12 Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari Secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 23 Maret 2021 08:47
12 Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari Secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh
Meski terlihat sepele, namun manfaat jalan kaki secara rutin bisa menurunkan berat badan lho, guys.

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang sederhana dan dapat dilakukan semua masyarakat, terutama di tengah pandemi corona saat ini. Pasalnya, meski mudah dan murah, jalan kaki setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa.

Bahkan, melansir dari laman Kementerian Kesehatan, manfaat jalan kaki tanpa henti selama 15-30 menit per hari dapat mengubah penampilan serta membuat tubuh kamu jadi semakin sehat dan bugar.

Gak percaya? Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaat jalan kaki secara rutin yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Kaki

Manfaat Jalan Kaki © Diadona

Umumnya, manfaat jalan kaki pagi hari tak hanya mengubah penampilan dan membuat tubuh jadi lebih sehat saja, melainkan masih banyak khasiat lainnya yang didapatkan dari olahraga ringan yang satu ini. Berikut diantaranya.

1. Turunkan Risiko Diabetes

Manfaat jalan kaki pagi hari secara rutin dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan membantu manajemen insulin pada diabetes tipe 2. Sebab, berjalan memungkinkan sel-sel di otot menggunakan lebih banyak glukosa, membantu meningkatkan Indeks Massa Tubuh, dan membantu membakar lemak tubuh yang tidak diperlukan.

2. Cegah Arthritis dan Osteoporosis

Perlu diketahui, bahwa gaya hidup yang tidak aktif dapat memicu kaku pada persendian. Nah, kekakuan ini bisa memicu perkembangan gejala radang sendi. Maka dari itu, manfaat jalan kaki pagi hari dalam seminggu bisa membantu meredakan nyeri artritis, kekakuan dan menyediakan energi untuk tubuh.

Sebab, melakukan olahraga berjalan secara rutin akan melatih sendi dengan lembut serta menguatkannya, bersama dengan meningkatkan kepadatan tulang.

3. Memperbaiki Mood

Tak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis kamu lho, DiaZens. Ya, jalan pagi bisa meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, mengurangi stres serta rasa cemas.

Menariknya lagi, olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja ini juga bisa mengikis gejala depresi dan menurunkan risiko untuk terkena kondisi depresi! Jadi, mulai sekarang sempatkanlah untuk berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit, ya.

2 dari 4 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

DiaZens, apakah kamu ingin melakukan program diet yang gak bikin mneyiksa badan? Cobalah dengan berjalan kaki secara rutin.

Yaps, manfaat jalan kaki pagi selama 30 menit, secara tak langsung dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan badan. Sebab, olahraga ringan tersebut dapat membakar lemak tubuh hingga 150 kalori.

Tapi harus diingat, kamu juga harus mengombinasikannya dengan diet sehat, dan melakukan aktivitas fisik lainnya agar mencapai bobot yang diinginkan.

5. Kontrol Kolesterol

Sebagai informasi, bahwa kolesterol tinggi bisa menyebabkan masalah jantung yang berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu, ubahlah dengan gaya hidup aktif dan termasuk berjalan di pagi hari untuk memastikan kadar kolesterol dalam tubuh tetap terkontrol.

Pasalnya, manfaat jalan kaki pagi hari bisa membantu kamu mencegah Aterosklerosis, yakni kondisi yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat lantaran penimbunan kolesterol pada dinding arteri. Penyumbatan ini terjadi di dinding bagian dalam arteri di organ-organ seperti kaki, otak, jantung, dan ginjal.

6. Menguatkan Otot

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah membantu memperkuat otot-otot kaki. Untuk hasil yang maksimal, cobalah berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga cepat. Selain itu, cobalah juga untuk mengubah rutinitas yang tadinya bermalas-malasan untuk berolahraga.

Ohiya, selain berjalan kaki, kamu pun bisa menambahkan latihan penguatan kaki seperti squat serta lunges beberapa kali dalam seminggu supaya otot menjadi lebih sehat.

3 dari 4 halaman

7. Bantu Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ilustrasi Perempuan Tidur Nyenyak di Malam Hari © Diadona

Ternyata, manfaat jalan kaki secara rutin juga dapat membantu kamu tidur nyenyak di malam hari, lho. Menurut sebuah studi kecil pada tahun 2017 mengamati orang dewasa berusia 55 hingga 65 yang mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Nah, mereka yang berolahraga di pagi hari justru mengalami kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Sehingga, dengan melakukan olahraga ini kamu bisa tidur nyenyak serta merasa cukup istirahat saat bangun keesokan harinya.

8. Meningkatkan Fokus

Manfaat jalan kaki pagi berikutnya yaitu meningkatkan fokus. Artinya, olahraga jalan kaki di pagi hari bisa membantu meningkatkan kejernihan mental serta kemampuan untuk berpikir sepanjang hari.

Bahkan, selain meningkatkan fungsi kognitif, berjalan kaki juga bisa membantu kamu untuk berpikir lebih kreatif, guys. Hal ini dikarenakan oksigen dan suplai darah ke otak dipercepat.

9. Menekan Risiko Serangan Jantung

Otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras dari pembuluh koroner supaya berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Maka dari itu, manfaat jalan kaki yang tak boleh terlewatkan ialah dapat memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung.  

Dengan begitu, kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi serta otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.

4 dari 4 halaman

10. Memperbaiki Pencernaan

Ilustrasi Sistem Pencernaan © Diadona

Selain menekan risiko serangan jantung, manfaat jalan kaki untuk kesehatan juga dapat memperbaiki pencernaan lho. Bahkan, hanya dengan berjalan kaki 30 menit per hari, hal ini bisa mengurangi risiko kanker usus di masa depan serta memperlancar pencernaan.

Kok bisa sih? Ya, saat berjalan kaki badan bergerak ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar jadi lebih tertib deh.

11. Efek Positif bagi Pankreas 

Menurut studi, ternyata manfaat jalan kaki memiliki efek positif bagi pankreas lebih besar daripada orang berlari. Yaps, sekelompok orang yang berjalan kaki dalam enam bulan menunjukkan peningkatan daya tahan terhadap glukosa 6x lipat dibanding mereka yang berlari. Waw, sederhana tapi kaya manfaat ya, guys.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat jalan kaki yang terakhir adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit-penyakit ringan. Contohnya seperti, batuk, pilek, dan flu.

Bahkan, dalam studi tertentu yang meneliti seribu orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 - 45 menit setiap hari, memiliki masa sakit lebih rendah hingga 43% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Kalau sakit pun, orang yang rutin berjalan kaki justru akan lebih cepat sembuhnya. Keren!

Itulah deretan manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang sayang untuk kamu lewatkan. Semoga setelah membaca ulasan di atas, kamu jadi gemar berolahraga ya, DiaZens.

Beri Komentar