20 Manfaat Membaca Al-Quran, Surat Yasin 3x, dan Surat Al-Kahfi

Reporter : Sofi
Rabu, 8 Januari 2020 18:22
20 Manfaat Membaca Al-Quran, Surat Yasin 3x, dan Surat Al-Kahfi
Membaca merupakan kegiatan kita sehari-hari. Taukah kamu dari membaca tersebut kamu bisa mendapatkan banyak manfaat? Berikut manfaat tersebut.

Membaca tentu sudah biasa kita lakukan. Lalu ,dari membaca tersebut kalian dapat mendapatkan manfaat yang banyak. Terlebih jika membaca ayat suci Al-Quran. Hal ini sudah ada penelitian yang dilakukan. Berikut adalah manfaat membaca Al-Quran yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Buku

ilustrasi membaca bukuilustrasi membaca buku © rawpixel.com

Membaca buku adalah hobi yang banyak disukai orang. Tidak ada batasan umur untuk membaca buku, semua umur dapat membaca buku dan berhak untuk mendapatkan ilmu dan pengentahuan dari buku tersebut. Berikut adalah manfaat membaca buku yang harus kamu ketahui.

1. Menambah kosakata

Tanpa kita sadari, sering membaca buku akan memperbanyak kosakata. Semakin banyak kosakata yang kita ketahui, semakin banyak pula kata yang dapat digunakan dalam keseharian kita. Dengan begitu kita dapat menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang lugas, dan dapat menambah wawasan saat berbicara dengan orang lain.

2. Merangsang otak

Kegiatan membaca dapat melatih dan merangsang otak pada daerah neurologis. Otak dirangsang seolah-olah memahami dan mengalami apa yang dibaca. Misalnya kamu sedang membaca buku resep makanan, otak akan menstimulasi seolah-olah kamu membayangkan proses dari pembuatan sebuah makanan.

2. Memahami orang lain

Bila kamu tidak begitu suka membaca tentang topik yang cukup berat, kamu dapat memilih membaca topik ringan seperti novel fiksi. Dengan membaca buku, kamu dapat memahami pemikiran dan perasaan orang lain, sehingga kamu dapat meningkatkan dan memperluas rasa empati dan kemampuan sosial.

3. Mengurangi stres

Waktu santaimu, dapat diisi dengan membaca buku. Selain mendapatkan pengetahuan, membaca buku juga dapat mengurangi stres yang sedang kamu hadapi. Penelitian yang dilakukan oleh University of Sussex membuktikan bahwa stres dapat hilang sebanyak 68% setelah membaca buku, mengalahkan kegiatan seperti mendengar musik atau berjalan-jalan. Enam menit membaca buku, telah cukup membuat detak jantungmu lebih terkontrol dan mengurangi ketegangan pada otot.

4. Membuka pikiran

Seseorang yang memiliki kegemaran membaca, terbukti memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Dengan membaca buku, kita mencoba memahami apa yang orang lain pikirkan juga. Oleh karena itu, toleransi kita terhadap orang lain semakin terbuka dan meningkat.

5. Melatih konsentrasi

Membaca memang memerlukan fokus dan konsentrasi, agar apa yang kita baca dapat dipahami dengan benar. Apalagi membaca buku tentang detektif atau pemecahan masalah, otak dilatih untuk menganalisis dan berpikir kritis. Hal ini tentu akan berdampak pada kehidupan seseorang dalam memutuskan sebuah pilihan.

2 dari 4 halaman

Manfaat membaca Al-Quran

ilustrasi membaca alquranilustrasi membaca alquran © rawpixel.com

Membaca Al-Quran dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmed Al-Qadhi yang menyatakan membaca atau mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia. Berikut adalah manfaat membaca Al-Quran lebih lengkapnya lagi.

1. Stabilkan tekanan darah dan denyut jantung

Bagi yang melantukan Al-Quran , manfaat membaca Al-Quran lainnya adalah kamu akan merasakan efek relaksasi. Nah, hal itu sangat bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung. Proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menciptakan tekanan darah juga denyut jantung yang stabil.

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Manfaat membaca Al-Quran selanjutnya adalah akan mendapatkan efek memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, dengan melantukannya mampu mempertajam konsentrasi dan lebih fokus. Hal itu sangat dianjurkan bagi kamu sebelum bekerja untuk membaca Al-Quran selama 10 hingga 15 menit di pagi hari untuk membantumu agar lebih fokus.

