6 Manfaat Skipping untuk Diet dan Kebugaran Tubuh, Bisa Untuk Kurangi Lemak di Perut Juga lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 27 Januari 2021 15:44
6 Manfaat Skipping untuk Diet dan Kebugaran Tubuh, Bisa Untuk Kurangi Lemak di Perut Juga lho!
Membaca manfaat skipping berikut ini dijamin bikin kamu pengen segera memasukkannya dalam daftar olahraga.

Manfaat skipping yang luar biasa nggak boleh kamu lewatkan begitu aja. Ini adalah olahraga yang murah, gampang dilakukan, tali skippingnya bisa dibawa kemana-mana dan cocok banget untuk kamu yangs edang berusaha membakar kelebihan kalori.

Mengutip dari Web MD, lompat tali adalah olahraga yang cocok banget untuk semua umur sebagai penambah variasi dalam rutinitas berolahraga. Ini karena skipping memberi tekanan langsung pada lutut, pergelangan kaki, dan pinggul. Perhatikan pemilihan tali yang cocok, cara melompat yang benar dan langkah-langkah pencegahan cedera untuk mendapatkan manfaat skipping secara maksimal tanpa efek samping.

Lebih lanjut kenapa skipping ini harus masuk dalam salah satu varian rutinitas olahragamu, yuk simak dalam ulasan Diadona berikut ini:

1 dari 3 halaman

Manfaat Skipping untuk Diet

Manfaat Skipping © Diadona

Mengutip Healthline, skipping merupakan olahraga yang banyak banget dilakukan bahkan sampai atlet kelas dunia. Secara umum, manfaat skipping adalah untuk:

  • mengencangkan betis
  • meningkatkan kapasitas paru-paru
  • mengembangkan stamina

Karena melibatkan gerak seluruh tubuh, salah satu manfaat skipping yang paling dipercaya adalah untuk membantu program diet. Tapi, beneran bisa nggak sih?

Begini nih, skipping emang bisa membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Untuk orang berukuran sedang, lompat tali bahkan bisa membakar lebih dari 10 kalori dalam satu menit. Skirppping bisa menjadi bagian dari rutinitas diet dan olahraga yang meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Tapi sama aja dengan olahraga untuk menurunkan berat badan lainnya, skipping doang nggak akan cukup. Wah, maksudnya gimana nih?

Gini, aturan pertama dalam diet adalah membuat tubuh defisit kalori, dan salah satunya adalah melalui olahraga. Untuk menurunkan berat badan sekitar 500 gram dalam waktu satu minggu, tubuh kudu mengalami defisit kalori sekitar 3.500.

Nah, apakah salah satu manfaat skipping adalah bis amengurangi kalori sebanyak itu? Tergantung. Hasil skipping tergantung pada:

  • Diet
  • Tujuan pengurangan berat badan
  • Tingkat aktivitas lainnya
  • Tingkat komitmen untuk melakukan latihan

Sebagai contoh nih, manfaat skipping yang dilakukan selama 20 menit dalam 5 hari seminggu yaitu bisa menurunkan 200 kalori. Apakah itu cukup untu diet? Tentu tidak. Makanya, skipping hanyalah sebagai penambah penurunan kalori.

2 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Skipping

Manfaat Skipping © Diadona

Eh tapi jangan berkecil hati karena masih banyak manfaat skipping untuk kesehatan lainnya, antara lain:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Saat kamu berlatih skipping, detak jantung kamu bakalan berada di intensitas yang lebih tinggi ketimbang biasanya. Nah, latihan intensitas tinggi inilah udah terbukti mampu membaut jantung lebih kuat dan bisa menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Mengurangi Lemak Perut

Memang sih nggak ada satu-satunya olahraga yang bisa secara efektif menghilangkan lemak perut. Tapi latihan High Intensity Interval Training atau (HIIT) seperti skipping ini udah mampu menghialkan hilangnya lemak perut lebih cepat, terutama yang ada di sekitar perut dan otot tubuh.

Meningkatkan Keseimbangan

Untuk bisa melkukan lskipping secara penuh, tubuh kudu bisa melaukan koordinasi dan keseimbangan yang baik. Dan latihan secara konsisten bakalan emningkatkan kemampuan seseorang untuk melakukkannya plus memberi kamu keseimbangan dan koordinasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari juga nih.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bermain Skipping

Ilustrasi Wanita Skipping © Diadona

Selain itu, dikutip dari Pharmaeasy, masih ada nih manfaat skipping untuk tubuh, yakni:

Meningkatkan Konsetrasi

Setiap latihan kardio bakalan membuat kamu fokus pada tujuan, dan skipping adalah salah satunya. Skipping bisa menenangkan tubuh dan meningkatkan konsentrasi.

Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Tubuh yang fleksibel juga masuk dalam salah satu manfaat skipping lho. Ini karena sat kamu melompat, ada kekuatan besar pada otot dan melemaskannya. Itulah kenapa banyak atlet yag memasukkan rutinitas skipping dalam salah satu sesi latihannya.

Meningkatkan Fungsi Paru

Skipping meningkatkan sirkulasi darah dah pernapasan dan secara lebih lanjut akan meningkatkan kapasitas paru.

Manfaat skipping baru bisa didapatkan ketika kamu sudah melakukan olahraga ini secara rutin, sama halnya seperti olahraga lainnya. Tertarik buat konsisten melakukannya nggak nih?

Beri Komentar