8 Manfaat Gerakan Sholat bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Umat Islam Wajib Tahu

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 17 Maret 2021 12:48
8 Manfaat Gerakan Sholat bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Umat Islam Wajib Tahu
Salah satu manfaat gerakan sholat bagi kesehatan ialah bisa membuat tubuh menjadi rileks.

Bagi umat Islam, sholat adalah salah satu ibadah yang dicintai oleh Allah SWT. Sebab, bukan hanya sebagai kewajiban saja, namun manfaat gerakan sholat juga berdampak bagi kesehatan fisik dan psikis.

Sebab, dalam sehari, seluruh umat muslim melaksanakan sholat selama lima kali. Artinya, kamu akan mendapat beberapa manfaat gerakan sholat bagi kesehatan apabila dilakukan rutin sebanyak lima kali. Dimulai dari gerakan takbiratul ihram hingga gerakan salam.

Lalu, apa saja manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasannya di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Gerakan Sholat bagi Kesehatan

Manfaat Gerakan Sholat © Diadona

Seperti yang diketahui, sholat adalah kewajiban bagi setiap pemeluk agama Islam. Namun, bagi kamu yang tidak sanggup untuk berderi, maka Allah beri kemudahan melaksanakan sholat dengan cara duduk atau bahkan berbaring.

Oleh karena itu, berikut manfaat gerakan sholat bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui:

1. Baik untuk Sistem Pencernaan dan Ginjal

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan yang pertama yaitu baik untuk menjadi sistem pencernaan dan ginjal. Hal ini karena pada gerakan duduk iftirasy dan tawarruk, atau duduk di antara dua sujud, kamu bisa mendapatkan penekanan dinding perut sejajar dengan ginjal, yang berdampak mengoptimalkan fungsi ginjal lalu menggerakkan isi perut ke arah bawah serta akhirnya membantu pencernaan.

2. Kecerdasan Meningkat

Melansir dari hellosehat.com, bahwa penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, Amerika Serikat, bahwa ketika kamu saat sujud dengan posisi jantung yang berada di atas kepala, hal ini akan menyebabkan darah bisa mengalir dengan sangat baik ke otak.

Sehingga, manfaat gerakan sholat untuk kesehatan ialah dapat membuat kecerdasan meningkat karena gerakan tersebut memudahkan pasokan oksigen mengalir secara optimal.

2 dari 3 halaman

3. Melancarkan Peredaran Darah

ilustrasi sholat tasbih © Diadona

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan yang ketiga ialah membantu melancarkan peredaran darah. Yaps, dari gerakan takbiratul ihram, yakni berdiri tegak dengan mengangkat kedua tangan sejajar telinga, kemudian melipatnya di depan, ternyata gerakan tersebut baik untuk melancarkan aliran darah, getah bening, dan memperkuat otot lengan.

4. Aliran Darah ke Otak Lebih Lancar

Tak hanya dapat melaksanakan peredaran darah saja, manfaat gerakan sholat bagi kesehatan juga membantu mengalirkan darah ke otak dengan lebih baik dan lancar, lho.

Sebab, ketika kamu bersujud atau saat menungging dengan posisi bertumpu pada kedua tangan, lutut, dan kaki, serta dahi yang menempel, maka aliran darah menuju otak akan meningkat, dan aliran getah bening dipompa ke bagian leher serta ketiak.

Bahkan, ketika sujud yang menempel di lantai juga baik untuk mengendorkan saraf di muka, mencegah pusing, hingga migrain.

5. Membuat Leher dan Kepala Lebih Nyaman

Manfaat gerakan sholat saat melakukan salam di akhir salat adalah membuat otot di sekitar leher serta kepala jadi lebih rileks, dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Sehingga, gerakan sederhana ini dapat mencegah sakit kepala.

3 dari 3 halaman

6. Baik untuk Kesuburan Wanita

Ilustrasi Wanita Berdoa © Diadona

DiaZens, kalian tahu nggak sih, ternyata manfaat gerakan sholat bagi kesehatan yang diperoleh dari gerakan ruku dan sujud ini baik untuk kesuburan atau fertilitas dan kesehatan organ kewanitaan, lho.

Selain itu, pada bagian payudara akan membuat bentuknya menjadi lebih baik serta memperbaiki fungsi kelenjar air susu. Bahkan, manfaat lain yang di dapat dari gerakan sholat adalah mempermudah persalinan dan mempertahankan organ perut pada tempatnya kembali atau fiksasi.

7. Posisi Tulang Belakang Kembali Normal

Saat gerakan ruku sempurna, dengan tulang belakang lurus serta posisi kepala lurus dengan tulang, hingga segelas air di atasnya tidak tumpah. Maka, hal ini baik untuk fungsi tulang belakang atau corpus vertebrae sebagai pusat saraf dan penyangga tubuh.

Bahkan, adanya proses pelurusan tulang belakang, hal ini bisa mencegah terjadinya pengapuran, menjaga aliran darahnya lebih optimal, hingga merawat kelenturan tulang belakang yang berisi medula spinalis.

8. Mengatasi Nyeri dan Pegal

Apakah kamu sering mengalami pegal-pegal di tubuh? Maka, cobalah menjaga gerakan sholat dengan benar guna mendapat khasiat yang luar biasanya. Hal ini karena ketika kamu melakukan sholat pada gerakan duduk iftirosyi, terjadi relaksasi paha serta merangsang otot-otot pangkal paha untuk mengurangi rasa nyeri.

Nah, posisi telapak kaki pada iftirosy, otot tungkaimu akan meregang dan rileks kembali, dan menjaga kelenturan serta kekuatan organ-organ gerak.

Itulah manfaat gerak sholat bagi kesehatan fisik dan mental yang bisa kamu rasakan. Semoga informasi di atas dapat menambah ibadah sholat sunnah supaya tubuh dan jiwa tetap sehat.

Beri Komentar