3. Meredakan stress dan rasa cemas

Ketenangan jiwa menjadi manfaat langsung saat membaca Al-Quran. Hal itu dibuktikan dalam studi di Universitas Salford, Inggris. Studi itu membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Al-Qur’an menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

4. Membantu menghancurkan sel-sel kanker

Manfaat membaca Al-Quran yang terakhir ini tidak kalah besarnya. Hal ini karena bisa menghancurkan sel-sel kanker. Hal itu dilihat dari penelitian Dr. Ahmed Al-Qadhi. Ia menyebutkan, lantunan ayat suci Al-Quran mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh sehingga dapat melawan sel-sel kanker.

Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Al-Quran juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

3 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Surat Yasin 3x

ilustrasi membaca alquranilustrasi membaca alquran © rawpixel.com

Surat Yasin banyak menjelaskan tentang akidah dan keimanan seorang muslim. Keutamaan surat ini adalah ampunan yang diberikan Allah SWT bagi orang yang senantiasa membacanya untuk mendapatkan ridha Allah. Rasulullah SAW bersabda,

" Barang siapa membaca surat Yasin setiap malam karena Allah SWT, maka dosanya diampuni" . (HR Ahmad). Berikut adalah manfaat membaca surat yasin

1. Sesungguhnya Allah SWT membaca surat Taha dan surat Yasin sebelum menciptakan Nabi Adam 2000 tahun. Ketika itu, para malaikat mendengarkan Al-Quran dan para malaikat berkata alangkah bahagianya suatu umat yang diturunkan kepada mereka surat ini.

2. Apabila seseorang datang untuk berziarah kemudian membaca surat Yasin, maka seseorang yang telah meninggal tersebut akan diringankan azabnya. Orang yang membaca surat Yasin akan mendapatkan pahala.

3. Surat Yasin adalah jantung Alquran, apabila seseorang membaca surat Yasin maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti mengkhatamkan Alquran sepuluh kali.

4. Jika seseorang membaca surat Yasin dengan tujuan mendapatkan pahala dari Allah SWT maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Membaca surat Yasin pada tengah hari, maka semua hajatnya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

4 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi

 

Al-Kahfi adalah nama surat dalam Al-Quran yang artinya para penghuni gua, surat ini terdiri dari 110 ayat di dalamnya serta diturunkan di Kota Makkah, sehingga surat Al-Kahfi ini tergolong pada surat makkiyah. Dari membaca surat Al--Kahfi ini dapat di dapatkan manfaat sebagai berikut.

1. Menghindarkan diri dari fitnah Dajjal

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang pertama adalah menghindarkan diri dari fitnah Dajjal. Dari Ibnu Uamr radhiyallahu 'anhuma, berkata: Rasulullah shallahu 'alaihi wassallam bersabda, " Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih). Dan, diantara keutamaan surah Al-Kahfi lainnya adalah Allah akan memberikan cahaya penerangan terhadap kalbunya.

2. Diampuni dosa-dosanya

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang kedua adalah diampuni dosa-dosanya. Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, " Barang siapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat. Dan dosanya akan diampuni di antara dua Jumat."

3. Setan tidak akan memasuki rumahmu

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang ketiga adalah setan tidak akan memasuki rumahmu. Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, " Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al-Kahfi atau Al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam itu."

4. Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka'bah

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang keempat adalah dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka'bah. Diriwayatkan dari sahabat Abu Sai'id al-Khudri bahwa Nabi Saw bersabda: " Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarakan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'Atiq (Ka'bah)." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273.)

5. Dipancarkan cahaya di antara dua Jumat

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang kelima adalah dipancarakan cahaya di antara dua Jumat. Dalam riwayat lain, masih dari Abu Sa'id al-Khudri ra, " Barang siapa membaca suart Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat."

6. Dijaga dari dosa di antara dua Jumat

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang keenam adalah dijaga dari dosa di antara dua Jumat. Abdullah bin Umar ra berkata: Rasulullah Saw bersabda, " Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumatt, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat."

7. Disinari di hari kiamat

Manfaat membaca surat Al-Kahfi yang terakhir adalah disinari di hari kiamat. Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, " Barang siapa membaca surah al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat."

Apakah kamu semakin bersemangat untuk membaca setelah mengetahui manfaat yang didapat? Tulis jawabnmu dikolom komentar ya!

Beri Komentar