Plank

Ilustrasi Olahraga Plank © Diadona

Olahraga ini terlihat mudah dan tidak membutuhkan biaya. Tetapi, ketika kamu melakukannya akan terasa berat dan susah. Mungkin kamu bisa mencobanya dengan melakukannya perlahan dan bertahap. Berikut manfaat plank yang harus kamu ketahui.

Meluruhkan lemak perut

Manfaat plank yang pertama dapat meluruhkan lemak perutmu. Latihan plank tidak hanya membantu memperkuat dan menstabilkan otot inti, tetapi juga mengencangkan otot pada bagian kaki, lengan, paha, serta bokong. Kegiatan ini akan membantumu membakar kalori lebih banyak daripada gerakan sit up atau crunch.

Jika ingin latihan lebih efektif, lakukanlah plank selama 10-20 detik. Kemudian ulangi masing-masing gerakan sebanyak 10 hingga 12 kali. Melakukan plank setiap hari akan membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot perut seperti sit up. Plank sangat dibutuhkan untuk Kamu yang setiap hari bekerja duduk di depan komputer.

Menguatkan tulang belakang

Manfaat plank akan membentuk ototmu dengan cara sederhana. Latihan jenis ini tidak terlalu memaksa pinggulmu bekerja keras. Berdasarkan penelitian American Council on Exercise, melakukan latihan plank secara rutin dapat menguatkan otot dan tulang belakang, khususnya tulang punggung.

Olahraga plank akan membuat risiko cedera menjadi lebih minim. Apalagi, bagi yang sudah berusia lanjut atau untukmu yang punya keluhan pada punggung.

Menyehatkan pikiran

Manfaat plank tak hanya untuk otot atau tulang, tetapi juga bisa menyehatkan pikiran. Latihan ini juga dipercaya mampu menurunkan tekanan stress. Apalagi, jika kamu memiliki aktivitas sehari-hari yang letih dengan duduk berlama-lama menghadapi komputer, kemudian membuat otot paha dan leher terasa kaku. Jika begitu, melakukan planking sesaat akan membuat postur tubuh menjadi lebih baik dan lebih relaks.

Meningkatkan vitalitas tubuh

Planking merupakan latihan sempurna untuk pembentukan otot perut karena menarik semua otot inti dalam tubuh, termasuk transverse abdominus, rectus abdominus dan external oblique muscle. Pada dasarnya, kesehatan otot inti tubuh tidak bisa disepelekan, lantaran setiap otot tubuh berperan penting dalam membentuk postur tubuh. Maka dari itu manfaat plank ini adalah meningkatkan vitalitas tubuh.

Menurunkan berat badan

Plank akan membakar lebih banyak kalori daripada bentuk olahraga tradisional lainnya. Jika kamu melakukan plank selama 1 menit tiap hari, maka tingkat metabolisme tubuh akan meningkat. Oleh karena itu manfaat plank ini juga bisa untuk menurunkan berat badan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Plank Setiap Hari

Ilustrasi Olahraga Plank © Diadona

Melakukan plank setiap hari akan membentuk sebuah kebiasaan baik untuk dirimu sendiri. Dari olahraga sederhana dan tidak menyita banyak waktu ini, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Berikut adalah manfaat plank setiap harinya.

Postur tubuh berubah lebih baik

Manfaat plank jika kamu lakukan setiap hari akan mengubah postur tubuh untuk berdiri lebih tegap dan stabil.

Tubuh akan semakin fleksibel dan lentur

Fleksibilitas adalah manfaat plank yang utama. Selain menguatkan otot tubuh, tubuhmu juga akan semakin lentur dan fleksibel karena latihan menahan berat badan setiap harinya.

Keseimbangan tubuh semakin membaik

Orang dengan otot perut yang tak cukup kuat akan membuat orang tersebut mudah terjatuh. Padahal otot perut yang kuat akan memberi keseimbangan yang di butuhkan. Nah, dengan rajin plank, kamu akan lebih mudah melakukan olahraga apa saja.

Resiko cidera punggung dan tulang belakang berkurang

Manfaat plank akan membentuk ototmu dengan cara yang sederhana dan tak memaksa pinggulmu untuk bekerja keras. Berdasarkan American Council on Exercise, melakukan planking secara rutin akan menguatkan otot dan tulang punggung.

3 dari 3 halaman

Manfaat Plank Sebelum Tidur

Ilustrasi Olahraga Plank © Diadona

Melakukan plank tentu dapat kamu lakukan sebelum tidur. Berikut adalah manfaat plank sebelum tidur.

Mengencangkan lengan dan paha

Manfaat plank yang pertama sebelum tidur adalah mengencangkan lengan dan paha. Bukan hanya mengencangkan otot perut sehingga perutmu rata, plank juga melatih kekuatan otot lengan dan paha sehingga lebih kencang dan bebas gelambir. Tubuhmu jadi lebih proporsional dan seksi.

Menurunkan stres

Manfaat plank bukan hanya bisa membuat tubuhmu seksi, tapi ternyata juga bisa meningkatkan mood dan membuatmu bisa melepas stres setelah lelah bekerja, apalagi jika kamu bekerja dengan duduk berjam-jam.

Melatih kekuatan otot inti

Saat kamu planking, maka kamu melibatkan semua otot inti tubuh. Memperkuat otot inti selain bermanfaat untuk mengecilkan lingkar pinggang juga akan mengecilkan perut.

Metabolisme tubuh semakin meningkat

Planking setiap hari akan membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot perut biasa seperti sit up. Plank sangat dibutuhkan untuk kamu yang setiap hari bekerja duduk di depan komputer.

Apakah kamu tertarik untuk melakukannya secara rutin setelah mengetahui manfaat plank tersebut?

Beri Komentar